Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17+ Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Modern/Salafiyah yang Menjadi Pilihan

Pesantren Terbaik di Sulawesi
Pondok pesantren di Pulau Sulawesi adalah salah satu lembaga pendidikan yang dijadikan sebagai tempat pembelajaran. Dimana para siwa atau siswi tidak hanya belajar oleh guru kemudian selesai pulang, namun siswa juga di anjurkan untuk tinggal di pesantren tersebut. Namun untuk pesantren putra atau pun putri itu harus di pisah.

Konsep penerapan metode pendidikan seperti ini lumarahnya terjadi, alasannya karena setiap pesantren juga mempunyai aturan sehingga nantinya adanya peraturan tersebut menjadikannya sukses di masa depan.

Pesantrean di Sulawesi

Diakui ataupun tidak, biasanya di dalam pembelajaran pondok pesantren ini juga telah disediakan fasilitas yang cukup dogunakan oleh para santri. Jika ingin keluar dari pondok pesantren itu juga harus izin terlebih dahulu oleh pengurus. Peraturan-peraturan yang dibuat inilah yang menjadikan pondok pesantren yang ada di berbagai daerah menjadi pondok yang terkenal, termasuk untuk di daerah Sulawesi ini.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Sulawesi

Adapun untuk daftar nama-nama pondok Pesantren terbaik yang ada di pulau Sulawesi adalah;

1. Pondok Pesantren Al-Khairaat di Palu

Pondok Pesantren Al-Khairaat ini berdiri pada tanggal 30 Juni 1930 di Kota Palu dan didirikan oleh Habib Idrus bin Salim Al Jufri. Sampai saat ini Pondok Pesantren Al Khairaat ini telah memiliki jenjang pendidikan mulai dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi.

Jadi Pondok Pesantren Al-Khairaat ini sama dengan pondok pesantren yang lainnya mengajar pendidikan umum bukan hanya pendidikan agama islam saja.

Lembaga pendidikan Pesantren di Palu ini adalah salah satu pondok pesantren yang dapat dibilang sebagai sebuah pondok yang terkenal dan telah memiliki cabang di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

2. Pondok Pesantren Darul Aman di Makassar

Pondok Pesantren Darul Aman ini terletak di Jl. KH. Abd. Djabbar Ashiry No. 1 Kel. Pai. Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Perlu diketahui bahwa pesantren ini berdiri sejak tanggal 21 Oktober 1988 yang telah didirikan oleh KH Abdul Djalil Thahir.

Sampai saat ini pondok Pesantren yang ada di Kota Makassar ini memiliki jenjang pendidikan dari TK sampai dengan DTA.

Pembelajaran DTA adalah pembelajaran yang dilakukan di pondok Pesantren Darul Aman mengedepankan tentang aga islam, kurikulum yang digunakan juga adalah kurikulum tentang pendidikan agama.

3. Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin

Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin adalah salah satu pondok terbaik yang ad di Pulau Sulawesi. Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin ini berdiri pada tanggal 8 Oktober 1983 dan didirikan oleh Dra. Hj Ramlah Aziez.

Di dalam pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari TK sampai SMA.

Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin ini adalah pondok pesantren terbesar dan juga paling terkenal di urutan ke tiga di Pulau Sulawesi. Jadi pondok pesantren ini bukan hanya mempelajari tentang agama islam saja namun juga pendidikan umum.

4. Pondok Pesantren Madinah

Pondok Pesantren Madinah adalah salah satu pondok yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 9 Makassar. Pesantren Madinah ini didirikan pada tahun 1988. Pada saat itu Pesantren Madinah memiliki santri sebanyak 100 orang santri.

Seiring dengan berjalannya waktu pondok Pesantren Madinah ini semakin berkembang dan santrinya bertambah menjadi banyak.

5. Pondok Pesantren Ma’hadud Dirasatil Islamiyah Wal Arabiyah

Pondok Pesantren Ma’hadud Dirasatil Islamiyah Wal Arabiyah ini terletak di Jl. Lamuru No.65 Makassar. Pondok Pesantren Ma’hadud Dirasatil Islamiyah Wal Arabiyah ini berdiri pada tahun 1970, Dan didirikan oleh para ulama yang ada di Makassar.

Didalam pondok Pesantren Ma’hadud Dirasatil Islamiyah Wal Arabiyah ini terdapat jenjang pendidikan dari SMP sampai SMA.

6. Pondok Pesantren An Nahdlah

Pondok Pesantren An Nahdlah adalah salah satu pondok yang paling terkenal yang ada di Sulawesi. Awal mula berdirinya pondok Pesantren An Nahdlah ini adalah terbentuknya sebuah majlis ta’lim yang terus berkembang dan mempunyai respon positif oleh masyarakat sekitar.

Maka dari itu pada tanggal 20 Juni 1986 Pondok Pesantren An Nahdlah ini resmi dibuka dan menerima santri setingkat dengan SLTP. Dan ternyata pondok Pesantren An Nahdlah juga membuka untuk santri SLTA.

7. Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Di Makassar

Pesantren Darul Aman Gombara adalah salah satu pondok pesantren yang ada di Sulawesi Lebih tepatnya di Jl. K.H. Abd Djabbar Ashiry No. 1. Gombara Kel. Pai Biringkanaya, kota Madya Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Visi dari pondok Pesantren Darul Aman Gombara ini adalah menciptakan generasi muslim yang ta’at berakhlakul karima dan juga memiliki wawasan yang luas serta mandiri.

8. Pondok Pesantren Putri Darul Istiqomah Maros Sulawesi Selatan

Pondok Pesantren Putri Darul Istiqomah Maros ini dibuka pada tahun 1971. Di Pondok Pesantren Putri Darul Istiqomah Maros ini terdapat sekolah dengan jenjang SMP dan juga SMA.

Adapun khusus untuk tujuan dari terbentuknya Pesantren Putri Darul Istiqomah Maros ini adalah untuk membentuk santri yang memiliki akhlak yang baik sesuai dengan berkembangnya zaman pada saat ini yang semakin maju.

9. Pondok Pesantren As’adiyah

Sejak tahun 1930 Pondok Pesantren As’adiyah ini mulai terkenal, Pondok Pesantren As’adiyah ini sudah memiliki beberapa cabang di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Pondok Pesantren As’adiyah ini sudah cukup terkenal sebagai pondok yang telah menciptakan ulama-ulama ternama yang ada di Indonesia ini.

Didalam pondok Pesantren As’adiyah ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari SMP sampai dengan SMA.

10. Pondok Pesantren Modern Islam Sholawatul Is’ad

Awal mula berdirinya Pondok Pesantren Modern Islam Sholawatul Is’ad adalah dari keluarga Drs. H. Mansur yang kemudian di bentuklah sebuah pondok pesantren. Karena pada saat itu ia memang sangat ingin mendirikan pondok pesantren yang ada di daerah kelahirannya tersebut.

Karena niat baiknya tersebut, lambat laun Pondok pesantren ini terus berkembang hingga akhirnya menjadi salah satu pondok pesantren yang paling terkenal yang ada di pulau sulawesi ini. Didalam pondok pesantren ini juga memiliki pendidikan umumnya mulai dari jenjang SMP sampai SMA.

11. Pondok Pesantren Rahmatul Asri Maiwa

Pondok Pesantren Rahmatul Asri Maiwa adalah salah satu pondok yang paling terkemuka dan paling terkenal di Sulawesi Selatan. Pesantren Rahmatul Asri Maiwa ini dikenal dengan santri yang lulus dari pondok ini adalah santri yang memiliki prilaku yang baik dan dapat disebut sebagai seorang ulama' di masyarakat sekitar.

Maka dari itu banyak sekali santri yang memang ingin menambah ilmunya di pondok ini yang berasal dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia.

12. Pondok Pesantren DDI Asshirathal Mustaqim

Pesantren DDI Asshirathal Mustaqim adalah salah satu pondok pesantren dengan memiliki banyak sekali prestasi di dalamnya. Pondok pesantren ini adalah salah satu pondok yang terkemuka di daerah sulawesi.

Tidak heran jika pondok ini memiliki banyak santri dan juga pengurus. Di Pesantren DDI Asshirathal Mustaqim ini terdapat jenjang pendidikan mulai dari SMP sampai dengan SMA.

13. Pondok Pesantren Darul Huffadh

Didalam pondok pesantren Darul Huffadh ini juga terdapat jenjang pendidikan mulai dari pendidikan SMP sampai dengan pendidikan SMA. Untuk semua administrasi yang di butuhkan selama menjadi santri di pondok pesantren Darul Huffadh tidak Dipungut biaya apapun semunya telah di tanggung oleh pimpinan yayasan tersebut.

14. Pondok Pesantren Modern Alqur’an IMMIM Putra

Tujuan dari terbentuknya pondok Pesantren Modern Alqur’an IMMIM Putra adalah untuk membentuk generasi baru yang memiliki akhlak yang bik dan dapat bermanfaat untuk banyak orang. Maka dari itu tidak heran setiap harinya santri yang ada di Pesantren Modern Alqur’an IMMIM Putra ini didik untuk cerdas, tegar, mandiri dan memiliki sifat sosial yang tinggi.

15. Pondok Pesantren Al Ikhlas Ujung Bone

Pesantren Al Ikhlas Ujung Bone adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Perkembangan pondok Pesantren Al Ikhlas Ujung Bone ini dari tahun ketahun sangat baik sehingga memiliki santri yang cukup banyak.

16. Pondok Pesantren Modern Islam Shohwatul Is'ad

Daftar lainnya terkait dengan nama pondok pesantren dengan berbasis pendidikan modern ialah PonPes Shohwatul Is'ad. Dimana alamat lengkap adanya pesantren ini berada di Jalan Poros Padang Lampe No.KM. 3, Marang, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Provinsi Sulawesi Selatan.

Khusus untuk pondok pesantren yang ada di Sulawesi Selatan ini juga memiliki kelas internasional dan didikung dengan lingkungan asri dan fasilitas klinik mapel untuk sore atau malam sejenis kelas tambahan.

17. MAN Insan Cendekia Gorontalo

Sekolah dengan berbasis pendidikan pesantren yang berasrama dengan tingkat SMA ialah MAN Insan Cendekia Gorontalo. Dimana untuk MAN ini sendiri menjadi MAN terbaik di Indonesia karena lulusannya banyak yang diterima kuliah di luar negeri dan kampus favorite di Indonesia.

Demikianlah serangkaian tulisan tentang daftar nama-nama pondok pesantren di Pulau Sulawesi, semoga melalui tulisan ini bisa memberikan refrensi dan wawasan mendalam bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "17+ Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Modern/Salafiyah yang Menjadi Pilihan"