Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16+ Pesantren Terbaik di Jakarta Modern dan Salafiyah yang Menjadi Pilihan

Pesantren Terbaik di Jakarta
Pesantren bisa dikatakan sebagai salah satu lembaga pendidikan nonformal yang di bentuk untuk tujuan pembentukan karakter anak agar menjadi anak yang lebih mandiri dan bertanggung jawab. Oleh karena itulah wajar saja jikalau sampai saat ini pondok pesantren di Indonesia sudah cukup banyak salah satunya yang ada di Indonesia seperti di Jakarta.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia memiliki sejumlah PonPes yang bermutu tinggi.

Pesantren di Jakarta


Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia, tempatnya berada di Pulau Jawa. Melahirkan banyak sekali bentuk pesantren. Baik dengan sisitem pendidikan modern, salafiyah, ataupun pendidikan lainnya. Bahkan ada pula pesantren yang tidak menuntut biaya (gratis).

Pondok Pesantren di Jakarta


Adapun daftar nama pesantren yang ada di Jakarta, antara lain adalah sebagai berikut;

1. Pesantren Kafila

Pada tahun 2005 ada pengusaha muslim yang ingin mendirikan sebuah pesantren. Hal ini di lakukan untuk pendidikan pada jenjang TK, SMP, SD, sampai SMA untuk anak-anak jalanan yang kurang mampu. Pesantren Kafila ini didirikan oleh Ir. H. Abdullah Mas’ud dan juga Ust. Masrur Syamhari.

Pada awal terbentuknya Pesantren Kafila ini anak-anak binaan yang di asuh oleh pimpinan lembaga ini kemudian ada seseorang donatur yang ingin membuat sebuah pesantren untuk tempat tinggal anak–anak jalanan ini. baru lah pesantren ini semakin tahun semakin berkembang dan memiliki kemajuan yang pesat.

2. Pesantren International Islamic High School

Pesantren International Islamic High School adalah salah satu pesantren modern yang ada di kota Jakarta. Didalam pesantren ini menyediakan beberapa jenjang pendidikan. diantaranya adalah pendidikan SMP sampai dengan perguruan tinggi ada di pondok ini.

Pondok ini juga menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan karena pondok ini termasuk kedalam pondok yang berkelas Internasional Santri yang ada di pondok ini juga ada beberapa yang berasal dari beda negara.

3. Pesantren Aminah

Tujuan dari dibentuknya Pesantren Aminah ini adalah Untuk membantu dalam tugas orang tua yang membentuk anak agar menjadi anak yang berakhlak baik, sopan, mandiri, bertanggung jawab dan memiliki sikap kepemimpinan yang baik.

Di dalam pondok Pesantren Aminah ini santri dituntut harus ikut dalam semua kegiatan yang dilkukan di pesantren ini. selain itu santri harus dapat menghafal al-qur’an dan juga pengetahuam tentang keislaman yang semakin baik.

4. Pesantren Al Tsaqafah

Pesantren Al-Tsaqafah ini dibentuk dengan tujuan agar anak-anak yang ada di sekitar pondok pesantren tau dan mengerti jika pondok ini adalah salah satu pondok pilihan yang ada di Jakarta. Pesantren Al Tsaqafah adalah pesantren yang terdapat jenjang pendidikan mulai dari TK sampai dengan SMA.

Pesantren Al Tsaqafah ini adalah salah satu pesantren yang digunakan untuk membentuk nilai – nilai pengetahuan yang ada pada diri anak–anak Indonesia.

5. Pondok Pesantren Daarul Rahman

Pesantren Daarul Rahman adalah salah satu pesantren yang didirikan oleh KH. Syukron Ma’mun yang didirikan bersama dengan teman – teman seperjuangannya. Pesantren ini adalah salah satu pesantren yang memang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu membentuk santri nya untuk selalu mandiri dan mempelajari tentang ilmu agama dengan lebih luas lagi.

6. Pondok Pesantren Al Hamid

Pondok Pesantren Al Hamid adalah salah satu lembaga pendidikan yang ada di Jakarta yang memang tidak pernah lepas dari sebutan sebagai salah satu pondok salafi. Pondok salafi ini adalah salah satu pondok yang terkenal yang ada di kabupaten kediri.

Pondok ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dan hanya direnovasi ulang jika ada kerusakan pada kondisi gedung. Didalam Pesantren Al Hamid ini juga menyediakan berbagai jenis pendidikan yaitu SMA dan juga SMP selain itu juga di pesantren ini mengajarkan untuk selalu menggunakan dua bahasa yaitu bahasa arab dan bahasa inggris.

7. Pondok Pesantren Darunnajah

Pesantren Darunnajah adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan pada tanggal 1 April 1974. Namun pondok ini sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 1942. Pesantren Darunnajah merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang ada di kota Jakarta.

Pondok Pesantren Darunnajah ini didirikan oleh KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan di bantu oleh dua temannya pada saat itu.

8. Pondok Pesanteren Buntet Pesantren

Buntet Pesantren merupakan salah satu pesantren yang terbaik yang ad DKI Jakarta dengan urutan ke dua. Pesantren ini merupakan pesantren yang didirikan pada tahun 1750 dan didirikan oleh KH. Muqoyyim.

Buntet Pesantren adalah salah satu pesantren yang paling tua yang ada di Jakarta dan bukan hanya itu saja Buntet Pesantren ini memberikan pendidikan yang terbaik sesuai dengan prestasi yang dimiliki oleh pondok Buntet Pesantren ini.

Selain ada pendidikan agma di Buntet Pesantren juga ada pendidikan umumnya, sama hal nya dengan pendidikan yang lainnya. Pendidikan umum yang dimiliki oleh Buntet Pesantren ini adalah mulai dari pendidikan di jenjang TK sampai dengan SMA.

9. Pondok Pesantren Al Ishlah

Pesantren Al Ishlah adalah salah satu pesantren yang ada di DKI jakarta yang terletak di Jl. Tanah Kusir Kebayoran lama. Pesantren ini termasuk kedalam pesantren yang memiliki kualitas yang baik. Pesantren Al Ishlah ini memiliki jenjang pendidikan dari pendidikan SMP sampai dengan pendidikan SMA.

Selain itu juga santri yang ada di pondok ini sudah banyak selain itu juga Pesantren Al Ishlah ini tidak kekurangan pengurus. Jadi pesantren ini adalah salah satu pesantren yang telah berkembang di Jakarta.

10. Pondok Pesantren Mahad Aly Al Arba’in

Letak dari Pesantren Mahad Aly Al Arba’in ini adalah Jl. KH. M. Syafi’i Hadzami. Pesantren Mahad Aly Al Arba’in ini adalah salah satu pesantren yang memiliki tingkat kemampuan dalam membentuk santri yang bertanggung jawab, cerdas, disiplin dan mandiri yang sangat baik.

Jika seseorang ingin belajar agama di Pesantren Mahad Aly Al Arba’in ini di haruskan untuk bertempat tinggal di pesantren ini maka dari itu santri yang ada akan terlatih untuk mandiri. Selain itu juga di dalam pesantren ini terdapat jenjang pendidikan yang sifatnya umum jadi bukan hanya tentang agama saja yang ada di pondok pesantren ini namun juga umum ada di Pesantren Mahad Aly Al Arba’in ini.

11. Pondok Pesantren Al Musyarrofah

Pesantren Al Musyarrofah adalah salah satu pondok pesantren yang paling terkenal di Jakarta. Pesantren ini memiliki santri yang banyak juga. Selain itu juga luas wilayah yang ada untuk pembangunan juga lumayan luas.

Sesuai dengan kapasitas santri yang dimiliki oleh Pesantren Al Musyarrofah ini. Sehingga pesantren ini harus memiliki pengurus yang memang 24 jam mengawasi anak santrinya. Hal ini dilakukan agar santri memiliki sifat mandiri dan mengeluarkan jiwa kepemimpinan yang dimiliki oleh santri.

12. Pondok Pesantren Miftahul Huda

Pesantren Miftahul Huda adalah salah satu pesantren yang terdapat beberapa jenjang pendidikan salah satunya yaitu pendidikan SMA dan juga pendidikan SMP. Bukan hanya itu saja di Pesantren Miftahul Huda ini memiliki beberapa ekstarakulikuler yang akan membuat santri dapat mengeluarkan skill yang dimilikinya tersebut.

Selain itu juga santri harus dapat dilatih agar mandiri dan bertanggung jawab dengan semua tindakan yang dilakukan tersebut. Pesantren Miftahul Huda ini terletak di Jalan H. Satiri Ulujami, Pasangrahan, Jakarta.

13. Pondok Pesantren Darul Maarif

Pesantren Darul Maarif adalah pesantren yang memiliki jenjang pendidikan bukan hanya tentang pendidikan umumnya saja namun juga pendidikan tentang agama juga ada di dalam pesantren tersebut. Bahkan di dalam pesantren tersebut terdapat hafidz yaitu hafalan tentang alqur’an dan memperdalam tentang ilmu alqu’an tersebut. Pesantren Darul Maarif ini terletak di jalan RS Fatmawati.

14. Pondok Pesantren Hidayatut Thalibin

Pesantren Hidayatut Thalibin adalah pesantren dengan prestasi yang dimilikinya sangat baik. pesantren ini adalah salah satu pesantren dengan santri yang paling banyak. Pesantren Hidayatut Thalibin ini terletak di jalan Cilandak Tengah kecamatan Cilandak.

15. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyyah

Pesantren Miftahul Ulum Addiniyyah adalah salah satu pesantren yang terletak di jalan Madrasah no.17 Gandaria Selatan Kota Jakarta Selatan. Salah satu metode yang diterapkan di pesantren yang ada di Jakarta Selatan ini menjadi yang terbaik di Jakarta.

16. Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan PonPes terbaik yang ada di DKI Jakarta, khususnya berada di Jakarta Pusat. Banyak tokoh besar yang alumni dari pesantren yang ada di Jakarta Barat ini. Untuk pendidikan formalnya juga tersedia, dari tingkatan SD, SMP, sampai dengan SMA.

Adapun alamat lengkap pondok pesantren ini berada di Jalan Panjang, Kedoya Utara, Kecamatan Kebun Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Demikianlah serangkaian tulisan tentang daftar nama pondok pesantren di Jakarta dari yang menerapkan sistem pendidikan modern ataupun salafiyah. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian,

Posting Komentar untuk "16+ Pesantren Terbaik di Jakarta Modern dan Salafiyah yang Menjadi Pilihan"