Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16+ Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur Modern/Salafiyah yang Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur

Jawa Timur adalah wilayah yang terletak paling timur di pulau Jawa. Dimana pada wilayah inilah sangat terkenal memiliki banyak sekali jenis pondok pesantren. Di dalam pondok ini juga terdapat pondok modern dan juga pondok salafiyah yang terkenal disana.

Hal ini juga dapat ditemukan di daerah sekitar plosok yang kurang dari keramaian masih saja dapat ditemukan pondok pesantren. Bahkan atas alasan inipula banyak tokoh pesantren yang menjadi pemimpin di Indonesia berasal dari Provinsi Jawa Timur. Seperti Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari pesantren Tebu Ireng, Mahfud MD, Khififah Idra Parawansah, dan lainnya.

Pesantren di Jawa Timur

Pesantren di Jawa Timur tentusaja menjadi ukuran kemajuan atas adanya peran pesantren yang turut serta membangun peradaban Indonesia, dengan sistem pemebelajaran salafiah ataupun modernnya sistem pendidikan disana kerapkali menjadi rujukan adanya pesantren di daerah atau wilayah lainnya di Indonesia.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Jawa Timur


Adapun untuk memperjelasanya, berikut ini adalah daftar nama pondok pesantren di Provinsi Jawa Timur. Antara lain;

1. Pondok Pesantren Tebu Ireng

Daftar mengenai nama-nama Pondok Pesantrean terbaik di Jawa Timur tentusaja adalah Tebu Ireng, yang memiliki ribuan jumlah alumni tersebar di Indonesia, bahkan di tempat ini juga menjadi sejarah kelahiran atas NU (Nadhlatul Ulama') sebagai ormas terbesar di Indonesia.

Maka sangatlah pantas jikalau Pondok Pesantren di Jombang ini juga menjadi daftar adanya pondok pesantren NU terbaik di Indonesia.

2. Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri

Tentang nama Pondok Pesantren terbagus di Provinsi Jawa Timur selanjutnya adalah Lirboyo yang dikenal memiliki sejumlah alumni terbaik di Indonesia, bahkan setiap provinsi yang ada di NKRI memiliki himbunan khusus untuk yang pernah menyantren disini.

Untuk sistem pendidikannya formalnya juga ada SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Maka pantas saja jikalau pondok pesantren di Kediri ini memiliki kemajuan yang amat pesat.

3. Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep

Agama islam mulai berkembang di daerah ini yaitu di daerah peranduan. pondok pesantren Al Amien Prenduan Sumenep ini terletak di daerah Komplek Al-Amien II, Jalan Pamakasan Sumenep dan Peragaan Laok Dusun Pragaan Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep Madura.

Dalam pondok pesantren yang ada di Sumenep ini terdapat pendidikan umumnya. Jenjang pendidikan yang ada di pondok tersebut adalah untuk jenjang smp, SMA, SD, Sampai TK ada di pondok pesantren Al Amien Prenduan Sumenep ini. pondok pesantren Al Amien Prenduan Sumenep ini juga telah mengalami renovasi ulang sampai beberapa kali sehingga banyak sekali yang telah dirubah dari pembangunan awalnya.

Maka dari itu perkembangan pondok yang semakin besar menjadikan pondok ini semakin banyak
di segani oleh banyak orang.

4. Pondok Pesantren Al-Falah Kediri

Pondok pesantren Al-Falah Kediri ini terletak di daerah Karangkates Kecamatan Ploso Kabupaten kediri. pondok pesantren Al Falah Kediri telah berdiri pada tanggal 1 Januari 1925, didirikan oleh KH, A. Djazuli Usman. Dalam hal ini serambi masjid digunakan untuk kegiatan mengaji santri yang ada di pondok tersebut.

Awalnya sebelum terbentuk pesantren ini masyaraakat yang ada di sekitar pondok pesantren Al Falah Kediri ini sangat enggan untuk mengikuti kegiatan namun setelah beberapa lama mereka baru mengetahui keuntungan dari belajar mengaji barulah berdatangan para santri hingga akhirnya semakin banyak dan membuat pondokan atau tempat tinggal para santri tersebut.

5. Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan

Pondok pesantren Al Fatah Temboro Magetan adalah salah satu pondok yang memiliki pondok yang terdapat di pedasaan. Pondok ini terletak di daerah pedesaan lebih tepatnya di Jalan Temboro, keras Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Di dalam pondok pesantren di Magetan dengan nama Al-Fatah Temboro Magetanininjuga terbentuk beberapa kepengurusan mulai dari ketua , sekretaris sampai bendahara. Di dalam pondok pesantren Al Fatah Temboro Magetan ini memiliki beberapa jenjang pendidikan yaitu mulai dari pendidikan SMA sampai juga pendidikan SMP. Kurikulum yang digunakan juga sesuai dengan yang telah di tentukan oleh pemerintahan.

6. Pondok Pesantren Al-Khairat

Pondok pesantren Al Khairat Malang adalah salah satu pondok yang terletak di jalan KH. Syuhud Karang, Malanguko Pagelarang Malang. Ponodok pesantren ini telah memiliki beberapa jenis cabang pendidikan mulai dari pendidikan TK sampai dengan pendidikan di perguruan tinggi ada di pondok ini.

Pondok pesantren Al Khairat ini kurang lebih telah memeiliki 18000 cabang di berbagai daerah. Sehingga untuk perkembangan atau kemajuan dari pesantren ini sudah tidak perlu diragunakan lagi bagi semua orang.

7. Pondok Pesantren An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep

Pondok pesantren An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep adalah salah satu pondok yang sampai saat ini telah memiliki beberapa cabang di berbagai daerah, kurang lebihnya ada 11 daerah yang terdapat pondok pesantren ini. Didalam pondok pesantren ini terdapat berbagai macam jenis pendidikan mulai dari pendidikan umum dan juga pendidikan agama Islam.

8. Pondok Pesantren As-Salafi Al Fitrah Surabaya

Pondok pesantren As Salafi Al Fitrah Surabaya adalah pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1985. Pada saat itu telah datanglh seorang santri yang ingin mengembang pondok pesantren tersebut bersama dengan sahabatnya.

Maka dari itu dibentulah pondok pesantren ini semakin berkembang dan semakin memiliki kemajuan dari tahun ketahun. Pondok pesantren As Salafi Al Fitrah Surabaya ini adalah salah satu pondok yang terletak di jalan Kedinding lor 99 Surabaya.

Awalnya di pondok pesantren As Salafi Al Fitrah Surabaya ini hanya menerima santri putra saja namun seiring berkembangnya pesantren ini penduduk yang ada di sekitar pesantren meminta kepada pengurus dan pimpinannya agar menerima santri putri untuk menambah ilmu pengetahuannya di
pondok ini. Maka dari itu dibangun sebuah pesantren untuk khusus santri putri dan dibentuk untuk kepengurusan baru.

9. Pondok Pesantren Bata Bata Pemekasan

Pondok pesantren Bata Bata Pemekasan adalah pondok pesantren yang didirikan oleh RKH. Abd Majid. Ia adalah putra dari RKH. Abd Hamid Bin RkH Itsbat. Yang telah didirikan pada tahun 1943M atau 1363 H di Banyuanyar.

Kepemimpinan dari beliau hanya bertahan sampai 14 Tahun saja mulai dari tahun 1943 M Sampai dengan 1957 M. Sistem pembelajaran yang ada di pondok pesantren Bata Bata Pemekasan ini bersifat pengajian yaitu sorongan dengan para ustad, sehingga akan lebih di teliti dari yang bisa sampai yang belum bisa membaca al-qur’an.

Awalnya Pada tahun itu belum dibikin pendidikan formal hanya pendidikan agm islam saja, namun seiring berkembang nya pondok ini mulai dibentuklah pendidikan formal untuk anak-anak santri agar tidak keluar dari pondok tersebut dan tetap melakukan pembelajaran di dalam pondok pesantren yang ada di Pemekasan ini.

10. Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

Pondok pesantren Darul Ulum Jombang adalah salah satu tempat Yang telah didirikan dengan tujuan untuk membentuk sebuh karakter anak yang baik dan juga untuk membuat anak agar jauh lebih mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki sikap kepemimpinan.

Tujuan dari dibentuknya pondok ini telah dijelaskan oleh para pengurus dan penerus dari pimpinan yang awal, sehingga pondok pesantren ini tetap memiliki visi dan misi yang telah dibentuk dari awal dibentuknya pondok pesantren Darul Ulum Jombang ini.

Didalam pondok ini juga memiliki berbagai macam jenis ekstrakulikuler yang di lakukan setiap minggunanya. Selain itu ada juga pendidikan formal mulai dari SD sampai perguruan tinggi ada di pondok pesantren Darul Ulum Jombangini. Pondok pesantren ini terletak di jalan Rejoso Peterongan Jombang.

11. Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo

Pondok pesantren modern Gontor Ponorogo adalah pondok pesantren yang telah didirikan pada tahun 1928 yang dibangun oleh tiga kiai yaitu KH Ahmad Sahal, KH Zainurdin Fananie dan KH. Imam Imam Zarkasy.

Selain itu pondok pesantren modern Gontor Ponorogo ini sering disebut juga sebagai Pondok Pesantren Darussalam. Pondok pesantren Gontor juga telah memiliki beberapa cabang di berbagai daerah. Namun untuk induk dari pondok pesantren ini berada di daerah Jawa Timur.

Tiga pendiri dari pondok pesantren modern Gontor Ponorogo ini adalah tiga bersaudara yang sering disebut juga sebagai Trimurti. Tiga pendiri pondok pesantren di ponorogo ini merupakan putra dari kiai Santoso.

12. Pondok Pesantren Ilmu Al-Quran Malang

Pondok pesantren Ilmu Al- Quran Malang ini merupakan pondok yang terletak di Jalan Singosari Kabupaten Malang. pondok pesantren Ilmu Al-Quran Malang ini adalah pondok pesantren yang sifatnya adalah semi salaf.

Pendiri dari pondok pesantren ini adalah KHM. Basori Alwi Murtadlo yang telah didirikan pada tanggal 1 Mei 1978. pondok pesantren Ilmu Al- Quran Malang ini melakukan sistem pengajaran yang sesuai dengan namanya yaitu berbasis al-qur’an yang artinya santri di wajibkan untuk menghafal al-
Qur’an.

Hal ini sesuai dengan pendiri dari pondok pesantren Ilmu Al- Quran Malang ini yang merupakan intelektual dari al-qur’an tersebut. Ia juga telah berpengalaman sebelumnya sebagai salah satu pencipta generasi islam dan penghafal al-qur’an yang baik. Maka dari itu tidak heran jika orang tua ingin menitipkan anaknya agar menjadi santri di pondok ini.

14. Pondok Pesantren Wagean

Tulisan tentang nama-nama Pondok Pesantren di Jawa Timur selanjutnya yang dikenal banyak orang adalah Ponpes Wagean, dengan letaknya berada di Kabupaten Kediri dengan jumlah santri di tempat pendidikan Islam ini mencapai ribu.

15. Pondok Pesantren Lagitan

Selanjutnya yang menjadi informasi tentang nama Pondok Pesantren di Jawa Timur, Indonesia ialah Lagitan dengan jumlah santri mencapau ratuan ribu, lokasi ini selain menghasilkan para ahli agama Islam juga dikenal dengan sholawatnya.
16. Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang

Bagi seorang siswa yang akan melanjutkan jenjang pendidikan formal di Kota Malang tentusaja rekomendasi tentang adanya daftar nama pondok pesantren mahasiswa terbaik ialah Al-Hikam Malang. Pasalnya disini menjadi tempat yang bisa mengajarkan sekaligus menyeimbangkan antara pendidikan formal dan pendidikan Agama.

Demikianlah serangkaian informasi tentang daftar nama pondok pesantren di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan infomasi dan wawasan kepada segenap pembaca sekalian, trimakasih,

Posting Komentar untuk "16+ Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur Modern/Salafiyah yang Menjadi Pilihan"