Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren di Lampung Modern dan Salafiah Lengkap

Pesantren di Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan yang sudah ada sejak sebelum Indonesia Merdeka. Tujuan dari dibentuknya pondok pesantren ini adalah untuk menjadikan manusia memiliki sifat yang berilmu, beriman dan juga bertaqwa.

Pondok Pesantren di Lampung


Pondok pesantren telah banyak kita temui diberbagai daerah yang ada di Indonesia salah satuny yaitu di Provinsi Lampung. Perlu diketahui bahwa sebenarnya pondok pesantren yang ada di Lmpung ini berbagai macam, baik yang bersifat modern ataupun berpola pendidikan salafiyah.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Lampung


Adapun daftar nama-nama terkenal hanya ada beberapa saja, berikut inilah Adapun Pondok pesantren yang ada di Lampung;

1. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Al Hikmah

Pondok pesantren Al Hikmah merupakan salah satu pondok terbaik yang ada di Provinsi Lampung. Santri yang ada di Pondok pesantren Al Hikmah ini memang sangat banyak dan selain itu juga Pondok pesantren Al Hikmah ini memiliki bangunan yang sangat megah.

Selain itu pembelajaran yang dilakukan di Pondok pesantren Al Hikmah merupakan salah satu pembelajaran yang berkualitas bahkan Pondok pesantren Al Hikmah ini sering kali melakukan pertemuan dengan para alumni yang ada di Pondok pesantren Lirboyo yang ada di Jawa Timur.

 2. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Darussa’adah

Pondok pesantren Darussa’adah adalah salah satu pondok pesantren yang sudah tidak asing lagi. Karena Pondok pesantren Darussa’adah ini ada di Lampung dan juga apa di Pulau Jawa dan selain itu juga ada di wilayah yang lainnya. Namun saat ini yang akan di ceritakan adalah pondok pesantren yang berada di Lampung.

Pondok pesantren Darussa’adah ini berdiri pada tahun 2001. Pondok pesantren Darussa’adah ini telah membuat wacana bahwa seluruh santri yang ingin menimba ilmu di pondok pesantren ini akan gratis masalah pembayaran dan lain-lainnya.

Sehingga hal ini lah yang membuat Pondok pesantren Darussa’adah menjadi salah satu pondok yang banyak sekali ingin menimba ilmu di Pondok pesantren Darussa’adah ini.

 3. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Al Mutakim

Pondok pesantren Al Mutakim adalah salah satu pondok pesantren yang terminal kemiling Bandar Lampung. Apabila di tempuh dengan menggunakan sepeda motor, dari arah terminal sampai ke Pondok pesantren Al Mutakim ini sampai sekitar 10 menit dari terminal.

Pondok pesantren Al Mutakim adalah salah satu pondok pesantren yang tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja namun juga untuk pendidikan umum, salah satunya adalah untuk pendidikan SMP dan SMA. Pondok pesantren Al Mutakim ini juga pondok pesantren yang memberikan keringanan bagi anak yang kurang mampu, tidak dipungut biaya apapun.

4. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Darul Hikmah

Pondok pesantren Darul Hikmah adalah salah satu yang sering disebut sebagai pesantren Mahasiswa. Karena Pondok pesantren Darul Hikmah ini adalah salah satu pondok pesantren yang paling banyak santri mahasiswanya.

Pondok pesantren Darul Hikmah ini terletak di Jalan Sultan Jamil Nomor 29, Kelurahan Gedung Meneng, Kecamatan Rajabasa, Lampung. Pondok pesantren Darul Hikmah ini adalah pondok pesantren yang paling dekat dengan sekolah global Madani.

5. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Darul Fatah

Pondok pesantren Darul Fatah adalah salah satu pondok pesantren yang terletak tidak jauh dari pondok pesantren Darul Hikmah yaitu di jalan Kopi No. 23 A, kelurahan Gedung Meneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

Pondok pesantren Darul Fatah ini terdapat jenjang pendidikan mulai dari pendidikan SMP sampai dengan pergurun tinggi. Kualitas pengjaran yang ada di Pondok pesantren Darul Fatah juga sudah tidak perlu di ragukan lagi. Maka dari itu Pondok pesantren Darul Fatah ini sangat banyak sekali santri yang ingin menimba ilmu di Pondok pesantren Darul Fatah ini.

6. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Madarijul Ulum

Pondok pesantren Madarijul Ulum adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di jalan WA. Rahman. Gg Simpang Makmur, Kelurahan Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung. Pondok pesantren Madarijul Ulum ini adalah salah satu pondok pesantren yang masih menggunakan metode pesantren salafiah.

Selain itu juga Pondok pesantren Madarijul Ulum bukan hanya saja mempelajari tentang pendidikan
agama islam saja namun juga untuk pendidikan formal juga. Jenjang pendidikan yang ada di Pondok pesantren Madarijul Ulum yitu untuk pendidikan SMP, SMA yang masih memiliki akriditasi B+..

Sehingga tidak heran sekali jika para orang tua ingin menyekolahkan anaknya di Pondok pesantren Madarijul Ulum ini agar memperoleh ilmu yang jauh lebih dalam selain ada pendidikan umum juga ada pendidikan agama islam saja.

Jadi ilmu yang di dapat bukan hanya untuk akhirat saja namun pendidikan untuk dunia juga di dapatkan di Pondok pesantren Madarijul Ulum ini.

7. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Ulul Abab

Pondok pesantren Ulul Abab adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di jalan Pulau Sebesi No.8 38 Sukarame Kota Bandar Lampung. Pondok pesantren Ulul Abab adalah salah satu pondok yang sama dengan pondok pesantren yang lainnya. Yaitu terdapat jenjang pendidikan umumnya mulai dari pendidikan SD, SMP, SMA ada di Pondok pesantren Ulul Abab ini.

Pondok pesantren Ulul Abab adalah salah satu pondok pesantren yang masih memiliki bangunan yang sangat bagus. Pondok pesantren Ulul Abab adalah salah satu pondok yang dibentuk dengan tujuan untuk membentuk karakter santri agar memiliki sifat yang bertanggung jawab, memiliki wawasan yang luas, dan juga memiliki sifat yang mendiri dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dan juga mencerdaskan anak santri.

8. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Salafiyah AL-Hijrotul Munawaroh

Pondok pesantren Salafiyah Al–Hijrotul Munawaroh adalah salah satu pondok pesantren yang pada zaman dahulu diberinama dengan pondok pesantren Nurul Iman. Nama Pondok pesantren Salafiyah Al–Hijrotul Munawaroh diganti karena perintah dari pimpinan pondok pesantren tersebut. Pondok pesantren Salafiyah AL–Hijrotul Munawaroh ini terletak di jalan Purnawirawan Raya No. 115, Gunung Terang Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung.

Pondok pesantren Salafiyah AL–Hijrotul Munawaro ini adalah salah satu pondok pesantren yang masih menggunakan metode atau sistem pembelajaran salafiah. Selain itu juga Pondok pesantren Salafiyah AL–Hijrotul Munawaroh adalah salah satu pondok yang bukan hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam namun juga pendidikan formal.

Pondok pesantren Salafiyah AL–Hijrotul Munawaroh ini juga terdapat pondok pesantren yang masih kuliah di Unila dan juga di UIN Raden Intan Lampung.

9. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren al Mujtama’ Al Islami

Pondok pesantren al Mujtama’ Al Islami adalah salah satu pondok yang terletak di Desa Karang Anayar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Pondok pesantren al Mujtama’ Al Islami adalah salah satu pondok pesantren yang telah didirikan oleh KH. Bukhori Abdul Shomad, MA dan Syekh Thalal Hasan Filall.

Pondok pesantren al Mujtama’ Al Islami ini dibangun di tanah seluas 3 Hektar. Pondok pesantren al Mujtama’ Al Islami adalah salah satu pondok yang dibangun di tanah wakaf miliki bapak Yun Basri. Pondok pesantren al Mujtama’ Al Islami ini mulai diresmikan pada tanggal 25 Mei 2008.

10. Pondok pesantren yang ada di Lampung adalah Pondok pesantren Darussalam

Pondok pesantren Darussalam adalah salah satu pondok yang terletak di jalan Banjarnegeri, Natar, Kbupaten Lampung Selatan, Lampung. Pondok pesantren Darussalam ini selain mempelajari tentang pendidikan formal juga belajar tentang pendidikan agama islam.

Pondok pesantren Darussalam ini memiliki santri yang sangat banyak dan juga merupakan pondok yang besar di lampung selatan. Pondok pesantren Darussalam ini adalah salah satu pondok modern yang ada di Lampung.

Dukungan yang ada dari masyarakat membuat Pondok pesantren Darussalam ini berkembang sangat pesat. Sehingga tidak heran lagi jika banyak santri yang ingi menimba ilmu di Pondok pesantren Darussalam ini.

 11. Pondok pesantren yang ada di Lampung Timur adalah Riyadlatul Ulum

Daftar nama pondok pesantren selanjutnya, yang snagat direkomendikasikan ialah Riyadhaltu'Ulum atau lebih dikenal dengan PPRU. Pesantren ini terletak di Kecamatan Batang Hari, dengan santri beragam pendidikan ada yang Kuliah di UMM (Universitas Muhamdyah Metro), IAIN Metro, dan ada juga yang sekolah di MAN 1 Lampung Timur ataupun MAN 1 Metro.

12. Pondok pesantren yang ada di Metro Roudlatul Qur'an

Daftar nama pesantren yang fokus menghafal Al-Qur'an selanjutnya ialah PPRQ. Dimana pesantren ini memberikan bimbingan khusus bagi para calon santri yang menghafal Al-Qur'an secara benar dengan sanad yang dapat dipertangungjawabkan.

13. Pondok Pesantren Darussalam Gontor 8 dan 9

Daftar dan alamat cabang Pondok Pesantren Gontor yang ada di Indonesia salah satunya berada di Provinsi Lampung. Tepatnya untuk pesantren putra berada di Gontor 9 Lampung Selatan sedangkan khusus untuk putri berada di Lampung Timur, khususnya di Pondok Pesantren Darussalam Gontor 8.

14. Pesantren Tahsinul Khuluq

Informasi tentang daftar pondok pesantren salafiyah yang ada di Bandar Lampung dengan berbasiskan pendidikan keagamaan yang cocok untuk mahasiswa di Universitas Lampung ataupun Polinela Lampung barangkali menjadi data tambahan bagi Pesantren Tahsinul Khuluq Bandar Lampung. Yang alamatnya berada di Jl Padat Karya lingsuh, Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

15. Pondok Pesantren Darul Hikam Seba

Informasi tentang adanya pondok pesantren terbaik yang ada di Kabupaten Lampung Tengah salah satu diantaranya ialah Darul Hikam. Dimana nama Seba sendiri merupakan singkatan daripada Sebutih Banyak jadi pondok pesantren ini sangatlah cocok bagi para orangtua yang ada di wilayah sekitaran Seputih Banyak, Way Seputih, Rumbia, dan lain sebagainya.

Demikianlah serangkaian tulisan tentang nama-nama Pondok Pesantren di Lampung, baik yang modern ataupun salafiyah. Semoga ulasan ini memberikan informasi kepada segenap pembaca sekalian, adapun jika ada tambahan mengenai nama pesantren lainnya silahkan bisa tambahkan di kolom komentar. Trimakasih, 

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren di Lampung Modern dan Salafiah Lengkap"