Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17+ Pondok Pesantren Terbaik di Bogor yang Modern dan Salafiyah

Pesantren Terbaik di Bogor
Pesantren bisa dikatakan sebagai sebuah pendidikan tradisional yang santri nya tinggal bersama dan belajar bersama di tempat tersebut. Mereka belajar dengan seorang kyai yang memang telah memiliki pengalaman lebih banyak dan pengetahuan lebih dalam di bandingkan dengan santri yang menuntut ilmu.

Salah satu daerah yang banyak terdapat pondok pesantren adalah di Jawa Barat, khususnya berada di wilayah Kota Bogor dan sekitarnya. Baik dengan sistem pendidikan salafiah ataupun modern. Berikut untuk daftar lengkapnya.

Pesantren di Bogor

Bogor adalah wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini sendiri terletak 59 km di sebelah selatan Ibu Kota Jakarta, dan merupakan enklave Kabupaten Bogor. Adapun fakta menarik lainnya pada akhir tahun 2021, jumlah penduduk kota Bogor sebanyak 1.091.396 jiwa, dengan kepadatan 9.210 jiwa/km² yang mayoritas meninggali wilayah ini beragama Islam. Maka wajarlah jikalau banyak terdapat sistem pendidikan Islam di Bogor.

Daftar Pondok Pesantren di Bogor


Daftar tulisan tentang nama-nama pondok pesantren di Bogor dari Salafiah dan Modern antara lain adalah sebagai berikut;

1. Pesantren Nurul Fikri Boarding School Bogor

Pondok Pesantren Nurul Fikri Boarding School Bogor ini adalah salah satu pondok yang mengedepankan kenyamanan belajar dari siswa atau santri yang ada di Pesantren Nurul Fikri Boarding School Bogor tersebut.

Karena menurut mereka jika belajar sudah nyaman maka apapun yang akan disampaikan akan mudah di terima. Pesantren Nurul Fikri Boarding School Bogor ini terdapat kurikulum yang memang khusus di buat oleh pesantren itu sendiri. Perlu diketahui bahwa Pesantren Nurul Fikri Boarding School Bogor ini telah berdiri di atas tanah seluas 7 hektar dan telah menyediakan jenjang pendidikan untuk SMP dan untuk SMA.

2. Pesantren Fitrah Islamic World Academy

Pondok Pesantren Fitrah Islamic World Academy Bogor adalah salah satu pesantren yang paling mengedepankan teknologi. Pesantren Fitrah Islamic World Academy Bogor ini termasuk kedalam pondok pesantren modern dengan menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

Didalam pesantren ini juga tidak hanya ada pendidikan tentang keagamaannya saja namun untuk pendidikan umum tersedia di pondok ini.

3. Pesantren Dwi Warna Boarding School Bogor

Pesantren Dwi Warna Boarding School Bogor adalah salah satu pondok pesantren yang berkembang dikarenakan pengajian yang dipimpin oleh Ibu Ratjih Natawidjaja yang telah dilakukan pada tanggal 3 April 1992.

Dengan adanya nasehat yang telah diberikan maka pondok Pesantren Dwi Warna Boarding School Bogor ini membuka sebuah pendidikan dengan jenjang mulai dari SMP dan juga SMA. Pendidikan Pesantren Dwi Warna Boarding School Bogor adalah salah satu sekolah yang paling unggul yang ada di Bogor.

Bukan hanya itu saja tempat ini adalah menjadi salah satu tempat yang paling direkomendasikn untuk santri putri maupun santri putri. Pendidikan yang ada di Pesantren Dwi Warna Boarding School Bogor ini tidak hanya mengedepankan umum saja namun juga ada kombinasi dengan pendidikan agama islam.

4. Pesantren Cahaya Rancamaya Islamic Bording School Bogor

Pesantren Cahaya Rancamaya Islamic Bording School Bogor adalah salah satu pondok pesantren Tahfidz Qur’an yang paling terfavorite yang ada di Bogor. Pesantren Cahaya Rancamaya Islamic Bording School Bogor sering mengadakan berbagai macam jenis kegiatan yang baik untuk kemajuan pesantren ini.

Pesantren Cahaya Rancamaya Islamic Bording School Bogor ini selalu mengedepankan agama islam di bandingkan pendidikan yang lain. Karena pendidikan islam adalah pendidikan yang akan membawa rahmat dan menjadikan seorang memiliki akhlak yang baik.

5. Pesantren Al Wafi Islamic Bording School

Visi misi dari Pesantren Al Wafi Islamic Bording School Bogor adalah membentuk generasi muslim yang memiliki kesadaran agama yang tinggi dan memiliki sifat yang positif dalamglobalisasi dengan selalu mengikuti jejak salafus shalih.

Sedang misi yang diliki oleh Pesantren Al Wafi Islamic Bording School Bogor adalah menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, dan juga berstandar Internasional berdasarkan al-qur’an dan hadist sesuai dengan pemahaman dari shalafus shalih.

Menyelenggarakan pendidikan agama berdasarkan akhlak yang kharimah dan berinteqrasi dalam kehidupan sehari-hari. Mencetak santri yang bermuamalah dengan lingkungan dan memiliki jiwa kepemimpinan, mandiri, adil dan bertanggung jawab.

6. Pesantren Al Basyir Boarding School

Pesantren Al Basyir Boarding School Bogor Adalah salah satu pondok pesantren yang mencontohkan tentang mengembangkan pendidikan islam seperti yang di lakukan oleh rasulullah SAW yang tidak memendang antara ras,suku, dan yang lainnya.

Didalam pondok Pesantren Al Basyir Boarding School Bogor ini juga selalu mengutamakan empat landasan yang kuat, diantaranya adalah amanah, sidiqh, fathonah, Tabligh. Jadi hal ini lah yang membuat pondok Pesantren Al Basyir Boarding School Bogor ini terus berkembang dan menjadi salah satu pondok Pesantren Al Basyir Boarding School Bogor terfavorite di bogor.

7. Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor

Pesantren Darul Muttaqien Parung adalah salah satu pondok modern yang ada di daerah Bogor. Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung ini berdiri pada tahun 1088 M tanggal 18 Juli 1998. Pesantren Darul Muttaqien Parung ini terletak di Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Keadaan dari pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung sangat asri, sejuk karena mungkin memang Pesantren Darul Muttaqien Parung terletak di daerah perbukitan.

8. Pesantren Terpadu Al Kahfi

Pesantren Terpadu Al Kahfi berdiri pada tanggal 11 Agustus 199. Pesantren Terpadu Al Kahfi ini adalah salah satu pesantren yang merupakan naungan dari Yayasan Pedesaan Nusantara atau YPN. Pesantren Terpadu Al Kahfi ini didirikan oleh Hj. Endang Pujiastuti.

Pondok Pesantren Terpadu Al Kahfi ini terletak di Jl. SPN Lido, Srogol, Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Didalam pondok Pesantren Terpadu Al Kahfi ini awalmulanya hanya di bentuk jenjang pendidikan TK, Namun seiring dengan berkembangnya zaman pondok ini mulai membangun MI, SMP dan juga SMA.

9. Pesantren Modern Ar Ridho Sentul

Pondok Pesantren Modern Ar Ridho Sentul Bogor adalah salah satu pondok yang termasuk kedalam binaan pondok pesantren Gontor. Ekstakulikuler yang ada di pondok Pesantren Modern Ar Ridho Sentul Bogor juga cukup banyak fasilitasnya juga lengkap.

Didalam pondok Pesantren Modern Ar Ridho Sentul Bogor ini menerapkan dua program yaitu pendidikan agama dan juga pendidikan umum.   

10. Pesantren Modern Sahid Bogor

Pesantren Modern Sahid Bogor ini berdiri pada tanggal 27 Mei 2000. Saat ini pondok Pesantren Modern Sahid Bogor adalah salah satu pondok dengan taraf Internasional Mulai fari TK sampai dengan jenjang perguruan tinggi.

Pesantren Modern Sahid Bogor ini terletak di Padepokan Sahid Wisata Gunung Menyun Pemijahan Bogor.

11. Pesantren Darun Najah 2 Cipinang Bogor

Pesantren Darun Najah 2 Cipinang Bogor adalah pondok pesantri untuk putra dan putri yang termasuk kedalam pondok pesantren Modern. Pesantren Darun Najah 2 Cipinang Bogor ini terdapat jenjang pendidikan mulai dari TK sampai dengan SMA, bahkan perguruan tinggi pun ada di Pesantren Darun Najah 2 Cipinang Bogor ini.

12. Pesantren Madinatul Qur’an Bogor

Pesantren Madinatul Qur’an Bogor adalah salah satu pondok dengan memiliki pendidikan mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA ada di pesantren ini. Pesantren Madinatul Qur’an Bogor ini terletak di Daerah Jonggol Bogor Jawa Barat.

13. Pesantren Darun Najah

Pondok Pesantren Darun Najah ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari SD Sampai dengan perguruan tinggi. Pesantren Darun Najah di bentuk untuk santri putri dan juga santri putra. Pesantren Darun Najah ini juga menyediakan beberapa beasiswa untuk santri yang berprestasi dan kurang mampu.

14. Pesantren Madinatul Qur’an

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an adalah salah satu pondok yang menyediakan jenjang pendidikan mulai dari SD sampai SMA. Pesantren Madinatul Qur’an ini terletak di daerah Jonggol, Bogor Jawa Barat.

15. Pesantren Modern Sahid

Pesantren Modern Sahid adalah salah satu pondok dengan taraf Internasional dan merupakan pondok yang baru berdiri pada tahun 2000. Pesantren Modern Sahid adalah pesantren yang paling terkenal di Bogor dan termasuk kedalam pondok pesantren terfavorite.

16. Pondok Pesantren Darussalam

Informasi lainnya tentang adanya daftar nama PonPes terbaik di Bogor ialah Pondok Pesantren Darussalam yang beralamatkan di Jalan Raya Taman Pagelaran, RT.001/RW.02, Bubulak, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Untuk santri yang tinggal disini umumnya fasih dalam mempergunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

17. Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Daftar pesantren terbaik lainnya yang fokus dalam pembelajaran Al-Qur'an ialah Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Untuk alamatnya sendiri berada di Jalan Moh Noh Noer Rt.004/004 Kp. Banyusuci, Desa, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Fakta menarik yang haruslah diketahui bahwa di PonPes ini santrinya berjumlah ribuan dengan fasilitasnya hampir lengkap, dimana setiap tahun selalu ada pembangunan gedung atau fasilitasnya. Bahkan untuk masjidnya di jadikan basement untuk pertemuan dan acara anak-anak santri.

Nah, itulah tadi daftar tulisan tentang nama-nama Pondok Pesantren di Kota Bogor dari modern ataupun salafiah. Semoga dengan hadirnya tulisan ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi segenap pembaca. Trimakasih, 

Posting Komentar untuk "17+ Pondok Pesantren Terbaik di Bogor yang Modern dan Salafiyah"