Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16+ Pondok Pesantren Terbaik di Nusa Tenggara yang Bisa Menjadi Pilihan

Pondok pesantren adalah salah satu tempat yang memiliki peran penting untuk beberapa orang yang memang memilih untuk melanjutkan pendidikannya di bidang agama.  Disisi lainnya adanya sistem pengajaran dalam pondok pesantren ini memiliki tujuan yaitu untuk membentuk generasi-generasi yang cerdas, mandiri, dan juga mampu menjadi calon-calon pemimpin yang bertanggung jawab.

Namun terlepas dari itu semuanya, adanya pendidikan dan pengajaran dalam pondok pesantren ini terdapat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pesantren di Nusa Tenggara


Untuk saat ini banyak sekali pondok pesantren di Kepulauan Nusa Tenggara yang memiliki keunggulan sehingga menjadi pesantren yang terbaik di daerahnya dengan pengajaran modern ataupun sistem pengajaran salafiah atau tradisional.

Daftar Pondok Pesantren di Nusa Tenggara


Dalam hal ini ada 15 Pondok Pesantren terbaik yang ada di Nusa Tenggara, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya

Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya ini didirikan oleh Zainal Arifin Munir pada tahun 2000. Di dalam Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya ini juga tersedia jenjang pendidikan mulai dari pendidikan SMP sampai dengan SMA.

Santri yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya sampai saat ini telah mencapai 940 orang.

Didalam yayasan ini masih sangat mengedepankan agama di bandingkan dengan pendidikan umum, namun untuk pendidikan umum sendiri masih tetap ada. Tenaga pengajar yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya ini berjumlah 60 orang. 

2. Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang

Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang ini didirikan pada tanggal 1 Februari 1984 oleh Dr. KH Zulkifli Muhadli SH., MM., Sejak saat itu Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang ini memang telah di wakafkan jadi segala macam urusan ataupun kegiatan yang di lakukan di pondok ini untuk kemajuan masyarakat iu sendiri.

Maka dari itu tujuan dari di bentuknya Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang ini adalah untuk membentuk generasi baru yang ber akhlak mulia dan menjadi seorang pemimpin yang adil. Di dalam Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang ini juga ada jenjang pendidikan mulai dari agama sampai umum. Kurikulum yag di gunakan di Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang juga sangat khas yaitu kurikulum TMI.

3. Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat

Pondok Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat adalah salah satu pondok tertua yang ada di Nusa Tenggara. Pondok Pesantren ini adalah salah satu yang paling bersejarah untuk Indonesia, karena pada saat itu pondok pesantren ini pernah di jadikan asrama untuk orang-orang pada masa penjajahan dahulu.

4. Pondok Pesantren Qomarul Huda Lombok

Pondok Pesantren Qomarul Huda adalah saah satu pondok pesantren Nusa Tenggara Barat yang menyediakan jenjang pendidikan mulai dari pendidikan agama sampai dengan pendidikan umum. Didalam pondok ini juga menyediakan berbagai jenis fasilitas yang dibutuhkan oleh santri dengan lengkap.

Ekstrakulikuler yang ada di pondok pesantren di Kubupaten Lombok Tengah dengan nanama Pesantren Qomarul Huda ini cukup lengkap dan dapat menambah wawasan para santri yang ada di pondok Pondok Pesantren Qomarul Huda ini. Pondok Pondok Pesantren Qomarul Huda ini terletak di Desa Bagu, Kecamatan Pringgarata, Kubupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

5. Pondok Pesantren Modern Al Kasyif

Pondok Pesantren Modern Al Kasyif terletak di Dasan Baru, Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Pondok Pesantren Modern Al Kasyif adalah salah satu pondok yang memiliki peran penting di dalam masyarakat sekitar, hal ini di karenakan Pondok Pesantren yang berada di Kabupaten Lombok Barat ini dapat mewujudkan generasi yang baru, yang memiliki jiwa kepemimpinan yang adil dan bertanggung jawab. Maka dari itu tidak heran ekali jika banyak santri yang tinggal menetap di pondok ini. 

6. Pondok Pesantren Nurul Hakim

Pondok Pesantren Nurul Hakim merupakan sebuah pesantren yang ada di lombok yang terletak di jl. Taruna No. 5 Sedayu Kediri Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pondok Pesantren Nurul Hakim ini berdiri pada tahun 1387 H atau 1948 M.

Pondok Pesantren Nurul Hakim ini didirikan oleh Abdul Karim yang kemudian di lanjutkan oleh Shafwan Hakim yang telah memimpin pondok pesantren sampai saat ini. Didalam Pondok Pesantren Nurul Hakim ini terdapat beberapa jenjang pendidikan dari mulai TK sampai dengan SMA. 

7. Pondok Pesantren Islam Ibnu Mas’ud

Pondok Pesantren Islam Ibnu Mas’ud ini di bentuk pada tanggal 27 Rojab 1410 H atau 2 Februari 1990. Sistem pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Islam Ibnu Mas’ud ini adalah selama 24 jam penuh santri berada di bawah bimbingan para pengurus yang ada di pondok tersebut.

Tujuan dari dibentuknya Pondok Pesantren Islam Ibnu Mas’ud ini adalah dapat menyiapkan kader ulama Warotsatul Anbiya’ siap mengamalkan ilmu yang dimilikinya dengan fie sabilillah. 

8. Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya

Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya ini terletak di Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Ibukota Nusa Tenggara Barat. Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya berdiri pada tanggal 14 Juli 1971 atau 22 Rabi’ul Awwal 1318 H.

Pada saat itu Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya ini di rintis oleh Tuan Guru Haji Muhammad Najmuddin Makmun yang pada saat itu masih di beri nama dengan peguruan Nurul Yakin. 

9. Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan didirikan pada tahun 1934 dan pada tahun 1937 baru mendirikan sebuah Madrasah mulai dari madrasah Ibtidaiyah sampai dengan madrasah aliyah. Pendiri dari Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan ini adalah Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang telah mendapatkan perintah dari gurunya yaitu Hasan Muhammad AL- Masysyath di Mekkah.

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan ini terletak di Anjani Suralaya, Anjani, Selong, Kabupaten Lombok Timur Nusa tenggara Barat. 

10. Pondok Pesantren Al-Muwahhidin

Pondok Pesantren Al- Muwahhidin ini terletak di Jl. Wisata Banyumulek, Rumak, Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pondok Pesantren Al- Muwahhidin ini di jadikan sebagai salah satu sumber untuk menambah pengetahuan islam, bahasa tentan al- quran dan ilmu pengetahuan umum bisa di dapatkan di Pondok Pesantren Al- Muwahhidin ini.

Maka dari itu Pondok Pesantren Al- Muwahhidin memiliki peran penting banyak.  di dalam masyarakat yang ada di sekitar pondok ini. 

11. Pondok Pesantren Al Aziziyah

Pondok Pesantren Al Aziziyah adalah pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1986. Didalam pondok pesantren ini sering sekali di gunakan untuk tempat pengajian.

Didalam Pondok Pesantren Al Aziziyah ini terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari TK sampai dengan SMA ada di pondok ini. Fasilitas yang di sedikan di Pondok Pesantren Al Aziziyah ini cukup lengkap dan ekstrakuler yang ada juga cukup 

12. Pondok Pesantren Abu Hurairrah Mataram

Pondok Pesantren Abu Hurairrah Mataram adalah salah satu pondok pesantren yang memadukan antara kurikulum pengajaran ilmu syar’i dengan ilmu umum. Pondok Pesantren Abu Hurairrah Mataram ini berdiri di tengah jantung kota mataram, Nusa tenggara barat.

Santri yang ada di pondok ini telah banyak dan di percaya dapat membuat santri-santri menjadi seorang yang memiliki akhlak yang baik. 

13. Pondok Pesantren As- Sunnah

Pondok Pesantren As-Sunnah adalah pondok pesantren yang terletak di Jalan Raya Labuhan lombok No.14, Kembang Kerang, Aikmel Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Dimana untuk orangtua yang berasal dari NTT ataupun NTB bisa menitipkan anaknya untuk tinggal di pondok pesantren yang berada di Kabupaten Lombok Timur ini.

14. Pondok Pesantren Darul Muhibbin Nw Mispalah

Pondok Pesantren Darul Muhibbin Nw Mispalah adalah bagian dari adanya daftar pondok pesantren terbaik di wilayah Nusa Tenggara yang didirikan pada tanggal 7 April 2007 dan terletak di Kampung Mispalah.

15. Pondok Pesantren Asy Syafi’iah

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah pada faktanya didirikan pada tahun 1934 oleh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang telah mendapatkan perintah dari gurunya yaitu Hasan Muhammad Al-Masysyath di Mekkah.

16. Pondok Pesantren Al-Hikmah

Informasi tentang adanya pondok pesantren yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur barangkali tidak sebagai daftar pondok pesantren yang ada di Nusa Tenggara Barat. Meskipun demikian salah satu rekomendasi terbaik PonPes di NTT bernama Pondok Pesantren Al-Hikmah yang beralamatkan di Jalan Lapangan Tembak No.15, Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai daftar nama-nama pondok pesantren di daerah Nusa Tenggara. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca. Trimakasih, 

Posting Komentar untuk "16+ Pondok Pesantren Terbaik di Nusa Tenggara yang Bisa Menjadi Pilihan"