Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Pondok Pesantren Terbaik di Aceh yang Modern dan Salafiyah Terlengkap

Pondok Pesantren Terbaik di Aceh
Aceh adalah sebuah daerah yang berada di Indonesia yang sudah terkenal sebagai salah satu daerah yang selalu menjalankan Syareat Agama Islam secara penuh. Maka dari itu tidak heran jika di Provinsi Aceh yang ada Pulau Sumatra ini telah banyak kita temui model pendidikan yang berbeda-beda, salah satunya adalah Pondok Pesantren.

Dimana khusus untuk pondok pesantren di Aceh tersebar di berbagai wilayah, untuk penyebutannya sendiri PonPes di wilayah ini ialah dayah. 

Pondok Pesantren di Aceh


Dalam hal ini ada beberapa pondok pesantren yang ada di Provinsi Aceh yang perlu diketahui, diantaranya ada yang bersifat modern dan juga salafiah begitujuga dalam ajarannya ada yang salafi, NU, ataupun Muhammdyah.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Provinsi Aceh


Berikut ini adalah daftar lengkap tentang nama-nama pondok pesantren di Provinsi Aceh yang bisa dibagikan kepada pembaca sekalian. Yakni;

1. Pondok Pesantren Dayah Modern Darul Ulum YPUI

Pondok pesantren Dayah Modern Darul Ulum YPUI adalah salah satu jenis pondok pesantren modern yang ada di Nanggro Aceh Darussalam yang telah berdiri pada tanggal 01 Juni 1990. Pondok pesantren Dayah Modern Darul Ulum YPUI ini telah dibangun di tanah seluas 48,938 m3 dan terletak di Banda Aceh. Pondok pesantren Dayah Modern Darul Ulum YPUI ini adalah salah satu pondok yang tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam, namun juga untuk umum.

Masa pendidikan yang ada di pondok pesantren di Banda Aceh ini adalah dari 3 sampai dengan 6 tahun untuk pendidikan SMP dan SMA. Pondok pesantren Dayah Modern Darul Ulum YPUI ini sudah menganut sistem pembelajaran yang modern. Mengikuti perkembangan zaman saat ini yang semakin hari bisa saja terus mengalami perubahan.

2. Pondok Pesantren Sulaimaniyah

Pondok pesantren Sulaimaniyah adalah salah satu pondok yang telah berdiri pada tahun 2002. pondok pesantren Sulaimaniyah ini adalah salah satu pondok yang masih muda di Aceh. Namun perkembangan yang di hasil kan dari pondok pesantren Sulaimaniyah ini sangatlah pesat. Pondok pesantren Sulaimaniyah ini telah berhasil meluluskan santri-santri yang memiliki prestasi yang sangat bagus.

Sehingga banyak alumni dari pondok pesantren Sulaimaniyah yang meneruskan pendidikannya di Luar Negeri yaitu di Turki. Didalam pondok pesantren Sulaimaniyah ini tidak hanya mempelajari tentang agama Islam saja, namun juga untuk pendidikan umum, sehingga tidak heran jika skill yang di miliki oleh santri akan dapat terlihat, apalagi jika di dalam pondok pesantren Sulaimaniyah ini terdapat ekstrakulikuler yang pastinya akan dapat membuat santri mengeluarkan dan mengembangkan bakat yang dimilikinya tersebut.

Sehingga setelah lulus dari pondok pesantren Sulaimaniyah ini santri akan mendapatkan bekal dan keahliannya yang akan berguna untuk masa tuannya nanti.

3. Pondok Pesantren Modern TGK. Chik Oemar Diyan

Pondok pesantren Modern TGK. Chik Oemar Diyan adalah salah satu pondok yang menggunakan model pembelajaran atau sistem pembelajarannya adalah pondok modern yang telah mengikuti perkembangan zaman sekarang. pondok pesantren Modern TGK. Chik Oemar Diyan ini berdiri pada tahun 1990.

Dan telah berhasil meluluskan santri-santri dengan akhlak yang bagus dan memiliki jiwa islami yang berkualitas. Pondok pesantren Modern TGK. Chik Oemar Diyan ini adalah salah satu pondok yang terletak di Desa Kruang Lamkareung di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Pondok pesantren Modern TGK.

Chik Oemar Diyan bukan hanya mempelajari tentang pendidikan agama saja namun juga pendidikan formal ada di pondok pesantren Modern TGK. Chik Oemar Diyan ini. Sehingga dalam hal ini sudah tidak perlu diragukan lagi perkembangan yang dimiliki oleh pondok pesantren Modern TGK. Chik Oemar Diyan yang semakin pesat ini.

4. Pondok Pesantren Dayah Darussalam

Pondok pesantren Dayah Darussalam adalah salah satu pondok tertua yang ada di Aceh. pondok pesantren Dayah Darussalam ini masih menggunakan sistem atau model pembelajarannya adalah Salafiah. Yang telah mengejarkan ilmu Tasawuf, Ilmu Fiqih, dan juga ilmu agama islam yang lainnya yang paling lama yang masih tetap di lakukan sampai saat ini.

Pondok pesantren Dayah Darussalam ini terletak di desa Labuhan Haji di Kabupaten Aceh Selatan. Namun pondok pesantren di Aceh Selatan ini juga terdapat pendidikan umumnya . Sehingga santri tidak hanya akan memperoleh ilmu akhirat saja namun juga ilmu dunia santri akan mendapatkannya.

5. Pondok Pesantren Dayah Mudi Mesra

Pondok pesantren Dayah Mudi Mesra adalah salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Aceh. Pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bireun ini juga sudah terkenal bahwa lulusan dari pondok ini akan menjadi seorag santri-santri dengan kualitas keislamannya sudah tidak perlu di ragukan lagi. pondok pesantren Dayah Mudi Mesra ini terletak di Desa Samalanga Kabupaten Bireun, Provinsi Aceh.

6. Pondok Pesantren Usmaniyah

Pondok pesantren Usmaniyah adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Lampoh, Jalan Tgk. No. 14, Kecamatan Baitu rahman Kota Banda Aceh. Pondok pesantren Usmaniyah pondok yang paling banyak santrinya. Bangunan yang ada di pondok pesantren Usmaniyah ini juga bagus. Sehingga tidak heran jika banyak sekali yang ingin menimba ilmu di pondok pesantren Usmaniyah ini.

Pondok ini menggunakan sistem atau model pembelajarannya adalah salafiah. Namun di samping itu pondok pesantren Usmaniyah ini ada pendidikan formal yang menyidiakan berbagai jenis ekstrakulikuler. Sehingga santri dapat mengembangkan ilmu yang telah dimilikinya baik itu ilmu umum atau ilmu akhirat.

7. Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok pesantren Darul Ulum adalah salah satu pondok pesantren yang terbaik yang ada di Aceh. Pondok pesantren Baitturahman ini terletak di Jalan Syiah Kuala No. 25 Kecamatan Kuta Alam. Pondok pesantren Darul Ulum adalah pondok pesantren terbaik dan juga pondok modern, yang tidak hanya menyediakan tentang pendidikan akhirat saja namun juga pendidikan dunia ada di Pondok pesantren Darul Ulum ini.

Banyak sekali telah kita temui bahwa pondok ini telah banyak meluluskan santri – santri terbaik sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Bukan hanya itu saja dengan adanya ekstrakulikuler yang ada di Pondok pesantren Darul Ulum ini maka peserta didik dapat mengembangkan skill yang dimilikinya tersebut.

8. Pondok Pesantren Dayah Terpadu Insyafudin

Pondok pesantren Dayah Terpadu Insyafudin adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Mujair No.1A Kecamatan Kuta Alam. Pondok pesantren Dayah Terpadu Insyafudin adalah salah satu pondok terbaik yang ada di Aceh.

Pondok ini adalah pondok yang paling menunjukkan perkembangannya dari tahun ketahun. Sehingga dalam hal ini Pondok pesantren Dayah Terpadu Insyafudin ini sangat disegani oleh masyarakat sekitar.

Pondok pesantren Dayah Terpadu Insyafudin juga tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja namun juga pendidikan formal. Jenjang pendidikan yang ada di Pondok pesantren Dayah Terpadu Insyafudin ini mulai dari SD, SMP, SMA ada di Pondok pesantren Dayah Terpadu Insyafudin ini.

9. Pondok Pesantren Al- Ikhlas

Pondok pesantren Al- Ikhlas adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Tgk. Abdul Rahman No. 3 LC Kecamatan Kuta alam. Pondok pesantren Al-Ikhlas bukan hanya mempelajari tentang pendidikan akhirat namun juga pendidikan dunia.

Dalam hal ini Tujuan di bangunnya Pondok pesantren Al-Ikhlas ini adalah untuk membentuk karakter santri agar dapat menjadi santri yang bertaqwa, berilmu dan juga memiliki wawasan yang luas, dapat mengeluarkan jiwa kepemimpinannya dan selalu bertanggungjawab dengan apa yang di
lakukannya serta mandiri.

Pondok pesantren Al-Ikhlas adalah salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Aceh dan sudah berkembang dengan sangat pesat. Bahkan lulusan dari Pondok pesantren Al- Ikhlas ini telah menjadi pengurus di pondok ini juga.

10. Pondok Pesantren Raudhatul Wustha

Pondok Pesantren Raudhatul Wustha adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Malem Dagang Baitai Kecamatan Jaya Baru. Pondok Pesantren Raudhatul Wustha adalah pondok terbaik yang ada di Aceh. Pondok Pesantren Raudhatul Wustha ini adalah salah satu pondok modern yang ada di Aceh dan sudah terkenal di berbagai daerah.

Pondok Pesantren Raudhatul Wustha adalah juga telah meluluskan santri-santri yang berkualitas dengan akhlaq yang baik dan juga berkualitas. Maka dari itu tidak heran jika banyak dari berbagai daerah ingin menimba ilmu di pondok ini.

11. Pondok Pesantren Darul Amin Gontor 10

Nama lain yang menjadi info pondok pesantren terbaik di Provinsi Aceh lainnya ialah Pondok Pesantren Darul Amin Gontor 10 dimana PonPes ini menjadi cabang dari adanya Pondok Modern Darussalam Gontor di Jawa.

Namun yang perlu diketahui pembangunan pondok pesantren ini dilakukan pasca musibah gempa dan gelombang tsunami yang menimpa Nangroe Aceh Darussalam. Adapun alamatnya sendiri berada di Kabupaten Aceh Besar.

Nah, itulah tadi tulisan mengenai kumpulan daftar nama-nama pondok pesantren di Provinsi Aceh dan alamatnya. Semoga artikel info pesatren ini bisa memberikan pengetahuan kepada segenap pembaca sekalian.

4 komentar untuk "11+ Pondok Pesantren Terbaik di Aceh yang Modern dan Salafiyah Terlengkap"

Ilme Teuidang 1 Oktober 2021 pukul 10.03 Hapus Komentar
Sangat membantu
Admin 26 Mei 2022 pukul 16.30 Hapus Komentar
Trimakasih kak :)
Anonim 14 November 2023 pukul 17.52 Hapus Komentar
Ada satu Pesantren yg tidak masuk survei padahal sangat bagus menurut kami. Yaitu Pesantren Teknologi MSBS Jantho. Yang baru saja mendapatkan status Pesantren Unggulan dan terbaik No 1 di Aceh Versi Bank Indonesia.
Anonim 14 November 2023 pukul 21.59 Hapus Komentar
Pesantren Sulaimaniyah dan pesantren Utsmaniyah dimana alamatnya??