5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Sampang yang Terkenal


Salah satu kabupaten di di Jawa Timur yang terletak di Pulau Madura adalah Kabupaten Sampang. Terkenal dengan beberapa situs sosial budaya yang banyak dijadikan tujuan ziarah, Kabupaten Sampang juga memiliki beberapa pondok pesantren.

Bagi Anda yang ingin mengetahui pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya wilayah Sampang, berikut daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sampang.

Pesantren di Sampang


Kondisi masyarakat yang cukup religius mendorong berkembangnya pondok pesantren di Kabupaten Sampang. Pondok pesantren di Kabupaten Sampang sendiri menyebar di seluruh wilayah dengan santri yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Banyaknya santri yang bermukim di pesantren sendiri tidak hanya untuk memperdalam agama islam saja. Para santri juga bisa mengeyam pendidikan formal dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan ketrampilan santri.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sampang


Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sampang dapat menjadi rujukan Anda untuk memperoleh informasi lengkap pesantren.

Tidak hanya mengenai informasi alamat pesantren saja yang akan diperoleh, tetapi juga fasilitas dan pola pengajaran yang akan menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memilih pesantren.

Pondok Pesantren Al Mubarok Lanbulan

Pondok Pesantren Al Mubarok Lanbulan terletak di Batorasang, Tambelang, Sampang. Pesantren ini telah berdiri sejak tanggal 2 Mei 1952 yang santrinya berasal dari masyarakat sekitar. Seiring bertambahnya waktu, pesantren cukup dikenal dan banyak santri dari berbagai wilayah.

Hanya saja pesantren ini tidak menyediakan pendidikan formal dan hanya mengajarkan kitab kuning dan pengajaran agama islam melalui pendidikan madrasah diniyah.

Meskipun tidak tersedia pendidikan formal, santri tetap bisa mengembangkan ketrampilannya melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan pihak pesantren.

Pondok Pesantren Nazhatut Thullab

Pondok Pesantren Nazhatut Thullab merupakan pondok pesantren tertua di Pulau Madura yang telah didirikan sejak awal tahun 1700-an. Terletak di Prajjan, Sampang, pesantren ini tidak hanya berfokus pada pendidikan agama islam saja.

Beberapa lembaga pendidikan didirikan untuk mengembangkan pendidikan, seperti Madrasah Diniyah, MTs, MA, SMA, SMK, serta perguruan tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nazhatut Thullab (STITNAT) dan AKPER Nazhatut Thullab.

Pondok Pesantren Al Ihsan Jrangoan

Pondok Pesantren Al Ihsan Jrangoan merupakan pondok pesantren di Kabupaten Sampang yang terletak di Jrangoan, Omben, Sampang. Pesantren ini masih memegang ajaran salafussalih dengan mengkombinasikan dengan fasilitas pendidikan formal untuk santrinya.

Pendidikan formal yang tersedia di pesantren ini diantaranya RA, MI, MTs, dan MA. Selian fokus pada pendidikan agama islam, pesantren juga menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler untuk para antri, seperti bela diri, paskibra, marching band, PMR, pramuka, dan sepak bola.

Pondok Pesantren Karangdurin

Pondok Pesantren Karangdurin merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Pulau Madura, tepatnya di daerah Karang Penang, Sampang. Pesantren ini memiliki santri yang cukup banyak dan berjumlah lebih dari 2000 santri yang berbagai daerah.

Selain untuk memperdalam ilmu agama islam, di pesantren ini juga difasilitasi dengan pendidikan formal. Pesantren juga fokus pada santri yang beretika dan memiliki akhlak yang baik.

Pondok Pesantren At-Taroqqi

Berdiri sejak tahun 1963, Pondok pesantren At-Taroqqi merupakan salah satu pesantren di Sampang yang terletak di Jalan Raya Karongan, Tanggumong, Sampang. Tak hanya santri yang berasal dari Pulau Madura saja yang ingin memperdalam ilmu agama islam di pesantren ini, banyak pula santri dari luar pulau yang bermukim di Pesantren At-Taroqqi.

Kegiatan yang ada di pesantren ini cukup padat, mulai dari pagi hingga tengah malam. Santri tak hanya belajar agama islam saja, ada pula pendidikan formal yang bisa diikuti para santri di pagi hari. Untuk mengembangkan ketrampilan para santri, pihak pesantren juga sudah menyediakan aneka kegiatan ekstrakurikuler, seperti kaligrafi, hadrah, dan menjahit.

Pondok Pesantren Tanwirul Islam

Terletak di Tanggumong, Sampang, Pondok Pesantren Tanwirul Islam memiliki santri yang tidak hanya berasal dari Madura saja. Pesantren ini tidak hanya fokus pada pengembangan agama islam untuk para santri saja, tetapi juga memberdayakan masayarakat dan melakukan syiar melalui pengajian rutin.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sampang dapat menjadi referensi Anda untuk memiliki pesantren yang tepat. Mengetahui fasilitas dan program pesantren menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih pesantren di Sampang.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Sampang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel