4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Temanggung yang Terbaik

Pesantren di Temanggung

Kabupaten Temanggung adalah kabupaten di propinsi Jawa Tengah yang letak geografisnya didominasi area pegunungan dan dataran tinggi. Bahkan Temanggung adalah salah satu kabupaten di Jateng yang termasuk kawasan pegunungan Dieng.

Di sini pertumbuhan pondok pesantren cukup pesat yang list-nya bisa dilihat pada daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Temanggung.

Pesantren di Temanggung


Seluruh pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Temanggung mengusung visi mencetak para santri yang beriman, berakhlak dan berilmu. Maka dari itu, diharapkan dari ponpes-ponpes tersebut akan dilahirkan generasi penerus bangsa yang militan, patriotik dan cinta agama.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Temanggung


Pondok pesantren di Temanggung tidak hanya menggodok pembelajaran terkait keilmuan semata. Aktifitas sosial juga dijalankan seperti bakti sosial, ziarah kubur hingga aktif dalam acara even se-ponpes maupun antar pondok pesantren. Ini dia nama pondok pesantren di Kabupaten Temanggung dengan program-program lengkap:

Pondok Pesantren Hidayatullah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Temanggung yang pertama adalah Ponpes Hidayatullah. Di pondok ini para santri tidak hanya diajarkan tentang adab belajar saja tetapi tata krama kepada kedua orang tua juga dibahas detail.

Visi pondok sendiri adalah mencetak para santri yang cerdas serta berbakti. Karena filosofi para pendiri pondok ialah tidak akan ada kesuksesan anak jika tidak disertai dengan doa yang ikhlas dari kedua orang tuanya.

Di sini sudah dibangun lembaga pendidikan non formal Tahfidz Quran. Sedangkan lembaga formal yang disediakan ada PAUD, SD, SMP dan Aliyah. Untuk mondok di Hidayatullah silakan mendatangi alamat Tuksongo, Nglorog, Kec. Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ponpes Raudhatul Huda

Pondok pesantren Raudhatul Huda adalah lembaga pendidikan islam yang memfokuskan kurikulumnya untuk mencetak pemuda Temanggung agar cinta agama dan NKRI. Bahkan para ustadz dan pengurus bersedia menanamkan pilar kepemudaan seperti beriman, berilmu, beradap dan beramal.

Salah satu program unggulan di pondok pesantren Raudhatul Huda adalah melakukan silaturrahmi antar pondok pesantren yang berafiliasi ke Nahdhotul Ulama atau NU. Diharapkan dari program ini terjalin sinergi yang baik antar santri untuk menjaga keutuhan umat.

Untuk pembelajarannya sendiri sudah menggunakan sistem salaf dipadukan dengan gaya belajar modern. Sedangkan salah satu kitab yang masih diajarkan secara sorogan atau tradisional adalah syarah Irsyadul Ibad. Untuk mondok di sini silakan datangi wilayah Kerokan, Kelokan, Kutoanyar, Kedu, Temanggung.

Ponpes Darul Muttaqin

Ponpes Darul Muttaqin adalah pondok pesantren yang menggabungkan antara pelajaran keagamaan dengan seni. Tidak hanya pembacaan sholawat Ad diba’i dan barzanjhi, di pondok ini para santri juga belajar teater dan membuat film pendek.

Ponpes Darul Muttakin memiliki pendidikan formal dari SD hingga Aliyah. Fasilitas di lembaga pendidikan tersebut juga lengkap bahkan sudah dibangun laboratorium komputer dengan sarana teknologi yang canggih.

Keunggulan lainnya ialah di ponpes ini para santri benar-benar dikembangkan dengan baik. Maka dari itu, banyak prestasi yang telah diukir seperti menjadi juara debat ilmiah, puisi hingga even olimpiade. Pondok pesantren yang cukup megah ini beralamat di Dsn. Bolong, Ds. Ngaditirto, Kec. Selopampang, Kab. Temanggung.

Ponpes Qoshrul Arifan

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Temanggung yang ke empat adalah ponpes Qoshrul Arifan. Ini merupakan pondok yang cukup lama berdiri bahkan pernah menjadi simbol islam di jaman para wali.

Di pondok ini para santri digodok pembelajaran berbasis agama dan umum. Bahkan kajian Ulumul Quran diperbanyak semata untuk mencetak para santri menjadi cendekiawan muslim yang berjiwa Qurani.

Uniknya, di pondok ini para santri diwajibkan mengikuti pelatihan Qiroah. Mereka dilatih secara khusus oleh ustadz berpengalaman dan berprestasi. Selain itu, di hari-hari khusus para santri juga diwajibkan mengikuti program bakti sosial bersama.

Pondok pesantren ini bisa ditemukan di wilayah Maliyan, Temanggung, Gemoksari, Butuh, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Semua pondok pesantren di atas ada dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Temanggung yang berfasilitas lengkap. Maka dari itu, jika ingin nyantri silakan dipilih salah satu sesuai keinginan. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Temanggung yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel