5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Kebumen yang Terkenal

Pesantren di Kebumen

Kabupaten Kebumen merupakan salah satu kabupaten di pesisir pantai selatan Jawa. Dengan penduduk mayoritas muslim, terdapat cukup banyak daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Kebumen ini.

Setidaknya, pertahun 2017 lalu, pondok pesantren yang masuk data Kemenag ada sekitar 70-an pondok pesantren.

Pesantren di Kabupaten Kebumen


Meskipun pondok pesantren di Kabupaten Kebumen masih cukup banyak, ternyata jumlahnya sudah jauh berkurang. Pasalnya, pada tahun 2013, Kabupaten Kebumen pernah memiliki 179 pondok pesantren. Artinya, ada sekitar 100 lebih pondok pesantren yang mati di Kabupaten Kebumen.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kebumen


Dari seluruh daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Kebumen yang masih tetap aktif per tahun 2017 lalu, akan disebutkan di bawah ini. Memang tidak semuanya. Melainkan hanya beberapa saja. Untuk itu, Anda masih akan perlu melengkapi serta mencari referensi lain terkait pondok pesantren di Kebumen.

Pesantren Al-Istiqomah Petanahan Kebumen

Pondok pesantren ini dirintis oleh KH. Abdullah Mukti. Sempat vakum selama beberapa tahun, aktivitas dakwah di pesantren ini mulai kembali terlihat pada saat putra sulungnya kembali dan melanjutkan pesantren tersebut.

Pondok pesantren ini menyelenggarakan pendidikan madrasah diniyyah dengan tiga tingkatan. Tingkatan pertama adalah tingkatan awwaliyah. Tingkatan kedua adalah tingkatan wustha, serta tingkatan ulya untuk tingkat akhir. Pesantren ini juga memiliki yayasan yang kemudian melahirkan lembaga pendidikan.

Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyyah, serta Madrasah Aliyah. Alamat pondok pesantren ini adalah Jalan Raya Sokka-Petanahan, Dusun Pejaten, Desa Grogolpenatus, Kecamatan Petanahan.

Pondok Pesantren Darussa’adah Kebumen

Di mana lokasinya? Lokasi pondok pesantren ini ada di Dusun Mendit, Desa Kritig, Kecamatan Petanahan. Pesantrennya terdiri dari pesantren putra dan pesantren putri. Madrasah diniyyah yang menjadi madrasah untuk menuntut ilmu-ilmu agama diselenggarakan pula di pesantren Darussa’adah.

Aktivitas santri yang akan selalu Anda temukan di sana adalah hafalan dan pengajian bandongan.
Selain pendidikan nonformal, Pondok Pesantren Darussa’adah juga memiliki pendidikan formal yang bernaung di bawah yayasan pondok pesantren tersebut. Pendidikan formal tersebut adalah:

  1. Raudlatul Athfal atau RA
  2. Madrasah Ibtidaiyyah atau MI
  3. Madrasah Tsanawiyah atau MTs
  4. Madrasah Aliyah atau MA


Pondok Pesantren Al Kamal Tambaksari

Yang menarik, pondok pesantren ini bernaung di bawah Yayasan Nurul Ihsan. Alamat pondok pesantren ini sendiri adalah di Jalan Karangbolong No.120 RT 02 RW 04, Desa Tambaksari, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen.

Di dalam pondok pesantren ini, sistem pendidikan agama bertumpu pada madrasah diniyyah yang diselenggarakan.

Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan formal, dibentuklah unit pendidikan Madrasah Tsanawiyyah plus. Untuk unit pendidikan lanjutan, dibentuk juga Madrasah Aliyah, serta Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK.

Pondok Pesantren Husnul Hidayah

Letak pondok pesantren ini ada di Desa Karangtanjung, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen. Kajian utama di pondok pesantren ini adalah kajian kitab kuning. Sistem pengajian yang digunakan adalah sorogan. Dua di antara kitab yang dijadikan bahan untuk sorogan adalah Kitab Safinatunnajah dan Sulamut Taufiq.

Selain menjadi tempat mengkaji kitab kuning, pondok pesantren ini juga menjadi tempat untuk menghafal Al-Qur’an.

Meski demikian, santri juga diperbolehkan menyimakkan bacaan Al-Qur’an saja tanpa menghafal hingga khatam. Qiraah Al-Qur’an yang digunakan adalah qiraah Imam Ashim yang diriwayatkan Imam Hafsh.

Pondok Pesantren Al Falah Somalangu

Pondok pesantren ini terletak di Dusun Somalangu, RT 2 RW 2, Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Berdiri pada tahun 1992, pondok pesantren ini diasuh oleh KH. Agus Musyafa atau Gus Musafa.

Kajian utama di pondok pesantren ini adalah kitab kuning. Sistem pengajian yang digunakan adalah sistem bandongan, sorogan, juga syawir atau lebih dikenal dengan musyawarah. Selain itu, Pondok Pesantren Al Falah juga menyelenggarakan madrasah diniyyah untuk menunjang pendidikan agama di dalam pesantren tersebut.

Lima dari daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Kebumen tampaknya cukup membantu Anda. Terutama jika Anda mencari referensi pondok pesantren yang memiliki pendidikan formal serta bagaimana pengajaran di dalamnya. Namun, pastikan untuk terus menggali informasi terkait pondok pesantren yang Anda inginkan.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Kebumen yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel