5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Sumedang yang Terkenal

Pesantren di Sumedang

Kabupaten Sumedang adalah wilayah kabupaten di Jabar. Kota administratif kabupaten ada di kecamatan Sumedang utara. Maka dari itu, sebagian besar daftar nama pondok pesantren di kabupaten Sumedang ada di wilayah ini.

Pesantren di Sumedang


Pondok pesantren Sumedang menerapkan sistem ajar salaf khalaf yang bagus. Ini sesuai visi mencetak santri berkualitas, berilmu dan beriman. Oleh sebab itu, di pondok ini siap dilahirkan santri mumpuni dan bermutu.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Sumedang


Pesantren di Sumedang tidak hanya mengajarkan agama tetapi juga bakti sosial. Bahkan ada beberapa pondok menggratiskan biaya belajar untuk santri tidak mampu. Berikut pondok pesantren Sumedang yang bisa dijadikan solusi pendidikan islam terbaik:

Pesantren Asyirofudin

Pondok pesantren Asyrofudin Sumedang adalah ponpes tertua di Sumedang. Kabarnya lembaga ini berdiri tahun 1846.

Awalnya pondok adalah sarana pengajian yang dilakukan masyarakat setempat. Karena peminatnya banyak maka kegiatan mulai dirubah menjadi agenda pendidikan. Lalu lahirlah pondok pesantren Asyirofudin.

Saat ini pondok pesantren berkembang sangat pesat. Bahkan pendidikan formal yang diampu sudah banyak diantaranya RA dan STAI Asyirofudin. Pondok pesantren yang mengajarkan agro bisnis dan pembangunan rumah ini berada di Cipicung Conggeang Sumedang.

Pesantren Zumrotul Muttaqien

Pesantren Zumrotul Muttaqien tidak tergolong klasik karena berdiri tahun 1990. Sekalipun begitu, santri yang bergabung sangat banyak. Bahkan saat ini sudah berjumlah ratusan orang. Para santri tersebar di beberapa lembaga pendidikan seperti RA, MTS dan Aliyah. Mereka juga diikutsertakan program belajar Madrasah Diniyah dan Tahfidz Quran.

Prioritas pendidikan di pondok adalah pemantapan kedisiplinan santri. Makanya di hari-hari tertentu mereka diwajibkan berbahasa Inggris dan Bahasa Arab. Mereka juga harus terampil berdiskusi ilmiah. Pondok yang juga mengajarkan bela diri ini beralamat di Desa Situraja Utara Kec. Situraja Kabupaten Sumedang.

Ponpes Darul Quran

Pondok pesantren Darul Quran didirikan tahun 1985 oleh ulama kharismatik Sumedang KH. Raden Muhammad Ilyas. Hingga saat ini pondok berkembang bahkan sudah memiliki dua cabang di Cimalaka dan Paseh.

Salah satu keunggulan pondok ialah mendidik santri terampil Qiroah. Ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih santri di tingkat nasional.

Di pondok yang tidak wajib mukim ini sebagian besar santri adalah pelajar. Mereka mondok sehabis pulang sekolah. Sekalipun begitu jumlah santri masih banyak bahkan sejak berdiri hingga sekarang sudah meluluskan ribuan santri.

Pondok yang hanya memiliki satu lembaga formal MTS ini berada di alamat Prapatan Cimalaka Sumedang.

Pesantren Al Makmun

Pesantren Al Makmun adalah pondok pesantren yang terkenal di Sumedang. Hal ini disebabkan pembangunan lembaga yang terus digalakkan. Bahkan tahun 2005 dibangun SMK Al Makmun yang berhasil menyerap siswa ratusan orang.

Di pondok ini materi ajar keagamaan sangat lengkap. Dari nahwu sorof hingga tarikh dan ulumul hadist. Sedangkan untuk bidang bakat sudah diadakan ekstra kurikuler latihan pidato, jurnalistik dan Qasidah.

Semua program diajarkan semata untuk mencetak santri tidak hanya beriman dan berilmu tetapi juga berbakat dan mandiri. Maka dari itu, pondok pesantren yang ada di Desa Gunturmekar Tanjungkerta Kab. Sumedang ini layak menjadi pilihan.

Ponpes Miftahul Hasanah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sumedang yang kelima adalah Ponpes Miftahul Hasanah. Ini merupakan pesantren besar karena jumlah santrinya mencapai ratusan orang.
Padahal pesantren menerapkan sistem belajar tradisional atau salafiyah. Yang mana pendidikan keagamaan lebih kental dibandingkan pendidikan umum.

Untuk pendidikan formal ada dua lembaga yaitu MTS dan Aliyah. Ini tidak khusus santri mukim masyarakat setempat dekat pondok juga dipersilakan menjadi siswanya.

Pondok pesantren yang dibangun megah ini berada di Jalan Genteng Blok Citepus Desa Sukaluyu Sukasari Sumedang.

Lembaga pondok pesantren adalah sarana pendidikan prioritas di Sumedang. Maka dari itu, daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sumedang jumlahnya terus ditingkatkan

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Sumedang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel