Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pesantren di Kabupaten Tabanan Yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Tabanan

Kabupaten Tabanan yang ada di Pulau Bali ini lokasinya berada dekat dengan kota Denpasar yaitu hanya sekitar 35 km. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa daerah di Nusantara. 

Perbatasan kabupaten Tabanan ini antara lain seperti di bagian utara berbatasan dengan kabupaten Buleleng, sebelah timur dengan kabupaten Badung, di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia dan terakhir di bagian barat berbatasan dengan kabupaten Jembrana. Selain itu, kabupaten ini juga dikenal memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Namun terkadang juga diselingi dengan musim pancaroba. 

Pesantren di Tabanan

Walaupun mayoritas penduduk di kabupaten Tabanan Pulau Bali adalah non muslim, namun toleransi antar sesama umat beragama disana sangatlah baik dan perlu untuk, ditiru. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya beberapa lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren yang terus dikembangkan pada kabupaten Tabanan Bali.

Bahkan ponpes yang ada di kabupaten tersebut berusaha untuk tetap melaksanakan visi dan misi yang telah dibuat sejak awal pembangunan pesantren agar terwujud generasi islam yang memiliki wawasan luas, namun tetap memiliki akhlak mulai, beriman dan bertaqwa. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tabanan

Berikut dibawah ini yang merupakan contoh daftar nama pondok pesantren di Bali, khususnya Kabupaten Tabanan, antara lain;

1. Raudlotul Huffadz 

Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz berdiri pada tahun 1980 dan didirikan oleh seseorang yang asalnya dari Demak yaitu bernama KH. Noor Hadi. Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz beralamat di Jl. Ahmad Yani Gg. Kamboja I No. 4.

Pesantren ini berfokus pada sistem pendidikan penghafalan quran. Pesantren ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas atau sarana prasarana yang membuat para santri lebih nyaman dan kosentrasi belajar di ponpes, fasilitas tersebut antara lain seperti masjid, asrama santri, lapangan, koperasi santri, laboratorium komputer, asrama pengasuh, dapur, dan klinik kesehatan.

Sedangkan kegiatan ekstrakurikulernya meliputi marawis, baca kitab kuning, Seni baca Al-Qur'an, pidato, bahasa asing, pramuka, komputer, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola.

2. An Nur

Pondok Pesantren An Nur berdiri pada tahun 1970. Pondok Pesantren An Nur beralamat di Jl. Kamboja Gang. VIII No. 9 Tunggal Sari.

3. Tarbiyatul Islam

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam beralamat di Jln.Elang No 3 Dajan Peken Tabanan -Bali. Ponpes Tarbiyatul Islam selain memberikan bekal pengetahuan agama islam kepada para santrinya juga mengasah skill para santri melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di ponpes.

Beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler di ponpes ini yaitu seperti karate, basket, futsal, grup belajar, dan lain-lain. Selain itu pesantren ini juga mempunyai fasilitas yang memberikan kenyamanan pada santri antara lain adalah ruang kelas, asrama, laboratorium praktikum, perpustakaan, lapangan olahraga, kantin, masjid dan lainnya.

4. Al-Hidayah

Pondok Pesantren Al-Hidayah beralamat di Br.Candikuning Ii.

5. Al Hikmah

Pondok Pesantren Al Hikmah berdiri tahun 1997. Pondok Pesantren Al Hikmah beralamat di Jl. Kebon Karang Taruna No. 6 Bajera. 

6. Bali Bina Insani 

Pondok Pesantren Bali Bina Insani berdiri pada tanggal 27 Oktober 1991. Pondok Pesantren Bali Bina Insani beralamat di Jl. Raya Timpag Meliling. Pesantren ini menyediakan fasilitas yang membuat santri merasa nyaman dan aman antara lain seperti ruang belajar, asrama putra, asrama putri, kantor, perpustakaan, mes guru, musholla, kolam lele, kantin, lapangan volly dan mobil antar jemput.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi ponpes Bali Bina Insani juga menyediakan akses dalam kegiatan ekonomi seperti adanya koperasi pondok pesantren, foto copy, ambulans, toko kelontong, rumah makan dan kantin.

Sedangkan untuk kegiatan ektsrakurikulernya, pesantren ini mengadakan kegiatan kajian kitab klasik, tahfidzul juz amma, penerapana bahasa arab dan inggris serta lain sebagainya.

7. Al Amin 

Pondok Pesantren Al Amin beralamat di Jl. Rama Gang. Rama No. 1 Tabanan.

8. Noor Muhammad

Pondok Pesantren Noor Muhammad beralamat di Br. Candikuning Ii Candikuning Bedugul Tabanan Bali.

Nah, itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian.

Posting Komentar untuk "8+ Pesantren di Kabupaten Tabanan Yang Bagus"