Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren di Kabupaten Bengkayang yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Bengkayang

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Barat yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Dayak, etnis Melayu, dan Tionghoa. Selain itu kabupaten ini juga mempunyai sejumlah pulau yaitu ada sebanyak 12 pulau yang mana 5 diantaranya belum berpenghuni, sedangkan yang 7 pulau sudah berpenghuni. 

Kabupaten Bengkayang termasuk daerah yang juga memiliki objek wisata sangat indah. Beberapa objek wisata tersebut antara lain seperti air terjun berawan, air terjun merasap, danau taipi, hutan adat dan masih banyak lagi yang lainnya.  

Pesantren di Bengkayang

Pondok pesantren di kabupaten Bengkayang jumlahnya ada 5 pesantren. Setiap ponpes tersebut menempati kecamatan yang ada di kabupaten Bengkayang, antara lain seperti kecamatan bengkayang, kecamatan sungai betung, kecamatan sungai raya, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bengkayang

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Bengkatyang adalah; 

1. An-Nur Sungai Duri

Pondok Pesantren An-Nur Sungai Duri berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren An-Nur Sungai Duri beralamat di Dusun Sumbawa Desa Sungai Duri. Selain itu pendidikan di pesantren ini terbagi menjadi dua jenis yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal.

Pendidikan formanya terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah As-Salam, Madrasah Tsanawiyah Darut Tauhid, dan Madrasah Aliyah Al-Ma'arif. Sedangkan untuk pendidikan non formalnya antara lain seperti Tahfidzul Qur'an, Madrasah Diniyah Salafiyah, Majelis Taklim, dan lain-lain. 

2. Raudhatul Ulum

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum berdiri pada tahun 1985. Pondok Pesantren Raudhatul Ulum beralamat di Jl. Sujadi No. 32 Sanggau Ledo.

3. Al Ikhwan Melapis

Pondok Pesantren Al Ikhwan Melapis berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren Al Ikhwan Melapis beralamat di Jl. Sumbawa Dusun Melapis RT 003 RW 006 Desa Sungai Duri.

4. Darussalam Monterado 

Pondok Pesantren Darussalam Monterado berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Darussalam Monterado beralamat di Jl. S. Stanjak Dusun Berabas Baru.

5. Mamba`Ul Huda

Pondok Pesantren Mamba`Ul Huda berdiri pada tahun 1998. Pondok Pesantren Mamba`Ul Huda beralamat di Jalan Meranti 01 Dusun Setia Maju No. 02.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di daerah Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren di Kabupaten Bengkayang yang Bagus"