Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Bulukumba

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Bulukumba

Luas wilayah kabupaten Bulukumba yaitu mencapai 1.154,58 km². Salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan ini memiliki kondisi geografis yang terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah, pantai, dan laut lepas. 

Pesantren di Bulukumba

Masyarakat yang ada di kabupaten Bulukumba pada dasarnya sudah sangat erat dengan ajaran islam sejak abad ke-17. Sehingga tidak heran apabila di kabupaten ini hingga saat ini telah memiliki beberapa pondok pesantren yang digunakan untuk membimbing dan mendidik generasi muda agar lebih paham dengan agama islam. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bulukumba

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Bulukumba antara lain adalah sebagai berikut ini: 

1. As'saddiyah Baburrahman Galung Beru 

Pondok Pesantren As'saddiyah Baburrahman Galung Beru berdiri sejak tanggal 30 Juni 2016. Ponpes yang satu ini alamatnya berada di Galung Beru Desa Gattareng Kec. Gantarang Kab. Bulukumba.

Salah satu keunikan yang ada di pondok pesantren As’saddiyah Baburrahman Galung Beru ini yaitu adanya program pondok yang mengajarkan para santri untuk bisa menabung dan berinvestasi. Hasil tabungan tersebut nantinya dapat diambil para santri ketika sudah menamatkan pendidikannya. 

2. Babul Khaer Kalumeme

Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme beralamat di Jl. Dato Tiro No 69 Kalumeme. Ponpes ini memiliki pendidikan formal dan informal yang mana pada pendidikan informalnya terdiri dari kepesantrenan, madrasah diniyah, dan tahfidzul quran.

Selain itu ada pula kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih para santri seperti kajian kitab kuning, tahfidzul quran, ketrampilan wirausaha, penelitian ilmiah dan lain-lain. 

3. Nurul Falah Borong Ganjeng

Pondok Pesantren Nurul Falah Borong Ganjeng beralamat di Borongganjeng. Pondok pesantren yang satu ini diketahui sudah memiliki 66 santri yang belajar agama islam di pesantren tersebut. Selain itu jumlah tenaga pendidiknya ada sekitar 7 orang. 

4. Darul Ulum Jalanjang

Pondok Pesantren Darul Ulum Jalanjang berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Darul Ulum Jalanjang beralamat di Jl.Poros Bulukumba-Makassar Km 8. Pesantren ini memiliki 70 orang santri yang menempuh pendidikan dan belaar agama islam dengan lebih mendalam. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing ada sekitar 7 orang. 

5. Al-Mubarak

Pondok Pesantren Al-Mubarak berdiri pada tahun 2001. Pondok Pesantren Al-Mubarak beralamat di Kessi Desa Bialo.

Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Al Mubarok ini jumlahnya ada sekitar 119 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajarkan ilmu agama islam maupun pengetahuan umum lainnya ada sekitar 9 orang. 

6. Pp Darul Istiqamah

Pondok Pesantren Pp Darul Istiqamah beralamat di Jln. Poros Bulukumba-Sinjai Km 05 Ponci. Jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 43 orang dengan 6 orang guru yang mengajar. 

7. Darul Ishlah

Pondok Pesantren Darul Ishlah berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Darul Ishlah beralamat di Jl. Poros Bulukumba. Ponpes yang satu ini diketahui telah memiliki 178 orang santri yang belajar di pesantren. Sedangkan banyaknya guru yang mengajarkan pendidikan agama islam kepada para santri ada 12 orang. 

8. Khadimul Ummah

Pondok Pesantren Khadimul Ummah berdiri pada tahun 2008. Pondok Pesantren Khadimul Ummah beralamat di Jl. Poros Kalimporo - Sumalaya Dusun Kampung Baru Desa Lembanna. Ponpes Khadimul Ummah juga termasuk salah satu contoh pesantren yang ada di kabupaten Bulukumba dan telah memiliki 203 santri dan 14 ustadz yang membimbing. 

9. Ddi Baburridha

Pondok Pesantren Ddi Baburridha berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Ddi Baburridha beralamat di Sawere Rt. 001/Rw. 001 Desa Bontoraja 92561. Jumlah santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 72 orang dengan 7 guru yang mengajar. 

10. PPS Abu Bakar As-Shiddiq Wahdah Islamiyah 

Pondok Pesantren PPS Abu Bakar As-Shiddiq Wahdah Islamiyah berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren PPS Abu Bakar As-Shiddiq Wahdah Islamiyah beralamat di Jl. Poros H. Parojai, Desa Taccorong 92561. Santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 185 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 12 orang.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkan materinya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Bulukumba"