Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Putri Terbaik di Jawa Tengah

Pondok Pesantren Putri di Jawa Tengah

Perkembangan zaman yang semakin maju saat ini membuat banyak hal lebih mudah dilakukan. Hal ini karena adanya arus globalisasi dan meningkatkan dunia teknologi. Ada banyak dampak dari perubahan zaman yang semakin maju tersebut, baik dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak buruknya yaitu semakin hilangnya moral generasi muda karena mengikuti tren dan kehilangan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. 

Oleh karena itu, banyak orangtua yang berusaha untuk tetap mendidik putra maupun putrinya agar tetap memiliki akhlak yang baik. Salah satu cara yang yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan pendidikan terbaik melalui pondok pesantren, karena lembaga pendidikan ini mampu memberikan bekal agama yang baik digunakan untuk kehidupan di dunia maupun diakhirat. 

Pondok Pesantren Putri di Jawa Tengah

Pulau Jawa merupakan daerah yang memiliki banyak pondok pesantren, salah satunya yaitu di Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai beberapa pondok pesantren putri seperti dibawah ini; 

1. Pesantren Tahfidz Bina Madani

Pondok pesantren Tahfidz Bina Madani terletak di Tegalrandu RT 03 RW 01 Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ponpes di Magelang yang satu ini didirikan oleh Ustadz Masrur Samhari. Pada dasarnya ide mendirikan pesantren tahfidz ini berasal dari pendirian pondok pesantren tahfidz putra di Ciawi, yang pada akhirnya mengkhususkan ponpes ini sebagai pesantren putri.

Selain itu pondok pesantren tahfdz bina madani juga memiliki pendidikan formal yaitu program Madrasah Tsanawiyah atau setara dengan SMP.

2. Pesantren Tahfidz Putri Hidayatullah Muntilan Magelang

Pondok pesantren putri berikutnya yang ada di Jawa Tengah adalah pesantren tahfidz putri Hidayatullah Muntilan Magelang Jawa Tengah. Pesantren ini diketahui memiliki program pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Perlu diketahui bahwa target hafalan di pesantren ini selama 3 tahun yaitu 15 juz mutqin.

Pondok pesantren ini memang khusus hanya menerima santri putri saja. Selain itu, yang menarik di pesantren tahfidz putri ini, ada program tambahan berupa pembelajaran kewanitaan yang disebut halaqah annisa.

Pada program halqah annisa tersebut dibahwa tentang seluk beluk wanita, ada pula kegiatan belajar memasak, menjahit, mengelola kamar agar rapi dan tentunya tentang kaidah fiqih yang bersangkutan dunia wanita.

3. Pesantren Tahfidz Al Furqon

Pesantren Tahfidz Al Furqon lokasinya berada di Jl. Soekarno-Hatta, Kawungon, Bumirejo, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pondok pesantren ini sangat terkenal di kabupaten Magelang dan mempunyai visi menjadi lembaga pendidikan yang berbarokah berasaskan Al-Qur’an dan hadits.

4. Pesantren Tahfidz Daarul Quran, Surakarta

Alamat pondok pesantren Tahfidz Daarul Quran yaitu berada di Jl. Gatot Subroto No.161, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152.

Visi pondok pesantren di Solo ini yaitu melahirkan generasi pemimpin bangsa dan dunia yang sholeh maupun sholehah, berjiwa mandiri, berkarakter qurani dan membangun pedaban islam di masa depan. Kurikulum dan pendidikan yang ada di ponpes ini terbagi menjadi 3 yaitu tahfizhul quran, pendidikan formal SMP, dan Madrasah Diniyah.

5. Pondok Pesantren Putri Al-Mansur

Lokasi pondok pesantren ini yaitu berada di Jl. Raya Solo-Yogyakarta, Dusun 1, Tegalgondo, Kec. Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57473. Jumlah santri putri yang belajar ilmu agama islam di ponpes ini ada sekitar 128 orang.

6. Pondok Pesantren Al Ukhuwwat Sukoharjo

Pondok pesantren yang satu ini alamatnya berada di Sawah, Joho, Sukoharjo. Tujuan didirikan pondok pesantren Al Ukhuwwat yaitu untuk menciptakan generasi muslim yang memahami ilmu syar’i dan bisa mendakwahkan hingga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu juga memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan dakwah yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan mencakup seluruh jenjang pendidikan formal dan non formal.

Nah, itulah saja informasi yang bisa mimin share pada kalian tentang adanya daftar nama-nama pondok pesantren putri yang berada di Provinsi Jawa Tengah dengan Ibu Kota Semarang. Semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Putri Terbaik di Jawa Tengah"