Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Bandung

 

Daftar Nama Pondok Pesantren Mahasiswa di Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan kota Bandung? Kota yang disebut-sebut memiliki masyarakat yang lembut dalam bertutur kata, karena adanya darah sunda ini merupakan daerah yang memiliki banyak potensi.

Potensi di Bandung antara lain yaitu dari sektor ekonomi, pariwisata, bahkan pendidikan. Salah satu bidang pendidikan yang terdapat di Bandung dengan konsep keagamaan yaitu adanya pondok pesantren. Akan tetapi keunikannya ialah pondok pesantren ini justru para santrinya ialah mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus, namun tetap mencari ilmu agama. 

Pesantren Mahasiswa di Bandung

Pondok pesantren mahasiswa di Indonesia, khususnya yang ada di Bandung ini pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya handal dalam bidang intelektual, teknologi. Akan tetapi juga mendidik mental dan karakter mahasiswa sebagai generasi pemuda bangsa agar memiliki budi pekerti yang baik dengan berbekal ilmu agama. 

Daftar Pondok Pesantren Mahasiswa di Bandung

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren mahasiswa di Bandung adalah;

1. Pondok Pesantren Al Basyariyah

Daftar pondok pesantren mahasiswa pertama yang ada di Bandung adalah pondok pesantren Al Basyariyah. Alamat pondok pesantren yang satu ini berada di Jl. Cibaduyut Lama, Kb. Lega, Kecamatan Bojongloa Kidul, Bandung.

Pesantren ini dibangun sejak tahun 1982 yaitu oleh tokoh agama bernama Buya Drs. KH Saeful Azhar. Hingga saat ini ponpes Al Basyariyah mempunyai 4 universitas meliputi kampus 1 di Cibaduyut, kampus 2 di Cigondewah Hulu, kampus 3 di Arjasari, kampus 4 di Cikungkurak. 

2. Pondok Pesantren Mahasiswa Universal

Kedua yaitu ada pondok pesantren mahasiswa universal yang beralamat di Jl. Dusun Cipadung No. 01, RT 03 RW 08, Bandung.

Pondok pesantren ini disebut pula sebagai pesantren kekinian atau pesantren modern, akan tetapi pada tetap berpegang teguh pada sistem salafi yang membahas kitab klasik dengan metode sorogan dan balagan. 

3. Pondok Pesantren Al Wafa

Berikutnya yaitu ada ponpes Al Wafa. Pondok pesantren al wafa merupakan salah satu pondok pesantren mahasiswa di Bandung yang lokasinya berada di Jl. Cibiru Hulu No.46, Bandung, Jawa Barat.

Pondok pesantren di Bandung yang khusus menampung para mahasiswa ini didalamya mengajarkan ilmu-ilmu keislaman atas dasar al quran dan sunnah. Sedangkan untuk metode pembelajarannya yaitu perpaduan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama.

4. Pondok Pesantren Miftahul Khoir

Pondok pesantren Miftahul Khoir adalah ponpes mahasiswa di Bandung yang mempunyai santri mahasiswa dari berbagai universitas. Beberapa universitas yang mahasiswanya belajar di pondok pesantren Miftahul Khoir yaitu UIN Bandung, UPI, ITB, STIE Ekuitas, Unikom, dan lain-lain.

Selain itu para santrinya juga berasal dari berbagai daerah seperti dari Jawa Timur, NTT, Sulawesi Tengah, Banten, Jawa Barat dan sebagainya. 

5. Pondok Pesantren Daarut Tauhid

Pondok pesantren Daarut Tauhid merupakan pesantren yang awal mulanya berasal dari kegiatan kelompok pengajian dan dipelopori oleh KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. Pada akhirnya di tahun 1986 pengajian tersebut diberi nama kelompok mahasiswa islam wirausaha (KMIW) dan saat ini bernama ponpes Daarut Tauhid yang memiliki visis yaitu menjadi lembaga dakwah tauhid untuk menciptakan generasi ahli fikir, ahli dzikir, ahli ikhtiar sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Dalam mewujudkan visi tersebut, maka pesantren ini memiliki 2 misi yang dijalan dan misi tersebut yaitu mengembangkan dakwah tauhid serta membina generasi yang ahli fikir, ahli dzikir, dan ahli ikhtiar dengan pembelajaran yang bertahap demi bertahap.  

6. Pondok Pesantren Terpadu Ar Raaid

Terakhir yaitu ada pondok pesantren terpadu ar raaid yang didirikan dengan tujuan untuk merealisasikan pembangunan nasional dan revolusi mental dengan membangkitkan iman generasi muda melalui pendidikan umum dan pengetahuan agama.

Tujuan tersebut diwujudkan dengan melaksanakan misi pengajaran studi kitab kuning dengan berbagai bidang keilmuan seperti tauhid, fiqh, dan tasawuf. Selain itu pondok pesantren terpadu ar raaid ini juga menjalankan amaliyah ahlusunna wal jama’ah seperti ziarah wali, istighosah, riyadhoh dan lain sebagainya.

Nah, itulah saja daftar informasi tentang adanya nama-nama pondok pesantren mahasiswa di wilayah Bandung, Provinsi Jawa Barat. Semoga saja bisa berguna untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Bandung"