Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Islamic Boarding School Terbaik di Indonesia

Islamic Boarding School di Indonesia

Islamic boardig school bisa dikatakan sebagai salah satu sekolah berbasis Agama Islam yang menerapkan sistem pendidikan asrama bagi para muridnya. Baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan.

Atas dasar itulah, maka dalam artikel ini akan dibahas terkait dengan daftar nama-nama Islamic Boarding School terbaik dan terbagus yang ada di Indonesia. 

Islamic Boarding School di Indonesia

Tujuan pendidikan yang kompleks membuat kegiatan yang dilakukan semakin banyak. Oleh karenanya, terkadang sekolah-sekolah formal membuat suatu kebijakan yang mewajibkan atau menyarankan siswanya untuk tinggal di asrama yang memang sudah disediakan dari pihak sekolah. 

Kebijakan boarding school juga disambut baik oleh para orang tua. Hal tersebut mengingat bahwa kegiatan di asrama memang sangat beragam dan mengacu pada kegiatan yang memperdalam kemampuan dan pengetahuan ilmu beragama. 

Banyak sekali Islamic Boarding school di Indonesia yang bisa kalian temukan. Hal tersebut mengingat bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduknya beragama islam. 

Sistem pendidikan yang terintegritas membuat banyak orang tua memilih Islamic Boarding School sebagai salah satu yayasan atau tempat untuk menimba ilmu bagi anak-anaknya. Berikut ini akan saya bahas lebih lengkap terkait Islamic Boarding School mana saja yang mungkin bisa menjadi pilihan. 

Daftar Islamic Boarding School di Indonesia

Beberapa daftar Islamic Boarding School yang ada di Indonesia antara lain:

1. Zamzam Syifa Boarding School

IBS yang pertama akan kita bahas adalah IBS Zamzam Syifa yang berlokasi di Jl. Margonda Raya no. 12, Depok, Jawa Barat. IBS ini merupakan kerjasam aantara yayasan as-syfa al khoeriyyah dengan yayasan zamzam global Insani. IBS ini bisa dikatan sebagai salah satu IBS mewah di Indonesia. 

Asrama yang disediakan berada di Apartemen Grand Zamzam Towers dengan fasilitas yang mewah seperti kamar full ac dserta kamar mandi dan shower di setiap kamar. Untuk kurikulum yang digunakan disini menggunakan kurikulum International Cambridge. 

Untuk program pengembangan siswa/santri juga terbilang cukup variatif dan modern seperti broadcasting, fotografi, sinematografi, desain grafis, fashion, internet marekting, programing, serta panahan. 

2. Islamc Boarding School Dwiwarna

Masih dari wilayah Jawa Barat, tepatnya di Jl. Raya Parung, KM 40 Bogor, Jawa Barat, IBS ini juga menjadi salah stu IBS mewah di Indoenesia. Namun hal tersebut tentunya sebanding dengan sistem pendidikan dan fasilitas yang disediakan.

Bagi para calon siswa yang ingin mendaftar disini harus mengikuti tahapan seleksi terslebih dahulu. Seleksi tersebut terdiri dari tes akademc (matematika dan bahasa ingris, tes psikologi, tes kesehatan, dan juga wawancara. Untuk biaya awal atau uang pangkal menurut web resmi sekolah ini, yaitu 60 juta dan bisa dibayar dalam 3x pembayaran. 

3. Muhammadiyah Boarding School Muhiba Yogyakarta

Beralih ke Yogyakarta, MBS Muhiba ini berada di wilayah Bantul, Yogyakarta. Sistem pendidikan dibagi menjadi dua yaitu pendidikan formal di pagi samapi siang hari dan pendidikan nonformal atau pendidikan pesantren yang dilaksanakan siang hingga sore/malam hari. 

Pesantren di Bantul ini menyediakan jenjang pendidikan MTs dan SMA dengan biaya masuk pada tahun ajaran 2022/2023 sebesar 10,5 juta untuk jenjang SMA dan 8,5 juta untuk jenjang MTs. Biaya tersebut sudah termasuk untuk kegiatan madrasah, seragam, infaq pengembangan, kitab dan kegiatan MBS, SPP, serta uang makan dan uang asrama untuk satu bulan. 

4. Islamic Boarding School Al Ma’soem

Berlokasi di Jl. Raya Cipacing, Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat, IBS ini menyelenggrana pendidikan formal mulai dari jenjang TK hingga Universitas. Tidak heran jika IBS ini memiliki banyak peminat di seluruh Indonesia. 

Fasilitas pendidikan seperti kolam renang, lapangan futsal, lapangan voli, jogging track dan lain sebagainya juga menjadi nilai tambah di pesantren ini. Selain fasilitas, program pendidikan yang diajarkan pun tidak kalah bagus seperti program tahfidz yang samapai saat ini sudah menghasilkan banyak tahfidz Al Quran.

5. SMA Islamic Boarding School 

Berikutnya adalah islamic boarding school atau yang biasa disebut SMA-IBBS ini berlokasi di kawasan industri Hyundai, Jl. Industri Raya, No. 1 Lippo cikarang, Bekasi. Menerapkan sistem pendidikan International Islamic Boarding school, IBS ini sudah menyelenggarakan sistem pendidikan formal dari SD hingga SMA. 

Selain sistem pembelajaran yang sudah berskala international, fasilitas pendidikan maupun asrama pun sudah sangat baik. Lingkungan yang luas, kamar asrama yang ber AC, ruang hijau yang luas, kolam renang, aula yang besarhingga gedung yang megah akan membuat para santri merasa lebih nyaman untuk beraktivitas dan belajar di IBS ini. 

6. Mega Islamic Boarding School 

Mega Islamic Boarding School atau yang biasa disebut MIBA ini berlokasi di Mangunsari, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebagai salah satu IIBS favorit dan megah, Mega Islamic Boarding School memberikan program-program belajar berbasis STEM dan Teknologi. 

Program unggulan berupa tahsin, tahfidz, dan bahasa arab merupakan salah stau program yang paling banyak diminati siswa/santri. Jenjang pendidikan yang diselenggarakan berupa SMP dan SMA. Fasilitas yang sangaat memadai mulai dari ruang audio visual, musik dan art, dan failitan lain yang juga menjadi salah satub kelebihan dari IBS ini. 

7. Al Wafi Islamic Boarding School 

Berikutnya adalah al Wafi Islamic Boading School yang berada di dua lokasi yiatu di Kelurahan Citayam, Tanjurhalang, Bogor, dan berlokasi di Kel. Pengasiann, Kec. Bojongsari, sawangan, Depok. Sistem pendidikan disini sudah berstandar Intrenational dengan menggunakan metodolgi experimental learning dan active leearning islamic integreted. 

Jenjang pendidikan yang diselenggrakan pun sudah termasuk lengkap yaitu jenjang SD hingga SMA dan program Takhasus. Pembelajaran sehari-hari full menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Program yang tidak kalah menarik dengan program lainnya ialah adanya basic leadership program yang terintegrasi dengan program akademic. 

8. Alexandria Islamic Boarding School

Nama Alexandri Boarding school ini sudah tidak asing lagi. IBS ini memang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Lokasinya berada di Jl. Pengasinan raya, No. 50, Rawa Lumbu, Bekasi Timur.

 IBS ini menyelenggaran jenjang pendidikan formal SMP dan SMA. Pembelajaran yang disediakan berupa pembelajaran keagamaan seperti tahfidz Quran, Current Issue in Islamic Studies, dll, Pembelajaran umum seperti mata pelajatan bahasa indonesia, matematika dll, pembelajaran international (untuk pengajaran Bahasa Arab, inggris, serta German dan Prancis), serta Overseas untuk mengembangkan pengetahuan sista tentan wawasan international. 

9. Al Izzah Islamic Boarding School

Al Izzah IBS berlokasi di Jl. Indragiri, Sumberejo, Kec. Batu, Kota batu, Jawa Timur. Pembelajaran dengan  kurikulum Internasional menjadi salah stau keunggulan di pesantren ini. Selain bekerjasama dengan berbagai kampus terbaik di dalam negeri seperti UNS, UGM dll, IBS ini juga bekerja sama dnegan salah stau kampus terbaik dunia yaitu Cambridge University. 

Untuk menciptakan santri yang berjiwa kepemimpinan, pesantren ini menerapkan budaya leadership dalam setiap aktivitas dan kegiatan. Muatan kurikulum yang diajarakan berupa dirasah Islamiyah, Madrasah Al Quran, Kurikulum Diknas/PISA, school & Leadership Culture, serta Bahasa Asing. 

10. Islamic Boarding School Ibnu Sina

IBS ini berlokasi di Jl. Siliwangi No. 41, Kahuripan, Kec. Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Selain program Tahfidz Quran 30 juz yang menjadi program unggulan, program lain yang tidak kalah bagus adalah Fun Quran and Leadership yang tentunya didampingi oleh para mentor profesional . 

Kurikulum pendiidkan yang diterapkan di IBS ini merupakan kurikulum berbasis literasi dan numerasi. Biaya pendidikan untuk jenjang SMP sebesar 1,4 juta perbulan dengan dana sumbangan pendidikan awal sebesar 15,9 juga. 

Untuk jenjang SMA, biaya pendidiakn perbulan/SPP sebesar 1,5 juta dengan dana sumbangan pendidikan awal pendaftaran sebesar 16,9 juta. Biaya tersebut tentu sebanding dengan fasilitas dan kualitas pendidikan yang dirancang bertaraf International. 

11. Islamic Boarding School Al Azhar Asy-Syarif 

Selain di pulau Jawa, pulau Sumatera juga memiliki banyak sekolah berbasis islam full day school yang menyediakan asrama atau disebut dengan Islamic Boarding School. Salah staunya adalah Islamic Boarding School AL Azhar yang berlokasi di Jl Mahoni, tembung, Desa Percut Sei Tuan, Kab. Deli serdang, Kalimantan Utara. 

Sistem pendidikan di pesantren ini menggunakan kurikukum Diknas dna kurikulum Al Azhar Cairo Mesir. Fasilitas yang disediakan juga sangan lengkap dan mewah seperti kolam renang, masjid yang luas, ruang kelas yang ber AC, Gazebo besar dengan jumlah banyak sebagai tempat belajar siswa, ruang musik, lapanagn sepakbola, dan masih banyak lagi. 

12. RLA international Islamic Boarding School

RLA International Boarding School juga berlokasi di Jl. Talago Pipik Data Bungo, Aripan, Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat. Di pesantren ini, para santri harus menghafap Hadist Arba’in, kitabul jami’matan usulul tasalatsah, dan Qowaidul Arba. 

Selain menghafal berbagai hadist, santri di sini juga dituntut untuk mampu berbahasa Inggris dan Arab, menghafal minimal 5 juz Al Quran, menguasai lebih dari stau ketrampilan yang dilakukan melalu program ekstrakurikuler, serta mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. 

13. Hasanka Boarding School 

IBS yang berlokasi di Jl. Seth Aji , Palangka Raya, Kalimantan Tengah ini merupakan Boarding School petama yang berada di Kalimantan Tengah. Saat ini sekolah ini sudah terakreditasi A. 

Berbagai fasilitas penunjang pendidikan disini disediakan lengkap seperti lab komputer, lab bahasa, serta ruang sarama dan ruang kelas yang nyaman dan ber AC. Untuk mewujudkan generasi islam yang qurani, pesantren ini memiliki program pendidikan Tahfidz Quran. 

14. Al Akhyar Islamic Boarding School 

IBS yang satu ini berlokasi di Jl. Arung Teko, No. 99 Sudiang, Birngkanayya, Makasar. Menyelenggarakan jenjang pendidikan TK hingga SMP, Ibs disini sudah terakreditasi A untuk semua jenjang. 

Untuk mencipatakan suasa belajar yang fun, pesantren ini menyelenggarakan berbagai kegiatan pembelajaran outdor rutin seperti study tour & english camp, perkemahan sabtu minggu, outing class, serta fun outboun. Kegitan tersebut tentu dapat memancing semangat peserta didik untuk belajar.

Program utama di Ibs ini hampir sama dengan IBS/pondok pesantren lain yaitu Tahfidzul Quran. IBS ini juga menyediakan beasiswa Tahfidz. 

15. SMP Al Madinah Islamic Boarding School 

Terakhir yang akan dibahas adalah SMP Al Madinah Islamic Boarding School yang berlokasi di Jl. Lintas Solok-Padang, Jorong Talago Nagari Guguak, Kec. Gn Talang, Kab. Solok. Berbagai kegiatan pengembangan diri silakukan di IBS ini seperti Seni Al Quran, Kaligrafi, Bahasa Arab dan Inggris, Malam kreasi santri, bela diri, panahan, hingga berkebun. 

Berbagai keunggulan IBS ini antara lain Holistic and Active teaching -Learning (HATL), Dedicated and Motivated Teakcher, Comprehensive and Ongoing Evaluation System, ICT Integrated Learning, Learning Resource Centre, Exploration class dan learning clinics, drop everything and read learning, serta condusive academic life and nature.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkaitan dengan daftar nama-nama Islamic Boarding School yang terbaik di Indonesia. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi semua kalangan.

Posting Komentar untuk "15+ Islamic Boarding School Terbaik di Indonesia"