Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Bengkulu Tengah

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Bengkulu Tengah

Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Penduduk yang terdapat dalam kabupaten Bengkulu Tengah ini di tahun 2020 jumlahnya mencapai 116.706 jiwa. 

Selain itu kabupaten Bengkulu Tengah juga terdiri dari 10 kecamatan, seperti kecamatan Pagar Jati, kecamatan Merigi Kelindang, kecamatan Talang Empat dan lain sebagainya. beberapa diantara kecamatan-kecamatan tersebut beridiri pondok pesantren yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan islam untuk mencetak generasi – generasi islam yang beriman dan bertaqwa.  

Pesantren di Kabupaten Bengkulu Tengah

Kabupaten Bengkulu Tengah memang tidak memiliki banyak pondok pesantren. Pesantren di daerah ini hanya ada sekitar 4 pondok. Akan tetapi setiap pondok pesantren tersebut memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing dengan dibuktikan adanya misi maupun visi yang dibentuk sejak berdirinya ponpes.

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Bengkulu Tengah

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Bengkulu Tengah yaitu sebagai berikut ini;

1. Mambaul Ulum

Pondok Pesantren Mambaul Ulum beralamat di Jln. Masjid Al-Muttaqin No 92 Desa Harapan Makmur. Pesantren ini didirikan dengan tujuan utamanya ialah mempersiapkan generasi Islam mandiri.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi para santri juga dibekali ilmu pengetahuan agama islam sebagai pegangan hidup mandiri dan berjuang mengembangkan agama islam di tengah masyarakat. Selain itu pesantren Mambaul Ulum juga diketahui sudah memiliki santri sebanyak 75 orang dengan 7 ustadz pembimbing. 

2. Al Hasanah

Pondok Pesantren Al Hasanah beralamat di Jl. Raya Talang Pauh. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 522 santri dengan 25 orang ustadz yang membimbing.

Pesantren Al Hasanah juga mempunyai program ekstrakurikuler antara lain seperti menjahit, pramuka, taekwondo, kaligrafi, dan muhadharah. Sedangkan fasilitas yang dapat diperoleh dari pesantren ini yaitu seperti hotspot area, laboratorium, kantin, ruang perpustakaan, dan lain-lain. 

3. Mustafawiyah

Pondok Pesantren Mustafawiyah berdiri pada tahun 1999 dan beralamat di Desa Taba Turunjam. Tujuan didirikannya ponpes ini yaitu ingin membentuk suatu lembaga pendidikan agama Islam yang dapat memberikan pendidikan pada generasi islam agar bisa berkiprah dalam kehidupan masyarakat melalui akhlak karimah.

Pesantren Mustafawiyah memiliki jumlah santri sekitar 75 santri. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 7 orang. 

4. Al Mahir

Pondok Pesantren Al Mahir beralamat di Jalan raya bengkulu -curup km.14,5 desa kembang seri kecamatan talang empat kabupaten bengkulu tengah. Santri yang belajar di pondok pesantren ini jumlahnya ada 21 orang dengan 6 ustadz yang mengajar. 

5. Maa'had Rabbani

Pondok Pesantren Maa'had Rabbani beralamat di Jalan Tahura Dusun Baru 1.Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Jumlah santri di pondok pesantren Maa'had Rabbani yaitu ada 101 orang dengan 8 ustadz pembimbing.

Sedangkan visi dari pesantren ini yaitu membentuk sebuah lemabaga pendidikan islam yang modern dan maju agar dapat mencetak insan muslim berilmu, berakhlak mulia, berkepribadian utuh, faqih, unggul, berwawasan global dan hafal Al-Qur’an.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu yang bisa kami berikan. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Bengkulu Tengah"