Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pesantren di Kabupaten Sambas yang Bagus

Pondok Pesantren di Kabupaten Sambas

Provinsi Kalimantan Barat memiliki beberapa kabupaten yang salah satunya adalah kabupaten Sambas. Kabupaten ini terkenal dengan kegiatan ekonominya di bidang pertanian, perdagangan, dan industri. 

Selain itu, kabupaten Sambas juga memiliki beberapa wisata yaitu meliputi wisata bahari dan wisata budaya. Salah satu contoh wisata bahari di kabupaten ini yaitu Pantai Saadi, Pantai Natuna Indah, Pantai Datok Bundar dan lain sebagainya. 

Pesantren di Sambas

Kabupaten Sambas memiliki 8 bangunan pondok pesantren yang hingga saat ini terus dikembangkan. Pondok pesantren di kabupaten Sambas ini terletak di berbagai kecamatan kabupaten Sambas seperti kecamatan Tebas, kecamatan Paloh, Kecamatan Subah, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sambas

Berikut dibawah ini yang merupakan beberapa contoh daftar nama pondok pesantren di kabupaten Sambas adalah :

1. Raudhatul Ulum

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum beralamat di Jl. Mohd. Sohor Sinam. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada sebanyak 372 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar yaitu ada 18 orang. 

2. Nurul Yaqin 

Pondok Pesantren Nurul Yaqin beralamat di Jl Tanjungpura Desa Sijang Dusun Sejati Rt 03 Rw 01. Pesantren Nurul Yaqin diketahui memiliki 154 santri dan 8 ustadz yang membimbing. 

3. Muhammad Basiuni Imran

Pondok Pesantren Muhammad Basiuni Imran berdiri pada tanggal 2 September 1979 dan beralamat di Jl. Pembangunan No.13 Sambas Kalimantan Barat. Tokoh ulama yang merintis ponpes ini yaitu bernama Muhammada Basiuni Imran, sehingga tidak heran apabila nama ponpes ini sama seperti nama pendirinya.

Pesantren ini tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan agama islam saja, melainkan juga ada berbagai kegiatan ekstrakurikuler lainnya seperti kegiatan sanggar seni, lomba mata pelajaran sains, bimbingan les, drumband, dan lain-lain.

Sedangkan visi dari pesantren Muhammad Basiuni Imran yaitu menciptakan kualitas sumber daya manusia berlandaskan imtaq, iptek dan budaya sadar lingkungan. 

4. Akhlaqul Karimah

Pondok Pesantren Akhlaqul Karimah beralamat di Dusun Setinggak Desa Sebubus Kecamatan Paloh. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren Akhlaqul Karimah yaitu ada sekitar 142 orang dengan 9 ustadz yang mengajar. 

5. Al-Mahud Lumbang

Pondok Pesantren Al-Mahud Lumbang beralamat di Jl. Saing Rambi. Santri di ponpes Al – Mahud Lumbang jumlahnya ada sebanyak 87 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

6. At Tawassul

Pondok Pesantren At Tawassul beralamat di Desa Samustida Kecamatan Teluk Keramat. Jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada sekitar 87 santri.

Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya sendiri yaitu ada 7 orang. Selain itu pesantren ini juga terkenal dengan program wisatanya. Biasanya untuk lebih mempererat keakraban antar seluruh santri maupun guru-guru, akan dilakukan program wisata. 

7. Al-Amin

Pondok Pesantren Al-Amin beralamat di Dusun Parit. Pesantren Al-Amin diketahui memiliki jumlah santri sekitar 88 orang dengan 7 ustadz yang membimbing.

8. Al-Muhajirin

Pondok Pesantren Al Muhajirin didirikan pada tahun 1995 oleh KH Afif Hilal. Ponpes Al Muhajirin ini beralamat di Jl.Natuna No.08.

Visi pesantren Al Muhajirin ini yaitu berdisiplin, prestasi dalam iptek, unggul dalam iman dan taqwa. Para santri yang belajar di pesantren ini juga dapat merasakan fasilitas yang memberikan kenyamanan antara lain seperti gedung, asrama, mushola, kantor, perpustakaan, dan lain-lain.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Posting Komentar untuk "8+ Pesantren di Kabupaten Sambas yang Bagus"