Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Jakarta

Pesantren Mahasiswa di Jakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Jakarta?. Wilayah yang begitu besar dan merupakan Ibu Kota Negara Indonesia ini sangatlah padat di huni oleh banyak masyarakat. Bahkan Jakarta termasuk kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara. Sehingga tidak heran banyak kegiatan berbagai sektor yang dilakukan di kota ini, mulai dari perekonomian, sosial, budaya, dan pendidikan.

Bidang pendidikan di Jakarta ini juga sangat lengkap mulai dari sekolah negeri hingga swasta. Kemudian salah satu lembaga pendidikan Agama Islam yang hingga saat ini terus dikembangkan di daerah Jakarta adalah pondok pesantren dengan berbagai jenjang dari SD, SMP, SMA, serta perguruan tinggi.  

Pesantren Mahasiswa di Jakarta

Pondok pesantren mahasiswa merupakan pesantren yang menampung para mahasiswa untuk belajar ilmu agama islam. Sehingga para mahasiswa tidak hanya dituntut untuk cakap dalam bidang pengetahuan umum maupun teknologi, akan tetapi juga di bekali tentang wawasan keislaman secara lebih mendalam. 

Daftar Pondok Pesantren Mahasiswa di Jakarta

Berikut dibawah ini yang termasuk pondok pesantren mahasiswa di Indonesia, khususnya wilayah Jakarta adalah;

1. Pondok Pesantren Luhur Sabilussalam

Pondok pesantren luhur sabilussalam adalah ponpes mahasiswa yang lokasinya dekat dengan kampus UIN Jakarta, yaitu hanya berkisar 2 km.

Pondok pesantren ini cukup diminati banyak mahasiswa karena setiap tahunnya melakukan kegiatan bimbingan untuk tes masuk ke kampus UIN Syarifah Hidayatullah Jakarta. Lama masa belajar di pondok pesantren ini yaitu hanya sekitar 3 tahun.

Hal ini dikarenakan, agar mahasiswa dapat tetap fokus oada saat mengerjakan skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan. 

2. Pondok Pesantren Darus Sunnah

Pondok pesantren darus sunnah juga termasuk salah satu ponpes mahasiswa di Jakarta yang didirikan oleh Alm, KH Ali Mustafa Yaqub pada waktu itu.

Lokasi pondok pesantren ini yaitu berada di belakang kampus 2 UIN Jakarta atau berdekatan dengan SDN Inpres kelurahan pisangan. Fokus pendidikan pada ponpes darus sunnah yaitu pengajian kitab kuning dan hadist.

Selain itu lulusan dari pondok pesantren ini juga akan memperoleh gelar seperti lulusan di Timur Tengah yaitu gelar license (Lc). 

3. Pondok Pesantren Daar El Hikam

Perlu diketahui bahwa dahulunya pondok pesantren daar el hikam dikenal dengan nama pondok pesantren As-Sulaimaniyah. Selain itu dulunya pondok pesantren daar el hikam juga hanya membukan pendaftaran bagi mahasiswa di kampus sekitaran Ciputat, seperti di daerah kampus UIN Jakarta, UMJ, PTIQ dan lain-lain.

Sedangkan saat ini pesantren membuka pendaftaran lebih luas lagi karena telah berekspansi menjadi yayasan pendidikan yang lebih modern. Pendidikan yang difokuskan pada pondok pesantren daar el hikam yaitu pengajian ilmu bahasa arab, pengajian kitab kuning seperti tafsir, fiqh, tasawuf dan lain-lain.  

4. Pondok Pesantren Al Jami’ah 

Alamat pondok pesantren al jami’ah yaitu berada di Jl. Legoso Raya atau sangat dekat dengan kampus UIN Jakarta.

Selain itu pondok pesantren ini juga hanya dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari kampus UIN Jakarta, karena sifatnya yayasan pribadi. Kebanyakan, mahasiswa yang menjadi santri di pesantren al jami’ah yaitu para mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. 

5. Pondok Pesantren Kosan

Pondok pesantren yang satu merupakan program pesantre mahasiswa yang diluncurkan yayasan BISA. Tujuan didirikannya pondok pesantren ini ialah untuk mewujudkan mahasiswa berilmu dan beramal sesuai bidangnya masing-masing.

Sedangkan program-program yang ada di pesantren kosan antara lain seperti tahsin dan tahfidz 4 juz, hafalan hadist, ilmu nahwu.

Nah, itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren untuk mahasiswa yang ada di wilayah Jakarta. Semoga saja bisa berguna untuk semuanya.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Jakarta"