20+ Pesantren Mahasiswa di Indonesia [Terbaik & Terbesar]

 
Pondok Pesantren pada dasarnya adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menuntut ilmu. Siapa saja yang ingin menimba ilmu di Pondok pesantren ini, baik pelajar, masyarakat umum ataupun mahasiswa dapat dipastika adalah sebuah cita-cita yang sangat membanggakan.

Pondok Pesantren Mahasiswa


Pondok Pesantren untuk sekarang, pada zaman modern ini tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja, namun juga untuk pendidikan umum. Sehingga banyak mahasiswa ataupun mahasiswi memilih belajar agama seraya belajar ilmu um.

Maka dari itu selain digunakan untuk mempelajari ilmu dunia juga dapat digunakan untuk ilmu akhirat. Sehingga pondok pesantren ini bagus untuk masyarakat. Apalagi untuk saat ini telah kita temui pondok pesantren yang ada di Indonesia ini sangat berkualitas.

Daftar Nama Pondok Pesantren Mahasiswa


Adapun daftar nama-nama pondok pesantren terbaik untuk Mahasiswa diantaranya adalah sebagai berikut;

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan adalah salah satu pondok pesantren yang paling terkenal dan juga paling berpengaruh yang disebabkan kerena beberapa hal, diantaranya adalah Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan ini adalah salah satu pondok yang masih terus berkembang walaupun sebenarnya pondok ini adalah pondok pesantren yang paling tua dibandingkan dengan yang lainnya.

Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan ini adalah salah satu pondok yang mamapu mempertahankan dengan menggunakan sistem salafiah dan tetap mampu mempertahankan santri putra maupun putri yang sangat banyak tersebut, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan adalah salah satu pondok pesantren yang mandiri dengan usaha bisnis yang di rintisnya tersebut.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pondok Pesantren Langitan Tuban adalah salah satu pondok yang telah berdiri pada tahun 1852 dan juga salah satu pondok pesantren yang sangat berpengaruh di Surabaya. Pondok Pesantren Langitan Tuban di terletak di Kawasan Surabaya Ke barat Kabupaten Gresik, Lamongan Tuban, Bonjornegoro, Cepu.

Pondok Pesantren Langitan Tuban ini memiliki salah satu pengasuh yang sangat kharismati sampai disegani oleh banyak orang, yaitu KH. Abdullah Faqih. Yang ahli dalam bidang politik dan membuat Pondok Pesantren Langitan Tuban ini dikenal sampai di nasional. Hal ini lah yang membuat baik itu dari luar daerah ataupun dari dalam banyak yang menimba ilmu di pondok pesantren ini.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Modern Gontor

Pondok Pesantren Modern Gontor adalah salah satu pondok yang populer dan juga dapat dijadikan sebagai inovator dari pondok pesantren yang lainnya. Pondok Pesantren Modern Gontor ini masih menggunakan sistem pendidikan salafiah dan berubah menjadi pondok pesantren modern.

Namun hal ini lah yang membuat masyarakat perkotaan menjadi mau belajar di pondok pesantren padahal dahulunya enggan belajar di Pondok pesantren. Pondok Pesantren Modern Gontor ini adalah modernisasi pendidikan islam yang telah dilakukan oleh Sir Syed Ahmad Khan Founder Aligarh Muslim University yang ada di India.

Pondok Pesantren Modern Gontor adalah salah satu pondok pesantren yang terkenal paling mahal untuk biaya di pondok ini. Namun hal ini tidak meragukan semangat masyarakat agar menjadi santri yang berkualitas.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Pondok Pesantren Tebuireng Jombang adalah salah satu pondok yang dikenal dengan salah satu ustdz yang ada memiliki kharismatik yang sangat bagus sehingga sangat disegani oleh masyarakat sekitar dan juga pejabat pejabat tinggi.

Pondok Pesantren Tebuireng Jombang ini berdiri pada tahun 1929 yang telah didirikan oleh KH. Hasyim Asyari dan telah memiliki putra yang diberinama dengan Wahid Hasyim Ashari. Pondok Pesantren Tebuireng Jombang memiliki sistem pendidikan yang sama dengan pondok pesantren yang lainnya. yaitu dengan menggunakan sistem pendidikan mordrn. Sehingga pondok pesantren ini ada pendidikan formalnya juga.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Al–Khairaat Palu

Pondok Pesantren Al – Khairaat Palu adalah salah satu pondok pesantren yang paling populer di daerah Sulawesi dan juga di Indonesia Timur. Pondok Pesantren Al–Khairaat Palu ini adalah salah satu pondok pesantren yang pertama kali diasuh oleh seorang habib. Pondok Pesantren Al – Khairaat Palu ini juga telah memiliki cabang di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Madura

Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Madura adalah salah satu pondok yang tertua yang ada di Indonesia. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Madura adalah salah satu pondok yang telah berdiri pada tahun 1787 yang telah didirikan oleh kiyai Itsbat. Hingga sekarang pesantren ini berkembang sangat cepat.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo adalah salah satu lembaga pendidikan yang paling lengkap untuk pendidikan formalnya, mulai dari pendidikan tingkat bawah sampai dengan yang atas ada di pondok pesantren ini, seperti TK, SLTP, MTS, SMP, SLTA, SMA, MA, SMK, Sampai dengan perguruan tinggi ada di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo ini.

Jurusan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo ini sangat lengakap baik itu untuk agama islamnya juga lengkap. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menimba pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo ini.

Pondok pesantren ini menggunakan sistem gabungan antara modern dan juga salafiah sehingga sudah tidak perlu di ragukan lagi kualitas dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo ini.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Musthofawiyah SUMUT

Pondok Pesantren Musthofawiyah adalah salah satu pondok pesantren yang paling tua di daerah sumatera utara. Selain itu Pondok Pesantren Musthofawiyah adalah salah satu pondok terbaik dan juga terpopuler di daerah sumatera utara.

Pondok Pesantren Musthofawiyah ini berdiri sejak tahun 1912. Bahkan Alumni dari Pondok Pesantren Musthofawiyah ini telah banyak yang menjadi tokoh lokal maupun internasional. Maka dari itu banyak juga yang telah melanjutka pendidikannya di luar negeri baik itu di kawasan Timur Tengah ataupun Barat. Pondok Pesantren Musthofawiyah adalah salah satu pesantren yang menggunakan sistem pembelajaran kombinasi anatara salafiah dan juga modern.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Pondok Pesantren Buntet Cirebon adalah salah satu pondok pesantren tertua yang ada di Jawa Barat. Pondok Pesantren Buntet Cirebon ini telah berdiri sejak tahun 1785 di Indonesia. Pondok Pesantren Buntet Cirebon adalah salah satu pondok yang telah menjadi pelopor berdirinya pondok pesantren yang ada di Provinsi Jawa Barat, Banten dan juga DKI Jakarta.

Maka dari itu tidak heran sekali jika alumni dari Pondok Pesantren Buntet Cirebon ini banyak yang telah menjadi pengurus di ketiga pondok pesantren yang ada di daerah tersebut. Pondok Pesantren Buntet Cirebon adalah salah satu pondok pesantren yang memadukan anatar pendidikan umum dan juga pendidikan modern yaitu salafiah dan modern.

Pondok Pesantren Buntet Cirebon ada juga pendidikan umum mulai dari SD sampai dengan ke perguruan tinggi ada di Pondok Pesantren Buntet Cirebon ini.

Pondok Pesantren Terbaik untuk Mahasiswa adalah Pondok Pesantren Al Khoirot Malang

Pondok Pesantren Al Khoirot Malang adalah salah satu pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1963. Pondok Pesantren Al Khoirot Malang ini adalah pondok pesantren terbaik untuk mahasiswa dengan memperoleh urutan ke 10.

Pondok Pesantren Al Khoirot Malang adalah salah satu pondok yang pandai menggabungkan anatara pendidikan umum dan juga pendidikan agama islam. Banyak juga alumni dari Pondok Pesantren Al Khoirot Malang ini yang menjadi seorang pengurus pondok pesantren ini.

Selain itu Pondok Pesantren Al Khoirot Malang ini juga menyediakan 4 jenis pendidikan untuk para santrinya diantaranya adalah pendidikan formal, pendidikan madin (Madrasah Diniyah), Bbahasa Arab Modern dan juga kajian tentang kitab kuning.

Hal ini dilakukan agar santri setelah lulus di dalam Pondok Pesantren Al Khoirot Malang ini benar-benar menjadi santri yang berkualitas dengan ilmu yang dimiliki tersebut.

Bahkan hal ini juga akan membuat santri yang berprestasi di bidang ini akan memperoleh biasiswa pendidikan di jenjang selanjutnya, mengingat hal ini sudah menyebar bukan hanya di dalam negeri saja namun juga sudah di luar negeri.

Demikianlah daftar nama Pondok Pesantren Mahasiswa di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan gambaran bagi segenap pembaca yang ingin melanjutkan studi Agama Islam dan Ilmu Umum (Kampus). Trimakasih, 

Belum ada Komentar untuk "20+ Pesantren Mahasiswa di Indonesia [Terbaik & Terbesar]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel