5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Brebes yang Terbaik


Kabupaten Brebes adalah kabupaten padat penduduk di Jawa Tengah. Kabar terbaru jumlah penduduk di Brebes sekitar 1.732.719 jiwa. Untuk mengakomodir masyarakat maka didirikanlah lembaga islam yang terpaut dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Brebes.

Pesantren di Brebes


Sebagian besar pondok pesantren di Brebes maju dan terkenal. Bahkan santri mukimnya berdatangan dari luar kota seperti Cilacap dan Tegal. Hal ini disebabkan kurikulum pendidikan yang memadukan antara salafiyah dan khalafiyah.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Brebes


Karena mengusung konsep pendidikan tradisional dan modern, maka fasilitas ponpes di Brebes diperlengkap. Bahkan ada yang menyediakan rumah sakit hingga aula berkapasitas ribuan orang. Ini dia daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Brebes:

Pesantren As Salafiyah

Pondok pesantren As Salafiyah dulunya pondok tradisional. Maka dari itu, pondok masih belum menerima santri yang nyambi sekolah di pendidikan formal. Artinya santri harus mukim dan fokus pada pelajaran keagamaan saja.

Sejak tahun 2013 pihak pondok mulai membuka diri untuk sistem pendidikan modern. Maka dari itu, lahirlah tiga pendidikan formal yaitu MTS, SMP dan Aliyah. Semuanya dilengkapi fasilitas laboratorium, perpustakaan dan koperasi santri. Untuk mondok di sini silakan datangi Jalan MT Haryono Saditan Brebes, Jateng.

Pesantren Darussalam

Pondok pesantren Darussalam adalah bukti perjuangan para ulama Brebes yang mampu membangun basis pendidikan islam. Pondok ini berdiri pada tahun 1988. Sudah cukup lama tetapi masih eksis hingga saat ini.

Pondok pesantren hanya mengusung sistem pendidikan salaf atau tradisional. Maka dari itu, tidak ada pendidikan formal yang diusung melainkan pendidikan keagamaan saja. Seperti tahfidz Quran dan kajian kitab-kitab klasik.

Sekalipun begitu ijazah yang dikeluarkan bisa digunakan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi. Tidak hanya di dalam negeri, kuliah di timur tengah juga bisa menggunakan ijazah tersebut. Pondok pesantren yang beralamat Jatibarang Kidul Kabupaten Brebes hanya membekali santri dengan keahlian komputer dan beberapa kesenian seperti hadrah dan pencak silat.

Ponpes Al Falah

Ponpes Al Falah adalah pondok pesantren modern yang mencetak santri berkarakter, mandiri dan beradap. Di ponpes pembelajaran berbasis akhlakul karimah menjadi prioritas. Maka dari itu, diharapkan lulusannya bisa berbakti kepada negara dan agamanya dalam bentuk tingkah laku luhur dan bermoral.

Pondok pesantren diresmikan tahun 2006. Di dalamnya didirikan beberapa pendidikan formal seperti SMP, SMA  dan SMK. Bahkan ada perguruan tinggi yang diberi nama STKIP Nusa Indonesia.
Fasilitas pondok sangat lengkap.

Selain ada laboratorium komputer dan lapangan olahraga, masih didirikan koperasi santri yang berdekatan dengan asrama. Tak hanya itu, ponpes yang ada di Jalan Taman Makam Pahlawan 01, Jatirokeh Brebes juga mengajarkan cara Qiroah yang benar.

Pondok Pesantren Bustanul Falah

Bustanul Falah berdiri tahun 1989. Salah satu pendirinya adalah H. Nasori Bin Arsadirana dan pengasuh pertama adalah ulama kharismatik H. Husnan Muktar Bin Mukhtar.

Pondok Bustanul Falah adalah pesantren salaf yang sistem pengajarannya sorogan dikolaborasikan dengan bandongan. Sekalipun begitu, pendidikan formalnya cukup lengkap. Selain RA juga ada MTS dan Aliyah.

Selain kajian kitab kuning dan kitab klasik, para santri juga dibekali pengembangan bakat. Seperti Kursus elektro, komputer, dan berwirausaha.

Maka dari itu, di pondok ini santri tidak hanya belajar mengaji tetapi juga belajar menjalani hidup yang keras. Pondok Bustanul Falah ada di Desa Bandungsari, Kec. Banjarharjo, Kab Brebes, Jawa Tengah.

Ponpes Barokatul Quran

Ponpes Barokatul Quran adalah pondok pesantren yang mendidik anak-anak Brebes untuk cinta Al Quran. Bahkan di sini para santri MI terbiasa membaca kitab suci sebelum masuk kelas. Selain itu, mereka diajarkan cara menghafal Al Quran dengan cepat dan tidak membosankan. Para ustaz berpengalaman siap membimbing santri dengan baik dan telaten.

Hingga saat ini sudah ada ratusan santri mukim di pondok pesantren. Mereka terpencar di beberapa lembaga pendidikan seperti MI, MTS dan Aliyah. Sekalipun begitu, santri yang ingin pulang ke rumahnya pasca belajar tetap diperbolehkan.

Pondok pesantren Barokatul Quran berdiri megah di alamat Gg. Murai Batu, Gandasuli, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes.

Pendidikan islam di Jawa Tengah terutama di Brebes mulai berkembang. Untuk mengetahuinya silakan baca di daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Brebes.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Brebes yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel