Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Pondok Pesantren Terbaik di Brebes yang Bisa Menjadi Pilihan


Kabupaten Brebes adalah salah satu wilayah yang terkenal dengan telur asin dan bawang merahnya yang khas. Tak hanya itu, wilayah ini juga paling padat penduduk di tingkat Provinsi Jawa Tengah, bahkan berdasarkan data Badan Pusat Stastitik (BPS), bahwa kabar terbaru ini untuk jumlah penduduk di Kabupaten Brebes sekitar 2 juta penduduk pada tahun 2022.

Angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021 dengan 1,9 juta penduduk. Beberapa hal untuk mengakomodir  Masyarakat maka didirikanlah lembaga pendidikan islam yang bisa dijadikan tempat untuk menimba ilmu agama. Sebagian besar pondok pesantren di Jawa Tengah khususnya Brebes maju dan terkenal. Bahkan santrinya banyak berdatangkan dari luar kota seperti, halnya Kabupaten Tegal, Cirebon, Kunungan, Pemalang dan Jakarta. Hal ini disebabkan konsep pendidikan antara tradisional dan modern, sehingga fasilitas ponpes di Brebes pun diperlengkap.

Pesantren di Brebes


Sebagian besar pondok pesantren di Brebes maju dan terkenal. Bahkan santri mukimnya berdatangan dari luar kota seperti Cilacap dan Tegal. Hal ini disebabkan kurikulum pendidikan yang memadukan antara salafiyah dan khalafiyah.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Brebes

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Brebes

Karena mengusung konsep pendidikan tradisional dan modern, maka fasilitas pondok pesantren di Brebes diperlengkap. Bahkan ada yang menyediakan rumah sakit hingga aula berkapasitas ribuan orang. Ini dia daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Brebes:

1. Ponpes Al Hikmah 1 dan 2

Ponpes Al Hikmah bisa dikatakan adalah salah satu pesantren tertua yang ada di Brebes. Pondok Pesantren ini berdiri pada tahun 1911 dengan pendiri adalah KH. Kholil Bin Mahali. Bahwa beliau merintis pesantren ini setelah pengembaraannya menimba ilmu.

Sistem kurikulum yang digunakan di dalam pesantren Al-Hikmah adalah Kurikulum Diknas dan Kurikulum Pesantren. Jenjang pendidikan pesantren ini pun juga ada pendidikan formal dari kanak-kanak sampai dengan dewasa. Jenjang tersebut antara lain; Taman Kanak-Kanak, MI, SMP;MTS; MA; SMK Keperawatan dan Farmasi; Madrasah Muallimin Muallimat, AKPER (Akademik Keperawatan) dan STAI Al Hikmah serta Ma’had Aly dan program Tahfidzul Qur’an.

Alamat lengkap:

  • Pesantren Al-Hikmah 1: Jl. KH. Zaruki No. 13 Benda Satu, Benda, Kec.  Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah 52272
  • Pesantren Al-Hikmah 2: Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Benda Dua, Benda, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah 52272
  • Website resmi: https://alhikmahdua.net/ dan https://alhikmah1.or.id/

2. Ponpes Darussalam 

Pondok pesantren terbaik kedua adalah Ponpes Darussalam. Ponpes ini didirikan pada tanggal 1988 oleh Syaikh Sholeh Muhammad Basalamah. Ponpes ini hanya mengusung sistem pendidikan salaf atau tradisional yakni pendidikan keagamaan saja seperti Tahfidz Quran dan kajian kitab klasik.

Ponpes Darussalam menerapkan kurikulum tarbiyyatussalaf, yang diadopsi dari pembelajaran di Timur Tengah. Dengan begitu ijazah yang dikeluarkan dari ponpes Darussalam bisa digunakan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi. Tidak hanya di dalam negeri, kuliah di Timur Tengah juga bisa menggunakan ijazah tersebut.

Sekalipun begitu ijazah yang dikeluarkan bisa digunakan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi. Tidak hanya di dalam negeri, kuliah di timur tengah juga bisa menggunakan ijazah tersebut. Pondok pesantren yang beralamat Jatibarang Kidul Kabupaten Brebes hanya membekali santri dengan keahlian komputer dan beberapa kesenian seperti hadrah dan pencak silat.

  • Alamat lengkap pesantren: Jl. Pramuka No.110 Jatibarang, Kabupaten Brebes.

3. Ponpes Nurul Hayah

Selanjutnya adalah Pondok Pesantren Nurul Hayah, berdiri di atas lahan 5 hektar, Ponpes Nurul Hayah merupakan pondok modern di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang berdiri pada tahun 2018 dengan menawarkan konsep pendidikan pesantren modern dan salaf, dengan program unggulan sains, bahasa Inggris dan Arab, serta tahfidzul Quran dan kitab kuning sebagai ciri khas pondok pesantren salaf.

Dengan demikian Pondok Pesantren Nurul Hayah bisa dikatakan sebagai solusi terkini bagi para orang tua yang berharap putera-puterinya mempunyai cara pandang yang modern, tetapi tidak meninggalkan tradisi yang dibangun para ulama terdahulu.

Visi Pondok Pesantren Nurul Hayah ini tentunya tidak lepas dari peran pembina sekaligus pengasuhnya yakni Dr. KH. Jafar Ath-Thayyar Lc. MA yang memiliki latar belakang pendidikan modern dan salaf, beliau menyelesaikan pendidikannya di Universitas Al Ahqaf Yaman dan juga menimba ilmu di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gersik, Provinsi Jawa Timur. 

Pondok Pesantren Nurul Hayah memiliki beberapa unit pendidikan yakni SMP Nurul Hayah, SMA Nurul Hayah , dan Tafaqquh Modern yang memiliki dua program yakni kajian kitab kuning dan Tahfizhul Quran.

SMP dan SMA Nurul Hayah, menampilkan wajah baru pondok pesantren yang akhirnya membuat para santri di pondok pesantren seperti terasa di rumah. Hal ini, terlihat dari sarana dan prasarana yang disiapkan untuk para santri SMP-SMA Nurul Hayah, lingkungan belajar yang ramah anak, ruang belajar yang memadai, hunian yang nyaman dan bersih, asrama yang ber-AC, lingkungan yang asri, kolam renang, fasilitas olahraga, laboratorium bahasa, lab. IPA, lab. Komputer, dan fasilitas pendukung lainnya.

Kehadiran Ponpes Nurul Hayah di tengah-tengah masyarakat, mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa, sehingga dalam kurun waktu yang relatif singkat, jumlah siswanya terus mengalami peningkatan hingga mencapai dua puluh lima rombel di SMP dan SMA Nurul Hayah tahun 2023 ini, yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

SMP-SMA Nurul Hayah Islamic Boarding School mempersiapkan siswa-siswinya menjadi orang-orang yang profesional di bidangnya masing-masing. Oleh karena itu, siswa-siswi SMP-SMA Nurul Hayah Islamic Boarding School dibekali ilmu umum yang cukup, pendidikan keagamaan dan pendidikan karakter akhlak yang baik, sebagai ciri khas pondok pesantren dan juga Tahfizhul Quran.

Sehingga mereka kelak tidak hanya mengisi ruang kerja di instansinya masing-masing, tetapi pada akhirnya mereka mampu bekerja sekaligus juga berdakwah di tengah-tengah komunitasnya.

  • Alamat : Jl. Lingkar Provinsi No. 007 RT 001 RW 003 Desa Bulakelor, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah 52263.
  • Website : https://ponpesnurulhayah.com/

4. Ponpes As Salafiyah 

Ponpes As-Salafiyah ini berdiri pada tahun 1940. pendirinya adalah KH Manshur. Sesuai namanya, pesantren ini masih mengusung ciri khas salaf dan tanpa pendidikan formal dalam pengajarannya. Dalam perjalanannya, pesantren ini sempat beberapa kali kosong tak berpenghuni. Hingga pada akhirnya pesantren ini baru stabil sejak tahun 1973.

Sejak tahun 2013 pihak pondok mulai membuka pendaftaran untuk sistem pendidikan modern. Maka dari itu, lahirlah tiga pendidikan formal yaitu MTS, SMP dan Aliyah. Semuanya dilengkapi fasilitas laboratorium, perpustakaan dan koperasi santri. Untuk mondok di sini silakan datangi Jalan MT Haryono Saditan Brebes, Jateng.

Sebagai pesantren salaf, tentu metode kajian kitab yang digunakan adalah metode wetonan, klasikal dan sorogan. Setiap santri akan dididik untuk bisa menguasai ilmu gramatika bahasa Arab atau Nahwu, Sharaf, balaghah (maany, bayan, badi’), dan mantiq secara mendalam karena ilmu-ilmu tersebut dipelajari serius dan menempati porsi cukup besar dalam kurikulum pesantren salaf di samping fikih madzhab Syafi’i.

5. Ponpes Modern Al Falah

Pondok Pesantren Modern Al Falah adalah pondok pesantren modern yang mencetak santri berkarakter, mandiri dan beradab. Ponpes ini didirikan pada tanggal 28 Rajab 1432 H / 26 Juni 2010 M, yang didirikan oleh Al Maghfurlah K.H. Moch. Nasrudin Tarsyudi.

Meskipun masih sangat muda, pesantren ini sudah menjelma menjadi salah satu pesantren terbesar di Brebes. Di dalam Ponpes Modern Al-Falah ini terdiri beberapa pendidikan formal seperti MTs, SMP IT, SMA, dan SMK serta ada perguruan tinggi yang diberikan nama STKIP Nusa Indonesia dengan fasilitas pondok yang sangat lengkap.

Alamat lengkap pesantren: Jalan Taman Makam Pahlawan No.1 Desa Jatirokeh Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Jawa Tengah 52266.

6. Ponpes Barokatul Quran

Ponpes Barokatul Quran adalah pondok pesantren yang mendidik anak-anak Brebes untuk cinta Al Quran terutama untuk bisa menghafal. Hingga saat ini sudah ada ratusan santri mukim di pondok pesantren.

Hal ini membuat mereka terpencar di beberapa lembaga pendidikan seperti MI, MTS dan Aliyah. Namum jika ada santri yang ingin langsung pulang ke rumah setelah kegiatan KBM pun tetap diperbolehkan.

  • Alamat Pondok Pesantren : Gg. Murai Batu, Gandasuli, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

7. Ponpes Modern Darunnajat

Berikutnya adalah pondok pesantren Modern Darunnajat, mulai dirintis pada tahun 1950 oleh KH Masyhudi. Sesuai dengan namanya pesantren ini menggunakan sistem pendidikan modern atau disebut pesantren modern karena pesantren ini menerapkan sistem pendidikan di Ponpes Gontor. Dimana mewajibkan santrinya untuk menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam kesehariannya. 

Saat ini, Ponpes Darunnajat menyelenggarakan program pendidikan Kulliyyatul Mu’allimin/Mu’allimat al-Islamiyyah (KMI) dengan jangka waktu 6 tahun yang terdiri atas Madrasah Aliyah, dan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN). Alamat lengkap pesantren: Tegalmunding Rt 05 Rw 06, Desa Pruwatan, Kec Bumiayu, Kab Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa pendidikan berbasis islam di Jawa Tengah terutama di Brebes mulai berkembang. Maka dari itu, diharapkan lulusannya bisa berbakti kepada negara dan agamanya dalam bentuk tingkah laku luhur dan bermoral.

Nah, kira-kira, sudah ada gambaran mau nyantri di Pondok Pesantren Terbaik di Brebes yang mana?. Oh ya, jika Anda tahu ada pondok bagus yang belum kami list, infokan di komentar ya! Terimakasih banyak!

43 komentar untuk "7+ Pondok Pesantren Terbaik di Brebes yang Bisa Menjadi Pilihan"

Anonim 20 Mei 2023 pukul 18.51 Hapus Komentar
Ponpes Al hikmah benda ga masuk yah?
Anonim 4 Oktober 2023 pukul 19.58 Hapus Komentar
Alhamdulillah anak kami mondok di nurul hayah brebes .tempatnya nyaman dan pelayanan nya OK
Hary62.blogspot.com 4 Oktober 2023 pukul 20.19 Hapus Komentar
Ponpes Nurul Hayah Luar Biasa... Ponpes baru tp hebat, baik prestasinya maupun sarprasnya
Hary62.blogspot.com 4 Oktober 2023 pukul 21.04 Hapus Komentar
Ponpes Nurul Hayah Ketanggungan... Mantap... Sekolahe keren, pondok e beken...
Anonim 4 Oktober 2023 pukul 21.30 Hapus Komentar
Belajar di PP nurul Hayah Alhamdulillah fasilitas nya oke
Sebagian Gurunya alumni dari universitas terkemuka di timur tengah
Sanad keilmuanya sambung ke nabi Muhammad Saw
Anonim 4 Oktober 2023 pukul 23.39 Hapus Komentar
Ponpes nurul hayah tahun depan sudah ada smk nya loh jadi nanti pendidikannya mulai dari smp sma dan smk jadi makin lengkap
Anonim 5 Oktober 2023 pukul 20.33 Hapus Komentar
Alhamdulillah pernah berkunjung ke pondok nuha pondok nya asri dan bagus
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 00.21 Hapus Komentar
Pondok yang bagus dan sesuai dg perkembangan zaman diera digitalisasi ini. Recomended 👍Semoga Ponpes Nurul Hayah semakin Maju dan Berjaya
Tri mulyani 7 Oktober 2023 pukul 00.23 Hapus Komentar
MasyaAllah pondok pesantren Nurul Hayah secara attitude good job 👍
Tri mulyani 7 Oktober 2023 pukul 00.23 Hapus Komentar
MasyaAllah pp Nurul Hayah
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 00.28 Hapus Komentar
Ma sya Allah anak saya juga sudah di Nuha Alhamdulillah betah 😍😍
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 00.29 Hapus Komentar
Anak saya mondok di Ponpes Nurul Hayah, sekarang masih SMP, alhamdulillah betah, inshaAllah nanti SMA lanjut disana juga 🥰
FAHTRIA YULIANI 7 Oktober 2023 pukul 00.39 Hapus Komentar
Masya Allah Tabarakallah Ponpes Nurul Hayah masuk di urutan ketiga Ponpes terbaik di Brebes. Semoga ke depan Ponpes Nurul Hayah semakin maju, sukses, dan bertambah banyak lagi santrinya. Aamiin
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 00.48 Hapus Komentar
MasyaAllah tabarakallah, Ponpes Nurul Hayah Ketanggungan sudah masuk Ponpes terbaik. Alhamdulillah anak saya mondok disitu betah karena sudah berbasis modern. Semoga makin maju dan sukses perkembangannya. 👍
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 00.58 Hapus Komentar
Saya tau pesantren Nurul hayah ketanggungan. Memiliki banyak fasilitas yang bagus dan sangat recommended untuk anak2 SMP dan SMA yang mau melanjutkan pendidikan baik pengetahuan umum ataupun pengetahuan agama🙏
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 00.58 Hapus Komentar
Sangat bagus pondok pesantren nya
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 00.59 Hapus Komentar
Sangat bagus pondok pesantren nurul hayah
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 01.19 Hapus Komentar
Masya Allah ponpes nuha memang pondok modern yang bagus banget, keren dah pokoknya👍
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 01.36 Hapus Komentar
Nurul Hayah islamic Boarding School Pondok Modern fasilitas nya luar biasa dan Alhamdulillah anak saya sudah ke Nuha sekarang kelas 2 SMP betah 😍
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 01.38 Hapus Komentar
Nurul Hayah Ketanggungan The Best👍
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 01.40 Hapus Komentar
Ponpes Nurul Hayah smoga selalu menjadi yg terbaik,,aamiin
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 01.45 Hapus Komentar
Pondok Nurul Hayah ketanggungan memadukan ilmu salaf dg ilmu kekinian dg fasilitas Ok
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 01.57 Hapus Komentar
Nurul Hayah Berkah.. sukses.... AllahuAkbar✊️🥳🥳
Saeful Arifin 7 Oktober 2023 pukul 03.01 Hapus Komentar
Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan Brebes memadukan konsep salaf dan modern
Tika 7 Oktober 2023 pukul 05.11 Hapus Komentar
Masyallah pondok pesantren Nurul hayah memang bagus, fasilitasnya lengkap dan tempatnya juga aman dan nyaman, keponakan saya mondok disini Alhamdulillah semakin baik akhlaknya.
Hary62.blogspot.com 7 Oktober 2023 pukul 07.21 Hapus Komentar
Progres yg luar biasa ponpes Nurul Hayah Ketangungan memiliki sarpras yang lengkap, lahan yg luas dan nyaman, jauh dr keramain, bangunan asrama santri begitu megah dilengkapi dg AC, ruang kelas dilengkapi dg akses internet, kolam renang, taman dan gazebo untuk santai, kantin, mini market, masjid, dll
Nindy 7 Oktober 2023 pukul 07.47 Hapus Komentar
Pondok Pesantren modern di Brebes, Jawa Tengah. Tersedia pendidikan formal SMP, SMA, SMK (sudah dibuka pendaftrannya di tahun 2023 ini) dan Tafaqquh modern. Jenis pembelajarannya pun sudah sangat maju, dengan mengaplikasikan media pembelajaran berbasis digital sehingga memudahkan siswa belajar baik ilmu agama maupun umum. Sehingga hal ini yg membuat siswa-siswinya dapat bersaing dalam berbagai lomba-lomba baik tingkat kecamatan, kabupaten, maupun nasional. MasyaAllah.
Nindy 7 Oktober 2023 pukul 14.49 Hapus Komentar
Pondok Pesantren Nurul Hayah

Pesantren modern dengan fasilitas yang nyaman utk aktivitas sekolah formal maupun menimba ilmu agama. Beberapa prestasi juga diraih, baik bidang akademik maupun non akademik.
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 17.54 Hapus Komentar
Pondok pesantren Nurul Hayah terbaik, walau baru tapi mampu bersaing dengan pondokan yang sudah lama
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 19.59 Hapus Komentar
Ponpes NUHA baru tapi perkembangannya luar biasa.. tetaplah Ahlu Sunnah waljamaah
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 20.17 Hapus Komentar
PonPes Nurul Hayah smga selalu amanah dalam mendidik dan menuntun santri2 nya...NurulHayah The Best
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 20.42 Hapus Komentar
Alhamdulillah.. mudah2an seluruh santrinya kelak akan menjadi generasi penerus bangsa yg berkualitas,cerdas,sholeh sholehah, berakhlak mulia,dan mampu mengangkat derajat kedua orang tua dan keluarganya baik di dunia maupun di akhirat.. Aamiin ya Allah..
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 20.50 Hapus Komentar
Ponpes Nurul Hayah salah satu ponpes modern yang sangat bagus , baik pendidikan agamanya,pendidikan umum,dan juga pendidikan karakternya👍
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 21.50 Hapus Komentar
Ponpes yg menjadi pilihan mencetak anak mandiri dan menjadi anak Soleh dan Solehah...kami percayakan anak kami di Nurul hayah
Anonim 7 Oktober 2023 pukul 23.10 Hapus Komentar
masya Allah,,terima kasih atas informasinya

Evi Rahmawati Alvia 8 Oktober 2023 pukul 04.27 Hapus Komentar
Ponpes Nurul hayah ..ponpes terbaik..semoga terus maju dan berkembang sehingga bisa melahirkan santrawan santriwati yang hebat dan bertakwa serta memegang teguh dienul Islam
Anonim 8 Oktober 2023 pukul 07.12 Hapus Komentar
Nurul Hayah peringkat 3
Thania 8 Oktober 2023 pukul 15.39 Hapus Komentar
Masya Allah ada ponpes Nurul Hayah diurutan ketiga. Ponpes modern dengan fasilitas sarpras dan sistem pembelajaran yang sangat baik. Semoga kedepannya akan semakin lebih baik dan bagus, juga santrinya semakin banyak. Aamiin.
Maritsa Zaviar 8 Oktober 2023 pukul 17.42 Hapus Komentar
Pondok pesantren Modern dengan fasilitas yg sangat memadai. Pembelajaran dengan media yg sudah digitalisasi. Sekolah sekaligus belajar agama. Pondok nyaman dan aman ya Nurul Hayah.
Anonim 8 Oktober 2023 pukul 19.27 Hapus Komentar
Ponpes Nurul Hayah adalah ponpes modern yang sangat nyaman, luas, dan menghasilkan santri-santri yang memiliki kualitas luar biasa
Anonim 10 Oktober 2023 pukul 03.14 Hapus Komentar
Pondok pesantren Nurul Hayah is the modern Pondok pesantren.,
I wish all the best.,
May Allah SWT blessed.
Anonim 16 Oktober 2023 pukul 00.12 Hapus Komentar
Alhamdulillah.anak saya sudah mondok di ponpes Nurul Hayah.
Tempatnya sangat nyaman.
Mari meraih berkah bersama Nurul Hayah
Anonim 16 Oktober 2023 pukul 00.14 Hapus Komentar
Nurul Hayah is the best