Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21+ Nama Angkatan Santri di Pondok Pesantren dan Artinya

Nama angkatan dalam dunia pesantren memang sangatlah diperlukan, hal ini biasanya dilakukan agar mempermudah dalam penyebutan jika ada reonian. Karena di PonPes tentusaja nama-nama angkatannya lazim mempergunakan ciri khas Islam, meskipun tak menampik kemungkinan ada nama-nama mempergunakan Bahasa Inggris, Arab, sampai bahasa Indonesia.

Oleh sebab itulah untuk ulasannya dalam artikel ini kami akan membagikan contoh nama angkatan untuk santri yang bernuansa Islami dan artinya.

Nama Angkatan Pondok Pesantren


Serangkaian nama angkatan yang ada di Pondok Pesantren ini kami dapatkan dari beberapa referebsi baik dalam Instragam, Facebook, sampai pada pengamalan penulis sendiri. Biasanya untuk mulai dipergunakannya nama angkatan ini terjadi ketika tahun ajaran baru atau ketika akan memasuki pesantren.

Bahkan tak jarang dalam melekatkannya pun membuat simbul atau ciri khas seperti membuat Kaos, Jaket, sampai PIN yang kemudian setelah wisuda/lulus nama ini juga dipergunakan untuk groum media sosial, baik facebook, whatshaap, sampai membuat akun instagram tersendiri.

Contoh Nama Angkatan Santri dan Artinya


Untuk memperjelas akan beberapa contoh penyebutan dalam nama angkatan tersebut, antara lain adalah sebagai berikut;

1. Saqof

Saqof merupakan singkatan dar nama angkatan di Pondok Pesantren yang memiliki kepanjangan Santri As Queen Of Fighter. Nama ini hasil kolaborasi pembahasaan Arab dan Inggris, yang secara nyata memiliki makna  untuk Bahasa Arab adalah Peneduh/Pengayom. Cukup elegan dipergunakan juga dalam nama angkatan kalian di Pondok Pesantren, kan.

2. Angsa 27 DF

Untuk nama lain yang bisa dipergunakan di Pondok Pesantren adalah Angsa DF yang memiliki kepanjangan daripada Angkatan Santri Darul Falah, penggunaan nama ini memang sih diakui paling keren sebab tinggal menyesuakan belakangnya saja, misalnya mengganti DF dengan nama Pondok Pesantren mu saja, kan ya.

3. Sparevation

Selanjutnya yang bisa dipergunakan dalam membuat nama angkatan di Pondok Pesantren ialah Bahasa Inggris dengan kepanjangan Sparkling Future Of Fifth Generation. Penggunaan dalam penulisan ini kemudian disingkan menjadi Sparevation. Secara jelas untuk makna yang bisa diambil ialah sebuah masa depan cermerlang dari generasi kelima.

4. Friexlif

Selanjutnya yang bisa dipergunakan dalam penulisan nama angkatan ialan Friexlif dari kepanjangan Friends Explain Life. Pembuatan dalam penulisan ini bisa dilakukan dalam berbagai hal. Sebab sangat eran kaitannya nama dalam bahasa Inggris ini juga dipergunakan dalam geng di kelas atau kelompok yang ada di kelas, kan.

5. Alibi

Bagi yang pernah tinggal di Pondok Pesantren tentusaja sangat mengenal dengan Kitab Alfiyah Ibnu Malik, sebab kitab nahwu ini untuk di Indonesia sangat dikenal sekali keberadannya dan kerap kali menjadi kewajiban untuk dipelajari. Bagi kalian yang sedang berada di kelas ini bisa membuat nama angkatan kalian menjadi Alibi yang memiliki kepanjangan daripada Alfiyha Ibnu Al Maliki.

6. Syafa'at

Selanjutnya yang mungkin bisa menjadi rujukan dalam pembuatan nama Angkatan inialah terkait dengan nama Syafa'at yang berasal dari Bahasa Arab. Akan tetapi disini dipergunakan untuk nama kelas ya, sebab memiliki kepanjangan daripada Santri Ye Akang Fatonah Andap Ssor Tingkahe.

7. D'bilqis

Penggunaan untuk nama angkatan selanjutnya yang bisa dipilih untuk di Pondok Pesantren adalah D'bilqis yang memiliki kepanjangan daripada Dji Of Bil Qudwah Fi Sabilillah. Nama ini bisa menjadi pilihan terbaik sebab dengan kolaborasi bahasa Indonesia dan Inggris singkatan dan kepanjangannya lebih ciamik.

8. MILLENNIUM18

Selanjutnya untuk nama angkatan di Pondok Pesantren yang bisa dipergunakan ialah MILLENNIUM 18 yang secara singkat nama singkatan ini memiliki kepajangan daripada Alumni Pesantren Modern Daarul Uluum Lido 2019, kalian bisa mencontohnya kan ya.

9. Ardilas

Selanjutnya yang mungkin bisa menjadi referensi daripada nama angkatan di Pondok Pesantren ialah penyebutan Ardilas yang memiliki kepanjangan daripada Arek RU Dua Ribu Dua Belas. Singkatan Ardilas ini dipergunakan untuk salah satu nama Pondok Pesantren di Lampung. Kalian tentusaja bisa mencontoh dalam membuatnya.

10. Virtuous Generation

Daftar contoh tentang nama angkatan santri dan artinya yang bisa dicoba ialah Virtuous Generation dimana angkatan santri ini dipergunakan oleh salah satu cabang pondok pesantren Gontor.

Artinya sendiri ialah bagian generasi yang berbudi pekerti luhur, mengutamakan adab dan menjunjung tinggi al-akhlaq al-karimah dalam meneguhkan qiyam Islamiyah dan identitas Gontori, demi mewujudkan khairu ummah.

11. Classical

Classical adalah salah satu contoh nama angkatan santri yang keren dengan mempergunakan Bahasa Inggris dimana khusus pada penamaan sekaligus penggunaan nama angkatan untuk santri ini sendiri cocok bagi beberapa pondok pesantren salafiyah lho ya. Maknanya sendiri ialah klasik yang berarti bisa saja untuk pondok pesantren slafiyah yang identik dengan sistem pendidikan klasik ataupun lama namun tetap sesuai dengan kondisi sekarang.

12. صف الوحدة (Saf Al-Wahda)

Singkatan: وفهم (Wafham), حب (Hubb), وحدة (Wahda), تعاون (Ta'awun), إشتياق (Ishtiaq) yang berarti menjadi kelas yang mementingkan pemahaman, kasih sayang, persatuan, kerja sama, dan rindu bersama.

13. صف الإلهام (Saf Al-Ilham)

Singkatan: إبداع (Ibda'), لطف (Lutf), همة (Himmah), إلهام (Ilham), تميز (Tamayyuz), إكتشاف (Iktishaf), مجد (Majd) yang berarti menjadi bentuk kelas yang penuh dengan kreativitas, kelembutan, semangat, inspirasi, keunggulan, penemuan, dan kemuliaan.

14. صف الانسجام (Saf Al-Insijam)

Adapun untuk singkatannya ialah إنسانية (Insaniyyah), نبل (Nubala), سلام (Salam), جمع (Jam'), إنسجام (Insijam), أمل (Amal), مشاركة (Musharakah). Yang arti menjadi kelas atau angkatan yang memelihara kemanusiaan, keadilan, kedamaian, kerjasama, harmoni, harapan, dan partisipasi.

15. صف الحلم (Saf Al-Hulum)

Singkatan: حب (Hubb), إحترام (Ihtiram), لهفة (Lahfah), مثابرة (Muthabarah), إبتكار (Ibtikar). Adapun untuk artinya sendiri menjadi kelas yang penuh dengan kasih sayang, penghormatan, semangat, ketekunan, dan inovasi.

16. صف الريادة (Saf Al-Riyadah)

Adapun singkatannya sendiri ialah رؤية (Ru'iyah), إبتكار (Ibtikar), يقظة (Yaqzah), أمانة (Amanah), دهاء (Dahaa') yang artinya menjadi kelas yang memiliki visi, inovasi, kewaspadaan, integritas, dan kecerdasan.

17. صف الصداقة (Saf Al-Sadqah)

Singkatan: صداقة (Sadqah), أخوة (Akhawah), دعم (Da'm), أمانة (Amanah), قوة (Quwah), حماس (Hamas) yang artinya menjadi kelas yang diwarnai oleh persahabatan, persaudaraan, dukungan, integritas, kekuatan, dan semangat.

18. صف التفوق (Saf Al-Tafaquq)

Singkatan: تطور (Tatawwur), إبداع (Ibda'), فهم (Fahm), تفان (Tafaan), إجتهاد (Ijtihad), قوة (Quwah) yang artinya menjadi angkatan untuk berkembang, kreatif, paham, berdedikasi, berusaha keras, dan kuat.

19. صف السعادة (Saf Al-Sa'adah)

Adapun singkatannya ialah سعادة (Sa'adah), تفاؤل (Tafa'ul), حميمية (Hamiimiyah), إنجاز (Injaaz), وفاء (Wafaa') yang artinya menjadi kelas yang penuh kebahagiaan, optimisme, kedekatan, prestasi, dan kesetiaan.

20. صف الجهاد (Saf Al-Jihad)

Yang singkatannya ialah جد (Jidd), همة (Himmah), إخلاص (Ikhlaas), جهاد (Jihad), علم (Ilm), دعوة (Da'wah) yang artinya menjadi kelas yang serius, memiliki semangat, ikhlas, berjuang, berpengetahuan, dan berdakwah.

21. صف العزم (Saf Al-'Azm)

Singkatan: عزم (Azm), لهفة (Lahfah), إصرار (Israar), قوة (Quwah), مثابرة (Muthabarah) yang artinya menjadi angkatan ataupun kelas yang penuh dengan tekad, semangat, keteguhan, kekuatan, dan ketekunan.

Nah, itulah tadi nama-nama singkatan di Pondok Pesantren dan kepanjangan serta artinya. Baik yang diabuat dalam bahasa Inggris ataupun dalam Bahasa Arab. Semoga melalui artikel ini memberikan wawawasan serta menambah akronim untuk nama singkatan kalian ya. Trimakasih, jika ada tambahan jangan lupa berikan masukan di kolom komentar.

11 komentar untuk "21+ Nama Angkatan Santri di Pondok Pesantren dan Artinya"

Unknown 6 Juni 2020 pukul 06.30 Hapus Komentar
Huaaaaaa aku masuk google 😂
Unknown 31 Mei 2021 pukul 09.04 Hapus Komentar
Bagus sih ini
Admin 19 Juni 2021 pukul 16.44 Hapus Komentar
Hehehe, iyaaaa. Apakah ada rekomendasi nama lain kira-kira hehehe
Admin 19 Juni 2021 pukul 16.45 Hapus Komentar
Iyaaa donk :)
Anonim 31 Agustus 2022 pukul 00.59 Hapus Komentar
sokap
Anonim 13 November 2022 pukul 21.30 Hapus Komentar
METAL 2022 (MEngkaji kiTab AL fiyah) tahun 2022
Anonim 5 Februari 2023 pukul 18.46 Hapus Komentar
Sama dong
Dani alex 13 Juni 2023 pukul 07.25 Hapus Komentar
GTA (generasi tamatan al fiyah ibnu malik)@murdanias
Dani alex 13 Juni 2023 pukul 07.26 Hapus Komentar
Alhamdulilah mugo2 semangat hafalane
Anonim 20 Agustus 2023 pukul 22.19 Hapus Komentar
okwehhh makwasihh buanyakkk kakakkkkk sayang banyak banyak lope sekebonnnn
Agus Salim Nasution, S.E 16 September 2023 pukul 00.41 Hapus Komentar
pette jolo