Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Singkatan Nama Kelas Islami dan Artinya

 

Singkatan Nama Kelas Islami dan Artinya

Nama angkatan santri di pondok pesantren sebagai lembaga nonformal ataupun di sekolahan sebagai lembaga pendidikan formal yang bernuansa islami dan artinya barangkali dibutuhkan oleh sebagi orang. Alasannya karena dalam perjalanan mengenal arti dari setiap huruf singkatan ini akan membentuk kesatuan dan menghilangkan tanda tidak betah di pesantren.

Oleh karena itulah singkatan nama kelas Bahasa Arab yang Islami adalah cara kreatif untuk memberikan nama kelas atau kelompok yang memiliki makna mendalam dari unsur-unsur bahasa Arab atau Islam. Namun yang pastinya setiap huruf yang digunakan dalam singkatan ini memiliki arti tersendiri dan berkaitan dengan nilai-nilai Islami yang diajarkan dalam agama Islam.

Singkatan Nama Kelas Islami

Menggunakan singkatan nama kelas Islami memiliki manfaat yang sangat penting terutama dalam lingkungan pendidikan atau kegiatan kelompok lainnya. Berikut adalah contohnya;

1. Kelas IMAN

Singkatan dari penyebutan kelas Iman memiliki singkatan Ikhlas, Mujahidin, Al-Quran, Nurusshafa. Dimana artinya kelas yang ditekankan pada keikhlasan dalam segala hal, semangat berjuang dalam agama, memahami dan mengamalkan Al-Quran, serta membawa cahaya petunjuk.

2. Kelas TAQWA

Singkatan kelas Taqwa adalah Tawakkal, Amanah, Qona'ah, Wara'. Yang berararti kelas yang mengajarkan tawakal kepada Allah, menjaga amanah, hidup dengan cukup, dan menjauhi yang mencurigakan.

3. Kelas AKHLAK

Singkatan dari adanya kelas Akhlak adalah Akhlaq, Kefahaman, Husnudzan, Luthfiyyah, Amilin yang berararti sebagai kelas yang fokus pada pembentukan akhlak yang baik, pemahaman agama, berprasangka baik terhadap Allah dan sesama, kelembutan hati, dan pelaku amal yang baik.

4. Kelas KHALIFAH

Singkatannya ialah Kreatif, Hikmah, Amanah, Loyal, Istiqamah, Fathonah, Aulia, Hafizhah. Yang berararti sebagai bentuk kelas yang mengajarkan kekreatifan, kebijaksanaan, menjaga amanah, loyalitas, istiqamah dalam agama, memiliki pemahaman mendalam, menjadi wali Allah, dan menjaga hafalan Al-Quran.

5. Kelas SOLIDARITAS

Singkatannya sendiri ialah Saling, Orang-orang, Luruskan, Ikatan, Dengan, As-Sabar, Taqwa, Ukhuwah, Sabar. Sehingga artinya ialah bentuk kelas yang mendorong saling membantu, berbuat kebaikan, memperbaiki ikatan di antara anggota, bersabar dalam menghadapi tantangan, memelihara takwa, dan menjaga persaudaraan. 

6. Kelas QALBUN SAKINAH

Singkatannya dari kelas ini ialah Qana'ah, Alim, Luthfiyyah, Baik hati, Ulet, Niat, Shalih yang berararti sebagai kelas yang membawa ketenangan hati dengan meraih kecukupan, memiliki pengetahuan yang luas, penuh kasih dan baik hati, tekun dalam usaha, memiliki niat yang tulus, dan mengamalkan perbuatan baik.

7. Kelas RAHMATAN LIL ALAMIN

Singkatannya sendiri ialah Ridha, Amal, Hikmah, Muamalah, Taqwa, Anugerah, Niat. Adapun artinya sebagai kelas yang berusaha mendapatkan ridha Allah, amal yang baik, kebijaksanaan dalam berperilaku, berinteraksi dengan baik, menjaga takwa, memberikan anugerah kepada semua, dan memiliki niat yang ikhlas.

8. Kelas JIHAD CINTA

Singkatannya sendiri ialah Jujur, Ikhlas, Husnudzan, Amal, Damai. Barangkali ini menjadi salah satu bentuk nama angkatan aesthetic bahasa arab karena artinya sendiri sebagai kelas yang mengajarkan pentingnya jujur, ikhlas dalam segala tindakan, berprasangka baik, beramal baik, dan hidup dalam kedamaian.

9. Kelas BARKAH HIDUP

Singkatannya ialah Berkat, Amal, Ridha, Kehidupan, Al-Quran, Hidayah, Ikhlas, Doa. Oleh karena itulah bisa dikatakan bahwa nama grup santri aesthetic ini berarti sebagai kelas yang mencari berkah dalam segala hal, beramal baik, mencari ridha Allah, menghargai kehidupan, mengamalkan ajaran Al-Quran, mendapatkan petunjuk, ikhlas dalam segala hal, dan selalu berdoa.

10. Kelas KETAQWAAN

Yang singkatannya ialah sebagai bentuk kelas yang Keadilan, Etika, Taqwa, Amanah, Qona'ah, Wawasan, Amal. Adapun artinya ialah Kelas yang mementingkan keadilan, mengamalkan etika, menjalankan takwa, menjaga amanah, hidup dengan cukup, memiliki wawasan luas, dan beramal baik.

Dari adanya contoh-contoh singkatan nama kelas yang Islami di atas setidaknya menunjukkan betapa beragamnya singkatan nama kelas yang Islami yang ada di Indonesia baik untuk pondok pesantren SD, pondok pesantren tingkatan SMP/MTs/Sederajat bahkan tingkatan pendidikan SMA/MA/Sederajat

Posting Komentar untuk "10+ Singkatan Nama Kelas Islami dan Artinya"