6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Tuban yang Terkenal


Kabupaten Tuban letaknya strategis, tepatnya berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, di perlintasan Jalan Nasional Daendels. Beberapa wisata alam yang ada di Tuban, seperti Goa Akbar, Air Terjun Nglirip, Pantai Mangrove, dan Sendang Asmoro.

Di Tuban juga terdapat pondok pesantren yang cocok sebagai tempat belajar ilmu agama. Beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tuban dapat Anda baca pada ulasan berikut.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Tuban


Ingin mendalami ilmu agama di Tuban? Anda bisa memilih salah satu di antara pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Tuban berikut ini.

Pondok Pesantren Tarbiyatul Thullab

Pondok pesantren ini berlokasi di Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pendirinya adalah Kiai Suyono Anshori. Pondok pesantren ini didirikan pada tahun 1997. Latar belakang pendiriannya adalah sebagai wadah menggalang keikutsertaan masyarakat untuk meningkatkan dunia pendidikan di Tuban.

Pondok ini termasuk pondok kombinasi yang bukan hanya fokus pada pengajaran ilmu agama, melainkan juga pendidikan formal. Segenap pengurus pondok pesantren berkomitmen untuk menjalankan program wajib belajar 9 tahun dengan baik.

Pondok Pesantren Langitan

Alamat pondok pesantren ada di Jalan Raya Widang Km. 30, Babat, Widang, Tuban, Jawa Timur.
Pondok ini termasuk yang paling tua di Tuban, karena sudah ada sejak tahun 1850-an. Pendirinya bernama KH. Muhammad Nur.

Bermula dari sebuah surau kecil yang digunakan sebagai tempat untuk mengajarkan keluarga dan masyarakat sekitar dalam berjuang melawan penjajah. Karena sudah cukup lama berdiri, maka kepemimpinan pondok ini pun sudah silih berganti. Saat ini pondok sudah menampung hingga 10.000 santri.

Dari masa ke masa, Pondok Pesantren Langitan terus mengalami perkembangan. Meski begitu, pondok ini tetap berpegang pada prinsip untuk memelihara budaya lama yang baik, serta mengambil budaya baru yang membangun.

Pondok Pesantren Hidayatus Salam

Berlokasi di Jalan Kaligede, Dusun Mawot, Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Tuban, Jawa Timur.
Pondok pesantren ini terbilang pondok salafiyah, yang pengajarannya fokus pada ilmu agama. Seperti kebanyakan pondok salaf, di sini diajarkan berbagai kitab kuning dari beragam disiplin ilmu.

Ilmu agama yang dikaji, antara lain fiqih, akhlaq, tajwid, tauhid, nahwu, shorof, tauhid, dan sebagainya.

Jika yang Anda cari adalah pondok pesantren yang fokus untuk mendalami agama, maka Anda bisa memilih pondok ini.

Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Al-Muhibbin

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tuban yang lain adalah PPM 4 Bahasa Al-Muhibbin. Pondok ini lokasinya ada di Jalan Stasiun, Dusun Klagon, Desa Wotsogo, Kecamatan Jatirogo, Tuban, Jawa Timur.

Pendirinya adalah seorang ustadzah bernama Nuzulir Rohmah. Mulanya beliau adalah guru SKI di MTs Salafiyah Asy-Syafi’iyah. Beliau rajin menganjurkan muridnya untuk belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris, Arab, Mandarin, dan Jepang.

Pembelajaran empat bahasa tersebut awalnya dilakukan di kediamannya, dengan hanya 6 murid laki-laki dan perempuan. Waktu berjalan dan murid-muridnya terus bertambah, hingga berjumlah 90 murid laki-laki dan 60 perempuan. Sejak saat itu pondok pesantren dibangun, tepatnya pada tahun 2006.

Pondok Pesantren An-Nihayah

Pondok ini beralamat di Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Berdirinya pondok ini sejak tahun 2008 dan didirikan oleh Ustadz M. Ali Mansur, S.Pd.I. Awalnya ada 4 orang santri yang mengaji kepada beliau. Saat itu beliau masih diamanahkan untuk mengurus Pondok Pesantren Ar-Rofi’iyyah.

Pondok ini memang cenderung bertipe salaf dengan mengaji kitab-kitab kuning yang merupakan kitab klasik ulama terdahulu. Meski begitu, santri juga diajarkan mempelajari berbagai kitab khalaf agar bisa lebih menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Pondok Pesantren Al-Hikmah

Pondok ini berlokasi di Ronggomulyo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
Untuk pembelajarannya, Pondok Pesantren Al-Hikmah menggunakan metode salaf. Meski begitu, pondok ini menyediakan jenjang pendidikan formal yang lengkap, mulai dari TK, MI, MTs, dan MA. Bahkan di sini terdapat STAI Al-Hikmah yang sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat.

Seperti pondok salaf lainnya, pengajaran ilmu agamanya menggunakan metode sorogan dan mengaji berbagai kitab kuning. Jika Anda mencari pondok untuk mendalami Islam dan sekolah formal, Anda bisa datang ke sini.

Sampai sini daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tuban. Apakah Anda sudah menemukan referensi pondok yang Anda inginkan?. Semoga saja ya melalui tulisan ini bisa memberikan referensi yang berarti. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Tuban yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel