Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13+ Pesantren NU Terbesar di Indonesia Modern dan Salafiyah

Pesantren NU Terbesar di Indonesia
Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang digunakan untuk menambah wawasan tentang ilmu Agama Islam. Namun zaman yang semakin modern ini pondok pesantren tidak hanya digunakan untuk pendidikan agama saja, namun juga untuk pendidikan umum. Hal terlihat dari berbagai pesantren yang basisnya dalam ormas NU (Nahdatul Ulama).

Sebagimana yang diketahui bahwa Nahdatul Ulama memiliki peran yang cukup besar dalam kemerdekaan Indonesia bersamaan dengan Muhammadyah. Oleh karena demikian keduanya mempunyai keterkaitan yang tidak bisa dilepaskan.

Pondok Pesantren NU (Nahdatul Ulama)


Pada zaman dahulu istilah penggunaan pondok pesantren sering dianggap remeh dan banyak yang enggan untuk masuk di pondok pesantren. Namun seiring berkembang nya zaman adanya pondok pesantren mampu membuktikan bahwa jika masuk pondok pesantren adalah suatu hal yang membanggakan untuk diri sendiri dan orang lain. Pondok pesantren juga memiliki berbagai jenis yang salah satu terbagi karena Ormas di Indonesia.

Daftar Nama Pesantren NU di Indonesia


Setidaknya dalam hal ini ada akan menginformasikan tentang pondok pesantren Nahdlatul Ulama terbesar yang ada di Indonesia. Diantaranya;

1. Pondok Pesantren Tebuireng

Bagi jam'iyah NU barangkali nama pondok pesanttren Tebuireng sudah tak asing lagi terdengar. Alasannya selain pendirinya yakni Hadratussyaikh Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy'ari sebagai pendiri NU juga banyak tokoh pesantren yang menjadi pemimpin lulusan pondok ini. Salah satunya ialah Gus Dur.

Disisi lainnya, pondok pesantren berada di Jombang ini juga memiliki kampus swasta yang berkualitas baik. Bernama Universitas KH Hasyim Asy'ari Tebuireng (Unhasy).

2. Pondok Pesantren Sidogiri

Pondok pesantren Sidogiri adalah salah satu pondok pesantren terpopuler yang ada di Indonesia. Pondok pesantren Sidogiri ini terletak di Pasuruan Jawa Timur. Pondok pesantren Sidogiri ini didirikan oleh Sayid Sulaiman yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat dan bersama dengan seorang kiyai yang bernama Aminullah. Pondok pesantren Sidogiri ini berdiri pada tahun 1745 sebelum Indonesia merdeka

Namun begitu Pondok pesantren Sidogiri ini masih tetap berkembang sampai saat ini. Pondok pesantren Sidogiri adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki eksistensi yang sangat tinggi walaupun Pondok pesantren Sidogiri adalah pondok tertua yang ada di Indonesia.

Pondok pesantren yang berada di Pasuruan ini juga berhasil menunjukan kemandiriannya dengan bisnis yang telah dirintis oleh pondok ini sendiri.

3. Pondok Pesantren Modern Gontor

Pondok pesantren Modern Gontor adalah pondok pesantren yang telah berdiri pada tanggal 10 April 1926 di Ponorogo Jawa Timur. Pondok pesantren Modern Gontor ini didirikan oleh tiga orang kiyai yang bersaudara dan sering disebut juga dengan Trimurti. Pondok pesantren Modern Gontor adalah salah satu pesantren tertua di Indonesia

4. Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok pesantren Lirboyo adalah pondok pesantren yang telah di populerkan oleh Kyai Sholeh yang berasal dari Desa Banjar Melati.

Pondok pesantren yang ada di Kediri dengan nama Lirboyo ini didirkan pada tahun 1910 yang terletak di kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Pondok pesantren Lirboyo adalah sebuah pondok pesantren yang telah berkembang sebagai salah satu tempat berkembangnya pendidikan islam di Indonesia.

5. Pondok Pesantren Nur El-Falah

Pondok pesantren Nur El Falah adalah pondok pesantren yang telah berdiri pada tahun 1943 yang telah didirikan oleh KH. Hasyim Ashari yang merupakan pendiri dari Nahdlatu Ulama juga. Pondok pesantren Nur El Falah ini terletak di Kp. Kubang Desa Kubang Jaya, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang Banten.

Tujuan dari di bentunya Pondok pesantren yang berada di Kabupaten Serang ini adalah untuk membentuk kader ulama yang intelektual yang sesuai dengan visi misi dari didirikannya Pondok pesantren Nur El Falah ini.

Pondok pesantren Nur El Falah juga merencakan akan membangun sebuah pesantren dengan berbasis teknologi sehingga orang tua santri dapat memantau kegiatan yang di lakukan oleh santri selama di Pondok pesantren Nur El Falah ini.

6. Pondok Pesantren Al Anwar

Pondok pesantren Al Anwar adalah pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1967 yang berada di Desa Karangmangu, Sarang, Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Pondok pesantren Al Anwar di Sarang ini didirkan oleh KH. Maimun Zubair. Pada awalnya Pondok pesantren Al Anwar adalah sebuah mushola yang digunakan untuk tempat pengajian.

Namun seiring dengan perkembangnya zaman mulai di bentuk lah banguna untuk pembuatan Pondok pesantren yang berada di Jawa Tengah dengan nama Al-Anwar  ini yang terdiri dari Kompleks A, B, C. Kompleks ini kemudian di kembangkan dan dipimpin oleh para ulama.

7. Pondok Pesantren La Tansa

Pondok pesantren La Tansa adalah salah satu pondok pesantren yang telah didirikan oleh Drs. KH Ahmad Rifai Arif yang merupakan pendiri dari pondok pesantren El- Qolam pada waktu itu. Pondok pesantren La Tansa ini terletak di Desa Parakansantri, Cipanas, Lebak, Banten.

Pondok pesantren di Provinsi Banten dengan nama La Tansa adalah salah satu pondok yang dibangun di tanah seluas 13 Hektar dan dikelilingi oleh sungai Ciberang dan gunung serta bukit-bukit yang berwarna hijau. Pondok pesantren La Tansa adalah salah satu pondok yang dapat terhindar dari polusi udara dan pergaulan bebas yang berkembang pada zaman sekarang ini.

Sistem pembelajaran yang ada di Pondok pesantren La Tansa ini sangat bervariatif sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat sekitar.

8. Pondok Pesantren Langitan

Pondok pesantren Langitan adalah salah satu pondok pesantren tertua yang ada di Indonesia. Pondok pesantren Langitan ini berada di Tuban, Jawa Timur. Pondok pesantren Langitan ini terletak di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur. Pondok pesantren Langitan ini didirkan pada tahun 1852 dan dibangun ditanah seluas 7 Hektar.

Maka dari itu selain pondok tertua di Indonesia Pondok pesantren Langitan adalah salah satu pondok terbesar yang ada di Indonesia.

Pondok pesantren Langitan ini dipimpin oleh Kyai Abdullah Faqih, yang terkenal di masyarakat adalah seorang yang memiliki kharismatik yang sangat tinggi sehingga sangat di segani oleh banyak orang bahkan pejabat-pejabat tinggi. 

9. Pondok Pesantren Daar El Qolam

Pondok pesantren Daar El Qolam adalah pondok pesantren yang terletak di Desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tanggerang Banten. Pondok pesantren Daar El Qolam adalah pondok pesantren yang didirikan oleh H. Qasad Mansyur dan Drs. KH. Ahmad Rifai Arief pada tanggal 20 Januari 1968.

Kemudian pada tanggal Drs. KH. Ahmad Rifai Arief ini meninggal dunia, dan pada akhirnya Pondok pesantren Daar El Qolam berpindah alih dan dipimpin oleh KH Adrian Mafatihullah Karim dan rekan-rekannya tersebut.

Pondok pesantren Daar El Qolam adalah pondok pesantren modern yang tidak hanya memberikan pendidikan agama tentang kitab-kitab saja namun juga untuk pendidikan secara formal juga. 

10. Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin

Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin adalah pondok pesantren yang terletak di Desa Kesugihan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin ini didirikan oleh KH. Badawi Hanafi pada tanggal 24 November 1925. Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin sering disebut sebagai pondok pesantren Kesugihan.

Kemudian setelah KH. Badawi Hanafi meninggal dunia Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin ini dipimpin oleh seorang putranya yang bernama KH. Chasbulloh Badawi dan KH. Ahmad Mustholih. Awalnya sekitar pada tahun 1961 Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin ini diberi nama pondok pesantren kesugihan kemudian pada tahun 1983 barulah di rubah menjadi Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin ini.

Hal ini lakukan karena putra dari KH. Badawi Hanafi  yaitu KH. Chasbulloh Badawi  dan KH. Ahmad Mustholih ingin sekali mengenang sosok ayahnya yang sangat mengagumi tokoh Imam Ghozali. 

11. Pondok Pesantren Al-Fatah

Pondok pesantren Al Fatahadalah pondok pesantren yang berasal dari Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Pondok pesantren Al Fatah adalah salah satu pondok pesantren yang saat ini sedang menunjukkan perkembangannya.

Namun bangunan yang ada di Pondok pesantren Al Fatah ini masih cukup sederhana apalgi yang digunakan untuk tempat para ustadz walaupun seperti itu banguanan yang ada Pondok pesantren Al Fatah ini sudah permanen.

Selain itu kebersihan lingkungan pondok pesantren di Kabupaten Magetan dengan nama Al-Fatah patut untuk tetap dilestarikan, kebersihan kamar mandi dan lain–lainnya. Karena hal ini lah di Pondok pesantren Al Fatah jarang di temukan seorang santri menderita penyakit seperti, gatal-gatal, kudis dan penyakit korengan lainnya yang biasanya di derita oleh santri ini.

12. Pondok Pesantren Krapyak

Daftar informasi untuk adanya pondok pesantren terbesar NU lainnya ialah Pondok Pesantren Krapyak dibawah Yayasan Ali Maksum. Untuk alamat lengkapnya berada di Jalan Kyai Haji Ali Maksum, Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Oleh karena alasan itulah selain menjadi pesantren terbaik di Yogyakarta dalam pengajaran pondok pesantren ini juga ada pendidikan formalnya.

13. Pondok Pesantren Darussalamah

Informasi lainnya tentang pondok pesantren NU terbaik di Indonesia lainnya ialah Pondok Pesantren Salafiyah Darussalamah yang berada di Luar Pulau Jawa, tepatnya beralamat di Desa Braja Dewa, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur.

Selain menjadi pondok pesantren terbaik di Lampung dan juga pondok pesantren terbagus di Kabupaten Lampung Timur, kepopuleran pesantren ini cukup familiar di kalangan masyarakat berada di Pulau Sumatera.

Nah, itulah tadi daftar tulisan mengenai nama-nama Pondok Pesantren NU terbesar di Indonesia. Semoga hadirnya tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca yang sedang mencari informasinya. Trimakasih, 

Posting Komentar untuk "13+ Pesantren NU Terbesar di Indonesia Modern dan Salafiyah"