6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Magetan yang Terkenal


Magetan memiliki julukan Kota Kaki Gunung. Di kabupaten ini terdapat Gunung Lawu, di mana gunung tersebut juga berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Di pegunungan itu ada sebuah telaga bernama Telaga Sarangan yang menjadi destinasi wisata andalan di sini.

Magetan terkenal dengan produksi jeruk pamelonya. Namun kali ini, yang akan dibahas adalah terkait daftar nama pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Magetan. Karena di luar hal ini Magetan terkenal dengan nuansa Agama Islam yang kental.

Pesantren di Magetan


Pondok Pesantren di Kabupaten Magetan pada dasarnya terdiri dari berbagai jenis pendidikan Islam, baik salafyah ataupun modern. Dengan kondisi inipula pesantren disini begitu terkenal di penjuru Nusantara.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Magetan


Seperti daerah lainnya di Jawa Timur, di Magetan juga terdapat cukup banyak pondok pesantren. Berikut beberapa di antaranya.

Pondok Pesantren Darul Ulum

Alamat pondok ini berada di Poncol, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.
Pondok ini termasuk kategori pondok modern, yang memadukan pendidikan agama dengan pendidikan umum. Pondok ini didirikan pada tahun 1983 oleh KH. Ahmad Fathony. Sekarang sudah terdapat ratusan santri laki-laki dan perempuan yang mendalami ilmu agama di sini.

Karena merupakan pondok modern, selain memfasilitasi pendidikan agama, di pondok juga tersedia MTs serta SMA. Ekstrakurikuler untuk santri pun beragam, seperti kewirausahaan, desain grafis, sepak bola, dan sebagainya.

Pondok Pesantren Umdatul Falah

Lokasi Pondok Pesantren Umdatul Falah berada di Desa Dagung, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Termasuk pondok modern yang sudah menyediakan MTs dan MA untuk santrinya. Pendirian pondok dirintis oleh KH.  Muhammad Djuraimy dan bermula dari pengadaan madrasah diniyah dengan santri warga sekitar.

Seiring berjalannya waktu, jumlah santri terus bertambah, bahkan ada yang berasal dari luar daerah. Oleh karena itu, pada tahun 1998 pembangunan mulai digencarkan.

Pondok sekarang dipimpin oleh KH. Muhammad Irjam. Berbagai kegiatan santri di sini, seperti pengajian wethon, pengajian Al-Quran, dan program khusus bagi yang belum bisa membaca Al-Quran.

Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum

Alamat pondok pesantren berada di Desa Sumursongo, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Pondok ini termasuk pondok modern yang sudah memiliki sekolah umum, di samping mengajarkan agama. Selain memiliki sekolah tingkat dasar dan menengah, Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum juga memiliki sekolah tingkat atas, yakni SMK Ma’arif Darus Sholihin. SMK tersebut didirikan pada tahun 2011.

Pesantren saat ini dipimpin oleh KH. Choiruddin Yusuf. Saat ini sudah terbilang cukup banyak santri laki-laki maupun perempuan yang mendalami ilmu agama di Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum.

Pondok Pesantren Hidayatul Ma’mun

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Magetan selanjutnya adalah Pondok Pesantren Hidayatul Ma’mun. Lokasinya berada di Desa Joso, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Merupakan pondok modern yang juga memfasilitasi pendidikan umum, selain pendidikan keagamaan. Jadi pondok ini cocok untuk Anda yang ingin belajar agama sekaligus belajar ilmu umum.

Tokoh pendirinya bernama KH. Ma’sum Abdurrohman dan sampai sekarang masih dipimpin oleh beliau. Jumlah santri di pondok ini cukup banyak. Santri laki-laki kurang lebih berjumlah 100 orang dan santri perempuan 68 orang.

Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah

Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah berlokasi di Turus Alastuwo, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Berawal dari madrasah diniyah di sore hari yang terbentuk pada tahun 1988 atas prakarsa Kiai Imam Tohari, S.Ag. Rupanya perkembangan madrasah tersebut terbilang bagus, sehingga didirikanlah pondok ini pada tahun 1999.

Saat ini pondok dipimpin oleh Kiai Imam Tohari, S.Ag. Terdapat puluhan santri yang mengaji ilmu agama di sini, yakni 32 santri laki-laki dan 28 santri perempuan.

Setahun kemudian, berdiri juga Madrasah Aliyah Ath-Thohiriyah. Seiring berjalannya waktu, murid dari madrasah itu berdatangan dari berbagai daerah, bukan hanya dari desa setempat. Meski memiliki MA, pondok pesantren ini masih tergolong pondok salafiyah.

Pondok Pesantren Raudlotul Huda

Pondok Pesantren Raudlotul Huda lokasinya berada di Kedungpanji, Lambeyan, Tambran, Magetan, Jawa Timur.

Merupakan pondok pesantren kombinasi, yang juga memiliki sekolah untuk pendidikan formalnya. Untuk menunjang pendidikan formal tersebut, sudah ada TK, MI, MTs, MA dan juga SMK Roudlotul Huda Magetan.

Pondok pesantren ini didirikan oleh KH. Hasan Abdullah. Saat ini pesantren dipimpin oleh Kiai SuryaniMaulana Chusain. Setiap hari santri nasional yang jatuh pada 22 Oktober, ratusan santri dari pondok pesantren ini mengikuti kirab hari santri.

Dari sekian daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Magetan, apakah Anda tertarik menjadi salah satu bagiannya?. Semoga saja ya, sebab belajar Agama itu sampai sepanjang usia untuk bekal kehidupan nantinya. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Magetan yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel