4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Majalengka yang Terkenal

Pesantren di Majalengka

Kabupaten Majalengka adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berkembang pesat. Bahkan ada yang mengatakan Majalengka adalah kota industri di Pasundan. Oleh sebab itu, pertumbuhan lembaga pendidikan juga bagus diantaranya ada di dalam daftar pondok pesantren di Kabupaten Majalengka.

Pesantren di Majalengka


Sebagian besar pondok pesantren di Majalengka terkenal hingga ke luar propinsi. Bahkan santri di sana ada yang dari Kalimantan dan Lombok.

Ini akibat kurikulum salaf dan khalaf yang membuat para santri memiliki pemahaman agama sekaligus ilmu pengetahuan. Atas dasar itu, banyak orang tua tertarik memondokkan putra putrinya di sini.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Majalengka


Pondok pesantren di Kabupaten Majalengka memiliki fasilitas pembelajaran yang lengkap. Di antaranya laboratorium bahasa dan komputer. Bahkan ada yang membangun rumah sakit. Berikut akan dijelaskan pondok pesantren di kabupaten Majalengka yang berkualitas:

Pondok Pesantren Al Mizan

Pondok pesantren Al Mizan baru berdiri tepatnya tahun 1992. Sekalipun begitu, lembaga berkembang sangat pesat bahkan masih kokoh berdiri sampai sekarang.

Ini tak lain akibat program pemberdayaan santri dan masyarakat sekitar yang intens dilakukan. Bahkan ada tradisi dan kebudayaan setempat yang ikut dilestarikan di dalam pesantren seperti pencak silat dan ruddat.

Pondok pesantren lengkap dengan pendidikan PAUD ini berada di Jl. Raya Timur 456 Ciborelang Jatiwangi Kabupaten Majalengka.

Ponpes Mursyidul Falaah

Mursyidul Falaah adalah pondok pesantren di Majalengka Jawa Barat yang masih menerapkan sistem pendidikan tradisional atau salafiyah. Sedangkan para ustadz dan ustadzanya sebagian besar dari kalangan keluarga pendiri yaitu Kyai Jaja Jamaludin dengan sang ibu Nyai Siti Khodijah serta beberapa alumni senior.

Kajian kitab yang diajarkan di pondok pesantren diantaranya Tafsir Jalalain, Fathul Bari, Riyadush Sholihin, Ihya’ UIumuddin dan semacamnya. Mapel ini diperkuat dengan pelatihan bahasa Arab termasuk pembelajaran nahwu dan shorof.

Pondok pesantren yang rutin melaksanakan Mauludan Ad Diba’i setiap malam jumat ini membuka pendidikan SMP dan SMA. Jika ingin memilih yang non formal program Tahfidz Quran dan Madrasah Diniyah juga tersedia. Pondok ini dibangun sederhana di Jalan Raya Timur Rajagaluh Km 01 Desa Leuwilaja Sindangwangi Kabupaten Majalengka.

Pondok An Nawawiyah

Pondok pesantren An Nawawiyah merupakan lembaga islam klasik yang ada di Majalengka. Karena kabarnya pesantren ini sudah ada sejak tahun 1950 yang kala itu masih menampung beberapa anak untuk belajar mengaji.

Akan tetapi, beberapa tahun kemudian pesantren mencapai puncak perkembangan. Bahkan tahun 1976 pihak pondok berhasil membangun MTS yang dilanjutkan pembangunan asrama untuk santri mukim.

Kini pondok pesantren An Nawawiyah lengkap dengan Aliyah dan RA. Bahkan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga dibangun yang lokasinya bersebelahan dengan pesantren.
Pondok pesantren yang mengajarkan kajian kitab kuning dan sains ini berada di Jalan Kyai Haji Ahmad Nawawi Kawunggiran Kabupaten Majalengka

Pesantren Nurul Fajri Majalengka

Pesantren Nurul Fajri adalah lembaga pendidikan islam yang diresmikan tahun 2011. Maka dari itu, pondok ini lebih ke arah sistem ajar modern dibandingkan salafiyah (tradisional).

Yang unik dari ponpes Nurul Fajri ialah tidak hanya mengajarkan ilmu agama tetapi santri juga diajari berwirausaha di bidang peternakan. Hal ini sejalan dengan visi pondok yaitu mencetak santri beriman sekaligus mandiri dan tidak mudah putus asa.

Pondok pesantren mengusung program pendidikan terpadu antara agama dengan iptek. Maka dari itu, di sini santri tidak hanya diwajibkan bisa berbahasa Arab tetapi juga berbahasa Inggris. Sedangkan kajian kitab kuning tetap menjadi kurikulum prioritas pondok yang harus diikuti seluruh santri.
Pondok pesantren yang juga menyediakan eskul Qiroah dan bela diri ini beralamat di Desa Weragati RT 02 RW 04 Kecamatan Palasah Kab. Majalengka Jawa Barat.

Mondok di Jawa Barat tidak lagi sesulit jaman penjajahan. Apalagi di Majalengka yang memiliki daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Majalengka yang lengkap. Maka dari itu, ini harus disyukuri dengan cara memondokkan anak-anak Anda di sana.

Belum ada Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Majalengka yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel