15+ Pondok Pesantren di Kediri [Terbaik & Terlengkap]

Pondok pesantren di Kediri adalah sebuah lembaga pendidikan yang dapat digunakan untuk menimba ilmu. Khususnya untuk ilmu Agama islam. Namun untuk saat ini perkembangan pondok pesantren memang sangat pesat. Sampai tidak ada pondok pesantren yang tidak mengkombinasikannya dengan pendidikan umum.

Pondok Pesantren di Kediri


Kebanyak saat ini pondok pesantren pasti juga terdapat pendidikan formal seperti SD, SMP, SMA sampai dengan perguruan tingggi. Saat ini telah banyak kita temui pondok pesantren di berbagai daerah sala satunya adalah di daerah Kediri.

Daftar Pondok Pesantren di Kediri


Adapun sebagai penjelasan lebih lanjutnya, dalam artikel ini akan membagikan daftar nama-nama pondok pesantren terbesar di Kediri, dinataranya adalah sebagai berikut;

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Al Falah

Pondok Pesantren Al Falah ini berdiri pada tanggal 1 Januari 1925 yang didirkan oleh KH. A. Djazuli Usman. Pondok Pesantren Al Falah ini memanfaat serambi masji yang ada di pondok tersebut untuk kegiatan yang akan di adakan setiap harinya di Pondok Pesantren Al Falah ini.

Pondok Pesantren Al Falah adalah salah satu pondok pesantren yang masih menggunakan sistem pendidikan salafiah. Namun juga terdapat pendidikan formal mulai dari pendidikan di jenjang SD, SMP, SMA.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok Pesantren Lirboyo adalah salah satu nama yang ada di Sebuah desa Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur. Pada zaman dahulu di desa tersebut adalah salah satu sarang perampok dan juga penyamun.

Namun Berkat seorang Ulama yang berasal adari Magelang Yaitu Kh. Abdul Karim desa tersebut telah berubah menjadi sebuah desa yang sangat agamis dan memiliki sopan santun. Pondok Pesantren Lirboyo adalah salah satu pondok yang memiliki pendidika formal juga.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari

Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari adalah pondok pesantren yang terletak di Desa Kencong, Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari ini didirikan oleh seorang kiyai yang bernama Nur Aliman yang merupakan pangeran Diponegoro.

Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari adalah salah satu pondok pesantren yang merupakan salah satu elemen pendidikan nasional yang memiliki eksistensi pada tahun 1943 M sampai saat ini telah
mendapatkan perhatian yang masih sangat besar.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Maunah Sari

Pondok Pesantren Maunah Sari adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan oleh K.H. M. Mubassyir Mundzir. Pondok Pesantren Maunah Sari ini berdiri pada tahun 1967. Pondok Pesantren Maunah Sari terletak di Bandar Kidul Kediri Jawa Timur.

Pondok Pesantren Maunah Sari ini adalah salah satu pondok pesantren yang mengkhususkan diri pada bidang Tashawwuf. Pondok Pesantren Maunah Sari ini pada awalnya hanya menerima santri putra saja, kemudian pada tahun 1973 barulah pondok pesantren ini menerima santri putri dan juga membuaka pengajian yang di lakuakan di Pondok Pesantren Maunah Sari ini.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean

Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan oleh KH Abdul Hanan Ma’sum. Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di desa Krenceng dusun Kwagean Jalan Pare Kandangan Kabupaten Kediri.

Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean adalah lembaga yang berqidahkan islam menurut faham ahlusunah waljamaah dan juga telah mendirikan berbagai macam jenis pendidikan formal dan pendidikan non formal, Pengajian, Kursus–Kursus, Pelatihan dan kegiatan–kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean adalah salah satu podok pesantren yang paling menunjukan perkembangannya sampai sekarang ini.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Al- Amin

Pondok Pesantren Al- Amin adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan oleh K.H. Muhammad Anwar Iskandar yang terletak di jalan raya Ngasinan No. 2 Kota Kediri yang telah dilakukan pada tahun 1995.

Pondok Pesantren Al- Amin ini berdiri dengan tujuan untuk memebrikan situasi yang nyaman dan juga memiliki sifat dan tingkah laku yang berakhlaqul kharimah kepada pelajar agar terhindar dari prilaku yang kuarang baik.

Pondok Pesantren Al- Amin pada wal mulanya hanyalah sebuah pondok pesantren yang mengkaji berbagai jenis kitab yang ada baru pada tahun 1998 Pondok Pesantren Al-Amin ini membangun sebuah pendidikan formal.

Pondok Pesantren Al- Amin cara mengajarkan kitab kuning berbeda – beda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh santrinya masing- masing.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Al–Islah

Pondok Pesantren Al–Islah adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di sebelah Barat alun-alun Kota Kediri, Tepatnya di sebelah selatan perempatan Jalan Bandar Ngalim Bandarkidul Mojoroto kota Kediri.

Pondok Pesantren Al – Islah adalah salah satu pondok yang berbeda dengan pondok yang lainnya yaitu para santri di perbolehkan menimba ilmu pendidikan formal di luar pondok pesantren. Maka dari itu banyak santri yang berasal dari berbagai daerah yang menetap tinggal di Pondok Pesantren Al–Islah dan mengemban ilmu agama di pondok pesantren ini namun pendidikan formal di lakukan di luar pesantren.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren As Sa’idiyyah

Pondok Pesantren As Sa’idiyyah adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 21 Jamsaren Kota Kediri. Pondok Pesantren As Sa’idiyyah didirikan oleh kiyai Sa’id yaitu bapak dari Nyai Qoni’atus Zahro, Istri dari K.H. Anwar Iskandar.

Didalam Pondok Pesantren As Sa’idiyyah terdapat pondok pesantren bertingkat tiga yang digunakan untuk lembaga pendidikan mulai dari pendidikan di jenjang TK, SMP, dan juga SMA. Santri Pondok Pesantren As Sa’idiyyah ini adalah santri-santri yang berasal dari berbagai daerah, diantaranya adalah dari Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Blitar, Surabaya, Lamongan, hingga luar Jawa Timur, seperti Klaten, Bekasi, Lampung.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III

Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III adalah salah satu pondok pesantren yang merupakan cabang dari pondok pesantren modern Darussalam Gontor yang terletak di Sumbercangkring, Gurah, Kediri. Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III adalah pondok pesantren yang dibangun pada area seluas 6, 5 hektar.

Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III awal mulanya adalah sebuah wakaf yang diberi oleh Keluarga dari bapak H. Ridwan. Kemudian baru pada tahun 1988 dan diurus oleh alumni gontor yang berasal dari Kediri barulah pondok pesantren ini diberi nama dengan sebutan Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III.

Dan kemudian diresmikan pada tanggal 11 Desember 1993. Pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III ini adalah pendidikan yang bersifat modern yang telah mengacu kepada sistem pendidikan KMI pondok Modern Darussalam Gontor.

Santri yang ada di Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III ini adalah seorang santri yang pada awalnya mendaftar di Pondok pesantren Gontor 1 Namun di tempatkan di Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III ini, namun selain itu juga banyak yang memang asli mendaftar di Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Gontor III ini.

Pondok Pesantren yang terbesar di Kediri adalah Pondok Pesantren Al Husna

Pondok Pesantren Al Husna adalah salah satu pondok yang berdiri pada tahun 1985. Pondok Pesantren Al Husna ini didirikan oleh al- Magfurlah yaitu bapak KH. Ahmad Dailami Husni. Pondok Pesantren Al Husna ini terletak di Jalan Banjaran gang 01 No 89 Kecamatan Kota Kediri, Jawa Timur.

Ciri–ciri dari Pondok Pesantren Al Husna ini adalah sebuah lembaga pendidikan agama islam dan juga pendidikan lembaga sosial yang secara langsung dapat terlibat dalam pengembangan masyarakat secara umum.

Masjid Pondok Pesantren Al Husna adalah salah satu tempat yang digunakan untuk kegiatan para santri dan juga proses belajar mengajar. Pondok Pesantren Al Husna ini santri didik untuk memiliki mental dan juga mempersiapkan diri agar memiliki sifat yang mandiri dalam bidang kegamaan. Masjid Pondok Pesantren Al Husna adalah salah satu tempat yang digunakan untuk berbdah dan juga sebagai pusat kegiatan pondok.

Demikianlah serangkaian informasi mengenai nama-nama Pondok Pesantrean di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengulasan yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15+ Pondok Pesantren di Kediri [Terbaik & Terlengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel