Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren di Kota Mataram yang Terbaik

Pesantren di Kota Mataram

Kota mataram diketahui memiliki 6 kecamatan yang mana beberapa diantara kecamatan tersebut berdiri bangunan pondok pesantren yang digunakan untuk mencetak generasi muda beriman dan berakhlak mulia. Selain itu masyarakat yang ada di kota Mataram ini pada umumnya menggunakan bahasa sasak dalam sehari-hari. 

Pesantren di Mataram

Kota Mataram merupakan salah satu kota di provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki lembaga pendidikan agama islam atau disebut pondok pesantren. Jumlah ponpes di kota ini yaitu ada sebanyak 20 pesantren yang masing-masing telah memiliki keunggulan dan visi misinya sendiri. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Mataram

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kota Mataram adalah sebagai berikut;

1. Darul Falah

Pondok Pesantren Darul Falah beralamat di Jl. Banda Sraya No 47 Pagutan. Pesantren ini diketahui menjadi salah satu ponpes yang mampu menyelenggarakan pendidikan terbaik di Lombok, hal ini dibuktikan dengan pemberian penghargaan dari Mendikbud tepatnya pada tahun 2015 pada saat itu.

Selain itu pesantren ini hingga saat ini juga semakin berkembang dan menerapkan sistem pendidikan modern dengan tetap menegakkan akhlak salaf. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada dalam pesantren ini antara lain seperti kajian kitab-kitab kuning, diskusi dan penelitian ilmiah, kepramukaan, pengembangan olahraga dan sebagainya. 

2. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Hidayatullah No 06 Karang Baru Kel. Kebun Sari (Kode Pos).

Jumlah santri yang saat ini belajar di pesantren Hidayatullah yaitu mencapai 900 orang santri. Selain itu pesantren ini juga termasuk ponpes yang bergerak pada sistem pendidikan modern yaitu menanamkan ilmu pengetahuan umum dengan pengetahuan agama. 

3. Al Raisiyah

Pondok Pesantren Al Raisiyah berdiri pada tahun 1987 dan beralamat di Sultan Kaharudin. Ciri khas yang terdapat pada pondok pesantren Al Raisiyah yaitu penekanan pengembangan ilmu nahwu oleh para santri. 

4. Nurul Jannah Nw 

Pondok Pesantren Nurul Jannah Nw beralamat di Jln.Energi Banjar Ampenan. Ponpes yang satu ini memiliki visi yang sangat menonjol yaitu disingkat dengan kata mudah yang merupakan mandiri, unggul, dedikasi, agamis dan harmonis.

Sedangkan untuk misinya sendiri antara lain yaitu mempersiapkan generasi muda yang terampil , inovatif, kreatif dan membentuk anak didik qur’ani agar menjadi generasi beriman. 

5. Al- Intishor

Pondok Pesantren Al-Intishor beralamat di Jl. Sultan Salahudin No. 141. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini yaitu ada sekitar 507 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing ada sebanyak 25 orang. 

6. Nahdlatul Mujahidin Nw 

Pondok Pesantren Nahdlatul Mujahidin Nw beralamat di Jl. Adi Sucipto Jempong Ampenan Utara. Pesantren ini merupakan salah satu ponpes terbesar di kota Mataram dan telah memiliki santri hingga ribuan orang. Jumlah santri di ponpes ini mencapai 12.531 orang dengan 505 tenaga pendidik yang mengajar di sana. 

7. Darul Hikmah

Pondok Pesantren Darul Hikmah dirikan pada tahun 1994 dan beralamat di Jl. Darul Hikmah Lingkar Selatan Karang Genteng Pagutan. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini yaitu ada sekitar 155 orang dengan 12 ustadz yang mengajar.

Selain itu ponpes yang satu ini selain dikenal sebagai lembaga pendidikan agama islam juga dikenal sebagai lembaga sosial masyarakat. Artinya pesantren ini bergerak di bidang dakwah sekaligus berkontribusi pada bidang sosial dalam kehidupan masyarakat. 

8. Al-Madaniyah 

Pondok Pesantren Al-Madaniyah beralamat di Jl. H. Naim Jempong Barat Jempong Baru Sekarbela Mataram. Santri yang belajar di pesantren ini jumlahnya mencapai 432 orang dengan 22 ustadz yang membimbing. 

9. Darul Mujahidin Nw

Pondok Pesantren Darul Mujahidin Nw beralamat di Jl. Kaktus No 1-3 Mataram. Pesantren ini diketahui telah memiliki ribuan santri yaitu sekitar 1.491 santri dan 65 ustadz yang mengajar. 

10. Ittihadil Ummah

Pondok Pesantren Ittihadil Ummah beralamat di Jl. R. Nuraksa No. 11 Karang Anyar. Pondok pesantren Ittihadil Ummah memiliki 137 santri dan 9 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes tersebut.

Demikinalah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Mataram, Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat). Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Kota Mataram yang Terbaik"