5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamis yang Terbaik

Pesantren di Ciamis

Ciamis adalah nama kabupaten di provinsi Jawa Barat. Yang menjadi kota administratifnya adalah kecamatan Ciamis. Di wilayah dataran tinggi ini pendidikan keislaman sangat berkembang. Bahkan daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ciamis cukup banyak.

Pesantren di Ciamis


Ponpes di Ciamis adalah pencetak santri dan santriwati berkualitas. Mereka sering menyabet juara perlombaan level nasional maupun internasional. Keberhasilan ini didapatkan dari pendidikan islam Ciamis yang digarap dengan disiplin dan berintegritas.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Ciamis


Lembaga pendidikan islam di Ciamis bersistem salaf dan modern. Sedangkan Tahfidz Quran dan Kajian kitab kuning adalah kurikulum wajib.

Sekalipun begitu, program bakat dan wirausaha tidak ditinggalkan. Bahkan ekskul bela diri dan diklat wiraniaga juga diajarkan pada santri. Berikut daftar nama pondok pesantren di Ciamis yang berkualitas:

Pesantren Simarasa Ciamis

Pesantren Simarasa adalah pondok ternyaman di Ciamis karena lokasinya berada di kaki Gunung Sawal. Di sinilah santri belajar ilmu agama dan tasawuf dalam suasana teduh dan sejuk.
Pesantren ini sangat populer di Ciamis. Para santrinya tidak datang dari Jawa Barat saja tetapi juga

Jawa Tengah dan luar jawa seperti Lombok dan NTT. Informasi terbaru santri di Simarasa Ciamis berjumlah 120 orang.

Pesantren Simarasa memiliki perguruan tinggi diberi nama STID. Sedangkan pendidikan non formal yang diusung hanya Madrasah Diniyah. Pondok yang berdiri tahun 1970 ini berlokasi di Ciomas Panjalu Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Pondok Pesantren Gegempalan

Pondok Pesantren Gegempalan adalah pencetak santri penghafal Al Quran. Selain itu, mereka harus memiliki wawasan ilmu pengetahuan memadai agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan.

Pondok pesantren yang didirikan KH. Zaenal Abidin (alm) ini tergolong klasik. Kabarnya ponpes berdiri tahun 1927 yang hingga saat ini masih eksis mencetak para santri.

Di pondok ini santri tidak diajarkan kitab kuning dan tasawuf saja, bab adab dan tilawah juga menjadi kajian rutin. Visinya adalah mencetak santri berilmu sekaligus beradap dan santun. Lembaga pendidikan berkualitas Gegempalan ada di Sukajadi RT 29 RW 12 Desa Maparah Kec. Panjalu Ciamis.

Ponpes Al Hasan

Ponpes Al Hasan diresmikan tahun 1986. Sejak saat itu sampai sekarang pondok tidak pernah berhenti mencetak generasi muda pembawa islam Rahmatal Lil Alamin dan berakhlak.

Uniknya pondok Al Hasan tidak pernah merekrut santri berjumlah besar. Paling banter hanya puluhan orang saja itu termasuk santri dan santriwati. Sekalipun begitu, fasilitas pesantren sangat lengkap. Termasuk ada kopontren dan klinik kesehatan.

Pondok yang rutin melakukan diskusi ilmiah dan Bahtsul Mastail ini berada di Jl. Jendral Ahmad Yani 120 Lingkungan Bolenglang Kelurahan Kertasari Kecamatan Ciamis.

Pesantren Ar Risalah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ciamis yang ke empat adalah Ar Risalah. Sebuah lembaga islam yang didirikan tahun 1997.

Sistem pendidikan di pondok ini modern tetapi tidak melupakan kurikulum klasik yang diajarkan dengan sistem sorogan dan bandongan (salaf). Pendidikan integratif semacam ini menjadikan santri tidak hanya berakhlak tetapi juga berwawasan keilmuan.

Selain memiliki pendidikan formal Wajib Belajar (Wajar) SD hingga SMA, pengasuh pondok juga membangun perguruan tinggi STEI. Maka dari itu, kelak santri bisa tetap di pesantren jika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Ini dia alamat pondok yaitu Jalan Raya Banjar Pamalayan Kec Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Pesantren Miftahul Ulum

Pesantren Miftahul Ulum adalah pesantren NU pencetak generasi nahdiyin berakhlak mulia dan mandiri. Oleh karenanya, di pesantren santri tidak hanya dididik kitab kuning dan tarikh bab adab juga menjadi kurikulum utama.

Pendidikan di Miftahul Ulum ada tiga yaitu MTS, MA dan Madrasah Diniyah (Madin). Pihak pondok pesantren melengkapinya dengan fasilitas pembelajaran lengkap. Di antaranya perpustakaan, sarana olahraga dan laboratorium.

Pondok pesantren yang menjadikan sholat dhuha berjamaah dan diklat jurnalistik sebagai program rutin ini berada di Dusun Sumanding Desa Kasasen RT 19 Rw 06, Kecamatan Banjarsari Ciamis.

Data terlengkap ponpes Ciamis ada di dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ciamis di atas. Jika ingin memperdalam ilmu agama silakan pilih salah satu yang paling berkualitas. Semoga bermanfaat. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamis yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel