4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Ngawi yang Terkenal


Letak Ngawi berada di bagian barat Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Grobogan dan Kabupaten Blora yang merupakan wilayah Jawa Tengah. Kabupaten ini diresmikan pada tahun 1358. Untuk pendidikan terbilang cukup merata meski belum semua kecamatan memiliki SMA Negeri. Di Ngawi ini terdapat Pondok Pesantren Gontor Putri 1,2, dan 3 yang semuanya tentusaja memiliki kwalitas bagus dalam memberikan pelajaran dan pengajaran Agama Islam.

Pesantren di Ngawi


Berikut adalah penjelasan terkait dengan daftar pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya wilayah Kabupaten Ngawi. Mulai dari jenis pesantren yang salafiyah ataupun modern, tentusaja terdapat alamatnya yang jelas.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Ngawi


Beberapa pondok pesantren yang terdapat di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri (Kampus 1)

Pusat Pondok Modern Darussalam Gontor berada di Ponorogo, Jawa Timur. Namun untuk pesantren putri kampus 1, berada di Sambirejo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Jaraknya dari pesantren yang di Ponorogo kurang lebih 100 km.

Pembangunan pesantren putri ini dimulai pada tahun 1988 dan diresmikan dua tahun kemudian, yakni pada 1990. Ketika awal pendiriannnya, santriwati yang diterima sebanyak 298 orang dari keseluruhan pendaftar berjumlah 308 orang.

Untuk pengajarannya mengacu pada sistem pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah) yang telah dibuat oleh pondok ini. Selain belajar, santriwati juga dibekali berbagai keterampilan melalui ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler yang tersedia ada dari berbagai bidang, seperti olahraga, bahasa, pramuka, akhlak, dan keorganisasian.

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri (Kampus 2)

Pondok ini juga berlokasi di Sambierjo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur, tepatnya berada di sebelah barat kampus 1.

Pendiriannya berselang 11 tahun setelah kampus 1, yakni pada tahun 2001. Sebelum dibangun, santri yang akan ditempatkan di kampus 2 masih bertempat di kampus 1. Didirikannya pondok ini bertujuan untuk menyiapkan santriwati sebelum pindah ke kampus 1. Oleh karena itu, penekanan pendidikannya pada pembekalan kemampuan akademis santri agar lulus ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri.

Jenjang kelas yang terdapat di sini adalah:

  1. Kelas Khusus Pondok Alumni: untuk calon siswi yang sebelumnya sudah pernah nyantri
  2. Kelas untuk Tamatan MTs/SMP serta MA/SMA: terdapat 3 jenjang, kelas A, C, dan G
  3. Kelas untuk Tamatan MI/SD: terdapat 4 jenjang, kelas B, D, F, dan H


Selain belajar, para santriwati juga dibekali berbagai ekstrakurikuler, seperti pidato, kesenian, kegiatan keputrian, dan lainnya.

Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri (Kampus 3)

Kampus 3 dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri masuk dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ngawi berikutnya. Berada di Karang Banyu, Widodaren, Ngawi, Jawa Timur. Pondok ini berjarak 10 km sebelah timur kampus 1.

Pendirian kampus 3 ini untuk mengatasi melonjaknya jumlah santriwati setiap tahunnya. Pembangunannya dimulai pada tahun 2002 ketika Pondok Modern Darussalam Gontor dipimpin oleh KH. Dr. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. Peresmian bangunan pondok ini dilakukan pada akhir tahun 2002.

Semua kegiatan di pondok ini sama persis dengan kegiatan di kampus 1. Sistem pendidikannya mengikuti Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI). Mulanya santri di sini diambil dari kampus 1, namun di tahun berikutnya diadakan tes masuk untuk ditempatkan di sini.

Pondok Pesantren Al-Amnaniyah 2

Pondok pesantren ini alamatnya berada di Bangon, Karangjati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
Pondok Pesantren Al-Amnaniyah 1 didirikan pada tahun 1919 oleh KH. Muhammad Amnan dan menjadi salah satu yang tertua di Ngawi. Merupakan pesantren salafiyah yang mengajarkan ilmu agama kepada santrinya melalui kitab kuning.

Begitu memasuki pertengahan tahun 1991, atas inisiatif KH. Taufiq Nur Aziz, didirikanlah Pondok Pesantren Al-Amnaniyah 2. Lokasi pondok 2 ini berjarak kurang lebih 5 km dari pondok induk yang berada di Puhti, Karangjati, Ngawi.

Untuk menjawab tantangan zaman, pesantren ini juga menyelenggarakan pendidikan formal. Lembaga pendidikan formal yang telah tersedia, antara lain:

  1. PAUD Al-Amnaniyah Puhti (di pesantren lama)
  2. PAUD Al-Amnaniyah Bangon (di pesantren baru)
  3. RA Nawa Kartika NU XIII Puhti
  4. TK Al-Amnaniyah Bangon
  5. RA Al-Amnaniyah Paras
  6. SDI Al-Amnaniyah Puhti
  7. SDI Al-Amnaniyah Karangjati
  8. MI Al-Amnaniyah Paras
  9. SMP Al-Amnaniyah Karangjati
  10. SMK Al-Amnaniyah Karangjati


Selain lembaga pendidikan tersebut, ada juga Madrasah Diniyah Al-Amnaniyah Karangjati. Pengajian di MADIN tersebut dilaksanakan setiap hari pukul 21:00-22:00. Di sinilah dilaksanakan pengajaran agama dengan metode yang klasik, seperti sorogan.

Itulah beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ngawi. Kalau Anda tertarik menjadi santri di sini, tinggal datang ke pesantren di atas ya. Semoga saja melalui tulisan ini memberikan wawasan dan informasi yang mendalam. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Ngawi yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel