Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pondok Pesantren Terbaik di Ngawi yang Bisa Menjadi Pilihan

Pesantren di Kabupaten Ngawi

Letak Ngawi berada di bagian barat Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Grobogan dan Kabupaten Blora yang merupakan wilayah Jawa Tengah. Kabupaten ini diresmikan pada tahun 1358. Untuk pendidikan terbilang cukup merata meski belum semua kecamatan memiliki SMA Negeri.

Di Ngawi ini terdapat Pondok Pesantren Gontor Putri 1,2, dan 3 yang semuanya tentusaja memiliki kwalitas bagus dalam memberikan pelajaran dan pengajaran Agama Islam.

Pesantren di Ngawi


Berikut adalah penjelasan terkait dengan daftar pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya wilayah Kabupaten Ngawi. Mulai dari jenis pesantren yang salafiyah ataupun modern, tentusaja terdapat alamatnya yang jelas.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Ngawi


Beberapa pondok pesantren yang terdapat di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

1. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri (Kampus 1)

Pusat Pondok Modern Darussalam Gontor berada di Ponorogo, Jawa Timur. Namun untuk pesantren putri kampus 1, berada di Sambirejo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Jaraknya dari pesantren yang di Ponorogo kurang lebih 100 km.

Pembangunan pesantren putri yang menjadi daftar cabang dan alamat pondok pesantren gontor ini dimulai pada tahun 1988 dan diresmikan dua tahun kemudian, yakni pada 1990. Ketika awal pendiriannnya, santriwati yang diterima sebanyak 298 orang dari keseluruhan pendaftar berjumlah 308 orang.

Untuk pengajarannya mengacu pada sistem pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah) yang telah dibuat oleh pondok ini. Selain belajar, santriwati juga dibekali berbagai keterampilan melalui ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler yang tersedia ada dari berbagai bidang, seperti olahraga, bahasa, pramuka, akhlak, dan keorganisasian.

2. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri (Kampus 2)

Pondok ini juga berlokasi di Sambierjo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur, tepatnya berada di sebelah barat kampus 1.

Pendiriannya berselang 11 tahun setelah kampus 1, yakni pada tahun 2001. Sebelum dibangun, santri yang akan ditempatkan di kampus 2 masih bertempat di kampus 1. Didirikannya pondok ini bertujuan untuk menyiapkan santriwati sebelum pindah ke kampus 1. Oleh karena itu, penekanan pendidikannya pada pembekalan kemampuan akademis santri agar lulus ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri.

Jenjang kelas yang terdapat di sini adalah:

  1. Kelas Khusus Pondok Alumni: untuk calon siswi yang sebelumnya sudah pernah nyantri
  2. Kelas untuk Tamatan MTs/SMP serta MA/SMA: terdapat 3 jenjang, kelas A, C, dan G
  3. Kelas untuk Tamatan MI/SD: terdapat 4 jenjang, kelas B, D, F, dan H
Selain belajar, para santriwati juga dibekali berbagai ekstrakurikuler, seperti pidato, kesenian, kegiatan keputrian, dan lainnya.

3. Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri (Kampus 3)

Kampus 3 dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri masuk dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ngawi berikutnya. Berada di Karang Banyu, Widodaren, Ngawi, Jawa Timur. Pondok ini berjarak 10 km sebelah timur kampus 1.

Pendirian kampus 3 ini untuk mengatasi melonjaknya jumlah santriwati setiap tahunnya. Pembangunannya dimulai pada tahun 2002 ketika Pondok Modern Darussalam Gontor dipimpin oleh KH. Dr. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. Peresmian bangunan pondok ini dilakukan pada akhir tahun 2002.

Semua kegiatan di pondok ini sama persis dengan kegiatan di kampus 1. Sistem pendidikannya mengikuti Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI). Mulanya santri di sini diambil dari kampus 1, namun di tahun berikutnya diadakan tes masuk untuk ditempatkan di sini.

4. Pondok Pesantren Al-Amnaniyah 2

Pondok pesantren ini alamatnya berada di Bangon, Karangjati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
Pondok Pesantren Al-Amnaniyah 1 didirikan pada tahun 1919 oleh KH. Muhammad Amnan dan menjadi salah satu yang tertua di Ngawi. Merupakan pesantren salafiyah yang mengajarkan ilmu agama kepada santrinya melalui kitab kuning.

Begitu memasuki pertengahan tahun 1991, atas inisiatif KH. Taufiq Nur Aziz, didirikanlah Pondok Pesantren Al-Amnaniyah 2. Lokasi pondok 2 ini berjarak kurang lebih 5 km dari pondok induk yang berada di Puhti, Karangjati, Ngawi.

Untuk menjawab tantangan zaman, pesantren ini juga menyelenggarakan pendidikan formal. Lembaga pendidikan formal yang telah tersedia, antara lain:
  1. PAUD Al-Amnaniyah Puhti (di pesantren lama)
  2. PAUD Al-Amnaniyah Bangon (di pesantren baru)
  3. RA Nawa Kartika NU XIII Puhti
  4. TK Al-Amnaniyah Bangon
  5. RA Al-Amnaniyah Paras
  6. SDI Al-Amnaniyah Puhti
  7. SDI Al-Amnaniyah Karangjati
  8. MI Al-Amnaniyah Paras
  9. SMP Al-Amnaniyah Karangjati
  10. SMK Al-Amnaniyah Karangjati
Selain lembaga pendidikan tersebut, ada juga Madrasah Diniyah Al-Amnaniyah Karangjati. Pengajian di MADIN tersebut dilaksanakan setiap hari pukul 21:00-22:00. Di sinilah dilaksanakan pengajaran agama dengan metode yang klasik, seperti sorogan.

5. Pondok Pesantren Modern Al Hijrah

Informasi daftar pondok pesantren terbaik di Ngawi lainnya ialah Pondok Pesantren Modern Al Hijrah yang beralamatkan di Jalan Trip, Desa Jambe-Karangasri, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Tentusaja lokasi pendidikan disini memberikan kenyaman untuk para santrinya belajar mendalami Agama Islam dengan baik dan benar.

6. Pondok Pesantren Mamba'ul Hisan

Pondok Pesantren Mamba'ul Hisan bisa dikatakan sebagai pondok pesantren NU di Indonesia yang meskipun bukan menjadi terbesar namun dalam sistem pendidikan sekaligus pengajarannya ada Tahfidz Qur'an, TPQ, Madrasah Diniyah, Pengajian ibu-ibu, Pengajian bapak - bapak, dan bahkan di pesantren ini juga ada grup barzanzi.

Untuk alamatnya sendiri berada di Jalan Cabean, Cabean, Karang Tengah Prandon, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

7. Pondok Pesantren Temulus Mantingan

Adanya pondok pesantren di Ngawi yang juga menjadi terbaik ialah PonPes Temulus Mantingan dengan beralamatkan di Temulus, Kedung Ombo, Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi.

Dalam sejarahnya lembaga pendidikan ini berdiri pada hari Senin Pahing, 17 Rabi’ul Awwal 1417 H atau bertepatan pada 21 Juli 1997 M didirikan oleh Syaikhina KH. Ahmad Ulinnuha Rozy atas restu Romo KH. Hanafi, dari Kabupaten Kudus.

8. Pesantren Tahfidzul Qur'an Madinatul Huffadz

Informasi tentang adanya pondok pesantren di Kabupaten Ngawi yang berfokus pada proses menghafal Al-Qur'an adalah Pesantren Tahfidzul Qur'an Madinatul Huffadz yang alamatnya sendiri berada di Gang Soka, Balong Barat, Beran, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. 

Dalam beberapa ulasan orang tua yang menitipkan anaknya untuk belajar di pondok pesantren ini mengatakan bahwa dalam pembelajaran juga di tanamkan Akhlaq sejak usia dini, dan suasananya Asri oleh karena itulah pesantren ini sangat cocok untuk para penghafal Al Qur'an.

Itulah beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ngawi. Kalau Anda tertarik menjadi santri di sini, tinggal datang ke pesantren di atas ya. Semoga saja melalui tulisan ini memberikan wawasan dan informasi yang mendalam. Trimakasih,

Posting Komentar untuk "8+ Pondok Pesantren Terbaik di Ngawi yang Bisa Menjadi Pilihan"