10+ Pesantren Tertua di Indonesia Modern dan Salafiyah Lengkap

Sebelum dibangun sebuah pondok modern yang berkembang sangat pesat saat ini, sudah dibangun sebuah pondok salafiah yang ada di seluruh nusantara. Agama Islam ini masuk di Indonesia karena adanya ajaran Islam yang dibawa oleh para wali, mubaliq, da’i yang berasal dari luar negeri. Di dalam pondok pesantren ini tak hanya belajar tentang akhirat saja namun juga untuk duniawi juga. Yang memepelajari tentang bagaimana cara beradaptasi yang baik dengan masyarakat, beratingkah laku sopan.

Pondok Pesantren di Indonesia


Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menuliskan tentang daftar nama-nama pondok pesantren tertua yang ada di Indonesia. Diantaranya ponpes tersebut ada yang ada di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan lain sebaginya.

Daftar Nama Pesantren Tertua di Indonesia


Berikut inilah sejumlah daftar nama-nama pondok pesantren tertua di Indonesia. Antara lain sebagai berikut;

Modern Gontor, Ponorogo

Pondok pesantren Modern Gontor ini adalah pondok yang telah berdiri pada tahun 1926 di Daerah Ponorogo. Pondok pesantren Modern Gontor ini didirikan oleh tiga bersudara yang merupak tiga putra dari Kiyai Santoso Anom Basari.

Tiga bersaudara ini juga sering disebut sebagai Trimurti. Pada zaman dahulu Pondok pesantren Modern Gontor ini masih menggunakan sistem pembelajaran dengan salafiah, namun sering dengan perkembangan zaman pondok pesantren Gontor ini berubah menjadi model pembelajaran yang modern. Namun dari situ tidak perlu dihawatirkan.

Pondok pesantren Modern Gontor ini tetap memiliki lulusan yang terbaik di Indonesia. Dan juga termasuk kedalam salah satu podok yang terbaik dan terbesar di Indonesia.

Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Pondok pesantren Tebuireng adalah salah satu pondok pesantren yang telah didirikan pada tahun 1899. Pondok pesantren Tebuireng adalah salah satu pondok pesantren di Jawa Timur, tepatnya berada di Kabupaten Jombang.

Pondok pesantren Tebuireng ini didirikan oleh seorang kiyai yang bernama KH. Hasyim Asy’arie yang merupakan pendiri dari NU (Nahdlatul Ulama). Kiyai ini adalah seorang pendiri pondok pesantren yang memiliki kharisma yang sangat bagus sehingga sangat disegani oleh masyarakat yang ada di sekitar. Didalam Pondok pesantren Tebuireng ini bukan hanya mempelajari tentang pendidikan agama saja namun juga untuk pendidikan umum ada di pondok ini mulai dari TK, SMP, SD/MI, SMA sampai dengan perguruan tinggi ada di pondok pesantren tebuireng ini.

Sehingga tidak heran jika banyak sekali yang tertari untuk menimba ilmu di pondok ini dan santri atau pengurus pun banyak kita temui di Pondok pesantren Tebuireng ini.

Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Pondok pesantren Sidogiri adalah salah satu pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1718 namun ada juga yang bilang bahwa Pondok pesantren Sidogiri ini berdiri pada tahun 1745. Pendiri dari Pondok pesantren Sidogiri ini adalah Sayyid Sulaiman yang ternyata telah masuk dalam keturunan dari nabi Muhammad SAW.

Dari awal terbentuknya Pondok pesantren Sidogiri sampai sekarang ini masih menggunakan sistem atau metode salafiah murni. Santri – santri yang ada di Pondok pesantren Sidogiri ini juga masih tetap bertahan untuk menimba ilmu sampai ada juga yang diangkat menjadi seorang pengurus di pondok tersebut. Jadi meskipun telah dibilang sebagai pondok pesantren yang tua, namun pondok pesantren ini tetap exis dan terus menunjukan perkembangannya.

Sehingga Pondok pesantren Sidogiri ini tetap menjadi salah satu pondok terbaik yang ada di Pasuruan.

Pondok Pesantren Langitan, Tuban

Pondok pesantren Langitan adalah salah satu pondok yang paling tertua yang ada di daerah Tuban, Jawa Timur, di dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang. Pondok pesantren Langitan ini memiliki luas bangunan sampai dengan 7 Hektar.

Pondok pesantren Langitan ini didpimpin oleh KH. Abdullah Faqih dan KH Ahmad Sholeh. Pondok pesantren Langitan adalah salah satu pondok yang masih menggunakan metode pembelajaran salafiah sejak 2 abad yang lalu.

Namun begitu pondok ini tetap menjadi pondok favorite oleh para santri. Apalagi dengan kharisma yang ada pada diri kiyai yang ada di pondok ini memebuat para pejabat dan juga petinggi negeri lainnya menjadi jauh lebih segan.

Pondok pesantren Lirboyo, Kediri

Nama Pondok pesantren Lirboyo ini muncul dan menjadi terkenal sampai saat ini awal mulanya di rintis oleh seorang kiyai yang sangat baik, yaitu kyai Sholeh yang berasal dari Banjarmelati. Namun kepemimpinanya tersebut di ganti dengan kiyai yang berasal dari Jawa Tengah, yaitu KH. Abdul Karim.

Pondok pesantren Lirboyo ini adalah salah satu pondok pesantren yang sukses dalam memberikan pelajaran terhadap para santrinya, salah satunya yaitu dengan menjadi tokoh – tokoh yang sholeh dan baik dalam bidang agama dan juga dalam bidang sosial. Pondok pesantren Lirboyo adalah salah satu pondok pesantren yang memadukan antara pembelajaran tradisional dan juga modern yang berkembang saat ini.

Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang

Pondok pesantren Al-An ini adalah salah satu pondok yang berdiri pada tahun 1925 yang telah didirikan oleh KH. Badawi Hanafi. Pondok pesantren Al-Anwar ini adalah salah satu pondok yang berada di kecamatan Kesugihan, Cilacap.

Namun kemudian seiring dengann berjalannya waktu Pondok pesantren Al-Anwar ini diserahkan kepada anaknya agar dapat mengembangkan pondok pesantren ini menjadi jauh lebih maju lagi. Didalam pondok ini juga tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agam saja namun juga untuk pendidikan formal ada di pondok ini. Mulai dari TK, SMP, SMA, sampai dengan perguruan tinggi ada di pondok ini.

Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin, Cilacap

Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin adalah pondok pesantren yang pada awalnya didirikan oleh KH. Zubair Dahlan Dan juga KH. Ahmad Syuaib yang berada di daerah Karangmangu, Sarang Rembang.

Awalnya hanyalah sebuah kelompok pengajian saja yang telah didirikan disebuah mushola yang ada di sekitar masyarakat tersebut. Namun sekitar tahun 1967 mulai didirikan sebuah pondok pesantren oleh Maimun Zubair.

Dibangunlah sebuah ruangan yang telah dibuat menjadi tiga ruangan. Setelah beberapa saat santri yang ada di kelompok pengajian ini semakin banyak ddan akhirnya dibentulah pondok pesantren sampai sekarang ini semakin berkembang.

Pondok Pesantren Al- Fatah, Temboro

Pondok pesantren Al- Fatah berdiri sejak tahun 1938 di daerah Temboro, kecamatan Keras, Magetan. Pondok pesantren Al- Fatah ini adalah salah satu pondok pesantren dengan perkembangan yang dimiliki begitu cepat.

Pondok pesantren Al- Fatah ini didirikan oleh KH. Sarbun Sidik. Awalnya Pondok pesantren Al- Fatah ini adalah sebuah mushola kecil, setelah memeperoleh dukungan dari masyarakat dan donatur maka mushola kecil ini berubah menjadi masjid dan mulai dibangun sebuah podok pesantren sampai saat ini. Pondok pesantren ini adalah salah satu pondok yang memiliki kebersihan yang patut untuk dijaga apalagi untuk kebersihan kamar mandi. Pondok ini sudah sangat terkenal akan kebersihannya tersebut.

Pondok Pesantren Buntet, Cirebon

Pondok pesantren Buntet adalah salah satu pondok pesantren yang telah menjadi pelopor banyak sekali pondok pesantren yang ada di daerah Jawa Barat, Banten sampai juga DKI Jakarta. Bahakan telah banyak kita temukan bahwa lulusan dari pondok pesantren ini menjadi pengurus dari tiga daerah tersebut.

Hal ini lah yang membuat bangga dari pengurus dari Pondok pesantren Buntet ini. Pondok pesantren Buntet ini didirikan sekitar tahun 1785. Dan telah memiliki cabang di berabagai daerah.

Pondok Pesantren Musthafawiyah, Sumatera Utara

Pondok pesantren Musthafawiyah adalah pondok pesantren yang telah berdiri pada tahun 1912. Pondok pesantren ini didirikan oleh Syeikh Musthafa bin Husein bin Umar Nasution Al- Mandaily. Di dalam Pondok pesantren Musthafawiyah ini bukan hanya mempelajari tentang pendidikan agama isla saja namun juga ada untuk pendidikan umum atau pendidikan formalnya, yaitu mulai dari jenjang pendidikan TK, SD/MI, SMP, SMA sampai dengan pendidikan tinggi ada di Pondok ini. Jadi untuk pendidikan umun di Pondok pesantren Musthafawiyah ini lengkap.

Selain itu didalam Pondok pesantren Musthafawiyah ini juga terdapat kegiatan yang harus di ikuti oleh seluruh santri yaitu Tahfidz Al- qur’an dan juga ma’had aly.

Nah, itulah tadi informasi mengenai beragam nama-nama pondok pesantren tertua yang ada di Indonesia dari modern dan salafiyah. Semoga adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan dapat membantu segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Belum ada Komentar untuk "10+ Pesantren Tertua di Indonesia Modern dan Salafiyah Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel