Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Muhammadiyah Terbesar di Indonesia Lengkap

Pondok pesantren Muhammadyah adalah salah satu lembaga pendidikan non formal yang dipergunakan untuk menambah wawasan tentang ilmu agama Islam. Namun zaman yang semakin modern ini pondok pesantren tidak hanya digunakan untuk pendidikan agama saja, akan tetapi juga untuk pendidikan umum. Seperti tersedianya tempat sekolah maupun perkuliahan.

Disisi lainnya, pada zaman dahulu pondok pesantren sering dianggap remeh  Namun seiring berkembang nya zaman Pondok pesantren mampu membuktikan bahwa jika masuk pondok pesantren adalah suatu hal yang membanggakan untuk diri sendiri dan orang lain.

Pesantren Muhammadiyah


Pondok pesantren juga memiliki berbagai jenis di Indonesia. Dalam hal ini ada pondok pesantren Muhamadiyah terbesar di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Pondok Pesantren Darul Arqom

Pondok Pesantren Darul Arqom adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan H Maksum 65 RT 03 RW 03 Sawangan Sawangan Depok Jawa Barat, Ratu Jaya, Cipayung Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Pondok Pesantren Darul Arqom adalah salah satu pondok pesantren yang tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama saja namun juga ada pendidikan formal.

Pondok Pesantren Darul Arqom dibangun dengan tujuan untuk membentuk karakter santri agar memiliki sifat yang bertanggung jawab, mandiri, dan juga berakhlaq yang baik, memiliki wawasan yang luas.

Sehingga pondok pesantren yang ada di Jawa Barat ini terus berkembang dengan santri yang terus bertambah dari tahun ketahun. Prestasi yang dimiliki Pondok Pesantren Darul Arqom juga sudah tidak perlu diragukan lagi.

2. Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zam

Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zamn ini terletak di Jalan Masjid Baitul Matien Komplek Perguruan Muhammadiyah Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zam ini adalah pondok pesantren yang terbilang masih cukup muda.

Karena Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zam ini baru berdiri sekitar 7 tahun yang lalu. Awal mula berdirinya Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zam ini adalah seorang yang melihat sedikit sekali da’i dan imam masjid yang ada di daerah ini, maka dari itu dibentulah Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zam ini.

Yang telah berdiri pada tanggal 17 Juni 2008 M / 13 Jumaditsani 1429 H. Dibangun ditanah seluas 440 m2 dan di tambah dengan tanah wakaf hingga menjadi 17000 m2.

3. Pesantren Muhamadiyah Tobelo Halmahera Utara

Pondok Pesantren Muhamadiyah Tobelo Halmahera Utara adalah salah satu pondok pesantren yang daat dibilang sebagai salah satu pondok termuda yang ada di Indonesia. Pondok ini masih baru di bangaun, namun perkambangan pondok pesantren sangat lah cepat.

Pondok Pesantren Muhamadiyah Tobelo Halmahera Utara tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agam islam saja namun juga ada pendidikan umum, mulai dari SD, SMP, SMA ada di Pondok Pesantren Muhamadiyah Tobelo Halmahera Utara ini.

Pondok Pesantren Muhamadiyah Tobelo Halmahera Utara adalah pondok pesantren yang modern dan menggunakan sistem pembelajaran gabungan antara tradisional dan modern.

4. Pondok Pesantren Nurul Iman

Pondok Pesantren Nurul Iman adalah salah satu pondok Muhamadiyah yang paling terkanal di Indonesia. Pondok Pesantren Nurul Iman adalah salah satu pondok yang sudah modren. Pondok Pesantren Nurul Iman adalah pondok pesantren yang memiliki ustad yang kharismatik sehingga sangat disegani oleh masyarakat yang ada di sekitar dan juga pejabat-pejabat tinggi.

Pondok Pesantren Nurul Iman adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki santri cukup banyak. Sehingga karena hal ini lah tidak perlu diragukan lagi jika Pondok Pesantren Nurul Iman adalah salah satu pondok yang memiliki perkembangan sangat cepat di banding dengan yang lainnya.

5. Pondok Pesantren Al-Hikmah, Blora

Pondok Pesantren Al-Hikmah, Blora adalah salah satu pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1988. dan telah didirika oleh KH. Moch Najib Suyuthi. Pondok Pesantren Al-Hikmah, Blora ini terletak di Ngadipurwo Blora Jawa Tengah.

Pada awalnya Pondok Pesantren Al-Hikmah, Blora ini hanya tersedia 3 kamar saja namun sekarang sudah berkembang sangat cepat dang semakin luas.

Pondok Pesantren Al-Hikmah, Blora terdapat pendidikan umun dan juga pendidikan agama islam. Walaupun pondok ini masih menggunakan sistem pembelajaran salafi. Pada tahun 1990 Pondok Pesantren Al-Hikmah, Blora ini resmi menjadi lembaga pendidikan Al- Hikamh Ngadipuwo Blora Jawa Tengah.

6. Pondok Pesantren An-Nur, Malang

Pondok Pesantren An-Nur adalah salah satu pondok yang memiliki perkembangan sangat cepat. Dahulu pada zaman masih baru pondok pesantren ini masih hanya ada 2 santri saja, namun sekarang ini telah ada ribuan santri yang ada di Pondok Pesantren An- Nur ini. Pondok Pesantren An- Nur ini terletak di Krebet senggrong, Bulu Lawang, Malang, Jawa Timur.

Pondok Pesantren An- Nur adalah salah satu lembaga pendidikan islam yang paling tua yang ada di Indonesia. Pondok Pesantren An- Nur ini didirikan pada tahun 1948 oleh Almagfurlah Romo KH. Anwar Nur dan kemudian di singkat menjadi Annur. Pada walnya Pondok Pesantren An- Nur hanya mempelajari tentang pendidikan agama saja dengan menggunakan metode kitab kuning.

Namun saat ini Pondok Pesantren An- Nur ini telah menjadi pondok pesantren modern yang memiliki jenjang pendidikan formal mulai daro SD, SMP, SMU sampai dengan perguruan tinggi ada di Pondok Pesantren An- Nur ini.

7. Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Pati

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Pati adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan di desa Guyangan, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Pati ini berdiri pada tahun 1950 an.

Dari awal berdiri Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Pati ini sampai sekarang sudah mengalami perkembangan yang semakin siknifikan. Hal ini ditunjukan dari santri yang awalnya hanya terdapat beberapa saja yang ada di pondok pesantren tersebut sampai akhirnya terdapat ribuan pondok yang ada di pondok pesantren ini.

Fasilitas yang ada di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Pati ini sangatlah lengakap sehingga hal ini lah yang dapat menjadi penunjang kualitas dari Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Pati ini.

8. Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum adalah salah satu pondok pesantren yang didirkan pada tahun 1885 M. Pondok Pesantren Darul Ulum dibangun dengan tanah seluas lebih dari 42,5 hektar. Bangunannya terlihat sangat megah dan juga indah.

Pondok Pesantren Darul Ulum adalah salah satu pondok pesantren yang sangat berkembang di daerahnya tersebut. Santri yang ingin menimba ilmu di Pondok Pesantren Darul Ulum ini semakin hari juga semakin banyak Hal ini lah yang membuktikan bahwa kualitas yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Darul Ulum ini bagus.

9. Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Malang

Salah satu bentuk pondok pesantren yang terafiliasi dengan organisasi Islam Muhammadiyah terbesar lainnya ialah Al-Munawwaroh yang berada di Malang, Jawa Timur. Pesantren di Kota Malang ini sendiri berada di Kecamatan Kedungkandang.

10. MBS Muhiba

Bagian lainnya yang menjadi contoh adanya pondok pesantren Muhammadiyah ialah Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah 1 Bantul Yogyakarta, yang juga lebih dikenal dengan nama MBS Muhiba. Sebagimana yang kita ketahi bahwa organisasi Muhammadiyah juga berdiri pertamakali di DI Yogjakarta.

Nah, itulah tadi daftar informasi mengenai nama-nama pondok pesantren Muhammadiyah yang ada di Indonesia. Semoga melalui tulisan ini memberikan referensi kepada segenap pembaca yang sedang mencarinya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Muhammadiyah Terbesar di Indonesia Lengkap"