10+ Pondok Pesantren di Yogjakarta Modern/Salafiah Lengkapnya

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran, apalagi untu mempelajari tentang ilmu agama islam, biasanya malah menggunkan pondok pesantren ini sebagai saran tersendiri untuk menimba ilmu agama tersebut. Namun dalam zaman yang semakin modern ini agama islam bukan hanya saja terdapat pendidikan untuk agama saja namun juga untuk pendidika formal. Apalagi untuk pendidikan pondok pesantren ini memang sudah banyak kita temui di berbagai derah, apalagi di Yogjakarta yang terdapat pondok pesantren yang berkualitas.

Pesantren di Yogjakarta


Adapun daftar nama-nama Pondok pesantren yang ada di wilayah Jogjakarta adalah sebagai berikut;

Pondok Pesantren Al- Ikhlas

Pondok pesantren Al- Ikhlas adalah salah satu pondok yang paling terkenal di Jogjakarta yang terletak di jalan Jogokariyan MJ No 3/416 Kecamatan Mantrijeron. Pondok pesantren Al- Ikhlas adalah salah satu pndok terbaik yang ada di Jogjakarta.

Pondok Pesantren Ma’hadul Makfufin

Pondok pesantren Ma’hadul Makfufin adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Parangtritis No. 46 Kecamatan Mantrijeron. Pondok pesantren Ma’hadul Makfufin adalah salah satu pondok yang paling dekat dengan pantai parangtritis.

Pondok pesantren Ma’hadul Makfufin adalah salah satu pondok yang memiliki santri yang cukup banyak dan ustadz yang sangat di segani karena karisma yang dimilikinya tersebut. Dalam Pondok pesantren Ma’hadul Makfufin masih menggunakan model pembelajaran Salafiah dengan jenjang pendidikan yang ada adalah mulai dari pendidikan SMP sampai dengan SMA ada di Pondok pesantren Ma’hadul Makfufin ini.

Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro

Pondok pesantren Pangeran Diponegoro adalah pondok esantren yang masih menggunakan sistem atau model pembelajaran Salafiah. Namun di dalam Pondok pesantren Pangeran Diponegoro ini masih tetap mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan mendirikan pendidikan formal bukan hanya tentang aga islam saja.

Jenjang pendidikan formal yang ada Pondok pesantren Pangeran Diponegoro ini adalah Tk, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi mulai di bangun di Pondok pesantren ini. Dalam pondok pesantren ini sudah pasti tidak akan kekurangan pengurus karena pengurus yang ada di Pondok pesantren Pangeran Diponegoro ini siap membimbing santrinya selama 24 jam.

Tujuan dari dibangunnya Pondok pesantren Pangeran Diponegoro ini adalah untuk membentuk karakter santri agar memiliki sifat yang bertanggung jawab, memiliki jiwa kepemimpinan dan dapat memiliki wawasan yang luas.

Pondok pesantren Ma’hadul Makfufin ini terletak di jalan Cuwiri No.230 Jogokaryan Kecamatan Mantrijeron. 

Pondok Pesantren Darussalam

Pondok pesantren Darussalam adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Luwono MG, Kecamatan Margangsan. Pondok pesantren Darussalam adalah salah satu pondok yang memiliki perkembangan yang berbeda dengan yang lain.

Pondok pesantren Darussalam ini adalah salah satu pondok modern yang ada di Jogjakarata. Pondok pesantren Darussalam ini merupakan pondok dengan kualitas terbaik. Santri yang ada di pondok ini juga cukup banyak.

Ustadz yang ada Pondok pesantren Darussalam ini memiliki kharisma yang sangat baik sehingga masyarakat yang ada di sekitar pondok pesantren sangat segan dengan ustdz. Dalam Pondok pesantren Darussalam ini terdapat beberapa jenjang pendidikan formal mulai dari pendidikan SMP sampai dengan pendidikan SMA ada di Pondok pesantren Darussalam ini, Namun didalam pondok ini masih tetap mengutamakan tentang pendidikan agama islam dibandingkan dengan pendidikan yang lainnya.

Sehingga tidak hran jika banyak sekali santri atau masyarakat sekitar yang ingin menimba ilmu di pondok pesantren ini.

Pondok Pesantren Abu Bakar Asshidiq

Pondok pesantren Abu Bakar Asshidiq adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Veteran Gang Bakisar No. 716 Q, kecamatan Umbulharjo. Pondok pesantren ini adalah salah satu pondok yang memiliki jenjang pendidikan mulai dari pendidikan agama islam dan juga pendidikan formal.

Untuk pendidikan formal yang ada di Pondok ini terdapat jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, sampai dengan perguruan tinggi ada di Pondok pesantren Abu Bakar Asshidiq ini. Pondok ini masih menggunakan sistem pembelajaran salafiah.

Namun dalam hal itu tidak membuat Pondok pesantren Abu Bakar Asshidiq ini menjadi sebuah pesantren yang tidak berkembang, Pondok pesantren Abu Bakar Asshidiq ini malah berkembang jauh lebih pesat di banding dengan pesantren yang lain.

Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah

Pondok pesantren Al- Luqmaniyyah adalah salah satu pondok yang paling terkenal dan salah satu pondok yang terletak di Jalan Babaran Kalangan Kecamatan Umbulharjo. Pondok pesantren Al- Luqmaniyyah adalah salah satu pondok yang bukan hanya mempelajari tentang pendidikan agama saja namun juga pendidika formal.

Namun untuk sistem atau model pembelajaran yang ada di Pondok pesantren Al- Luqmaniyyah ini masih menggunakan model pembelajaran salafiah. Sehingga dalam hal ini kualitas dari Pondok pesantren Al- Luqmaniyyah ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pondok Pesantren Mahasiswa Al Khairaat

Pondok pesantren Mahasiswa Al Khairaat adalah salah satu pondok pesantren yang paling terkenal di pondok ini. Bukan hanya itu saja pondok pesantren ini adalah salah satu pondok yang memiliki tingkat kualitas yang sudah tidak perlu di ragukan lagi.

Pondok pesantren Mahasiswa Al Khairaat ini ada beberapa jenjang pendidikan mulai dari pendidikan agama islam sampai dengan pendidikan formal, untuk pendidikan formal yang ada di Pondok Pondok pesantren Mahasiswa Al Khairaat ini adalah jenjang pendidikan SD/MI, SMP, SMA, sampai dengan perguruan tinggi ada di dalam pondok pesantren ini.

Pondok Pesantren Ahmad Dahlan

Pondok pesantren Ahmad Dahlan adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Selokraman KG.3 kecamatan kotagede. Pondok pesantren ini aalah salah satu pondok yang memiliki kualitas yang sangat baik di bandingkan dengan yang lain.

Tujuan dari dibentuknya Pondok pesantren Ahmad Dahlan ini adalh untuk membentuk suatu karakter santri yang mandiri, bertanggung jawab, cerdas dan memiliki wawasan yang luas. Sehingga dirasa Pondok pesantren Ahmad Dahlan ini dapat meluluskan santri dengan kriteria santri yang terbaik dan dapat di lanjutkan dengan menjadi seorang pengurus atau kiyai di pondok lainnya.

Didalam Pondok pesantren Ahmad Dahlan ini bukan hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja namun juga untuk pendidika formal ada di Pondok pesantren Ahmad Dahlan ini.

Pondok Pesantren Fauzul Muslim

Pondok pesantren Fauzul Muslim adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki jenjang pendidikan formal mulai dari pendidikan TK, SMP, SD/MI, SMA ada di Pondok pesantren Fauzul Muslim ini.

Pondok ini adalah salah satu pondok yang paling terkenal yang ada di Jogjakarta. Salah satunya adalah pondok pesantren yang masih muda dan memiliki perkembangan sangat sangat pesat. Pondok pesantren Fauzul Muslim adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Nyai Pembayun No.21 kecamatan Kotagede.

Pondok pesantren ini memiliki pengurus yang cukup banyak sehingga siap membimbing para santri 24 jam.

Pondok Pesantren Nurul Ummah

Pondok pesantren Nurul Ummah adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Raden Ronggo KG No.11/982, Pangeran Kota Gede, Jogjakarta, Kecamatan Kota gede. Pondok pesantren Nurul Ummah adalah pondok pesantren yang memiliki santri cukup banyak di Jogjakrata, sehingga hal ini lah yang membuat pondok ini sangat di segani dan banyak sekali yang ingin menimnba ilmu di pondok pesantren Nurul Ummah ini.

Pondok  pesantren Nurul Ummah adalah salah satu pondok yang tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja namun juga ada pendidikan umumnya. Salah satu nya yitu untuk jenjang pendidikan TK, SMP, SD / MI, SMA sampai dengan perguruan tinggi ada di  pondok pesantren Nurul Ummah ini.

Pondok pesantren Nurul Ummah adalah termasuk kedalam pondok yang masih muda di Jogjakarta namun kualias dan perkembangan podok sudah tidak perlu di ragukan lagi.

Nah, itulah tadi tulisan yang dapat kami sebutkan tentang daftar nama-nama Ponpes di Yogjakarta, baik yang modern ataupun salafiah. Semoga melalui tulisan ini bisa menambah referensi bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Belum ada Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Yogjakarta Modern/Salafiah Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel