8+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Sleman yang Terkenal


Sleman merupakan salah satu kabupaten di Provinsi DI Yogyakarta dimana banyak fasilitas pendidikan berdiri di wilayah ini. Tak hanya untuk pendidikan formal saja, di Kabupaten Sleman  juga terdapat banyak pondok pesantren yang bisa Anda jadikan rujukan untuk menuntut ilmu agama. Untuk informasi selengkapnya berikut daftar nama pondok pesantren di Yogjakarta, khususnya Kabupaten Sleman.

Pesantren di Sleman


Tak hanya untuk memperdalam ilmu agama saja, pesantren di Sleman juga fokus pada pembentukan karakter santri. Beberapa pondok pesantren juga tidak hanya dikhususkan untuk anak usia sekolah saja, ada beberapa pondok pesantren yang juga menerima mahasiswa yang tengah melanjutkan studi di Yogyakarta.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sleman


Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sleman akan membantu Anda dalam memilih pesantren yang berkualitas. Dengan mengetahui fasilitas yang tersedia dan program unggulan pesantren akan membantu Anda dalam menilai kualitas pesantren.

Pondok Pesantren Al Ikhlas

Pondok Pesantren Al Ikhlas telah didirikan sejak tanggal 19 September 2004 di Berbah, Sleman. Berdiri di lahan sekitar 1.600 meter persegi, Pesantren Al Ikhlas menyediakan beragam fasilitas sebagai tempat mendalami agama islam dan pendidikan formal. Pesantren ini juga menyediakan madrasah diniyah yang juga diperuntukkan bagi masyarakat sekitar.

Pondok Pesantren Wahid Hasyim

Terletak di Jalan Wahid Hasyim, Depok, Sleman, Pondok Pesantren Wahid Hasyim tidak hanya mengembangkan ilmu agama islam, tetapi juga penanaman akhlakul karimah pada santrinya. Program lain seperti tahfidz Quran, pengembangan Bahasa Inggris dan Arab, serta penguasaan kitab kuning menjadi program unggulan dari pesantren ini. Selain itu, santri di pesantren ini juga bisa melanjutkan pendidikan formal di MI, MTs, SMP, SMA, dan MA yang terdapat di wilayah pesantren.

Pondok Pesantren Assalafiyah

Pondok Pesantren Assalafiyah terletak di Gamping, Sleman. Bediri sejak tahun 1936, pesantren ini memiliki program unggulan, seperti tahfidz Quran dan pengembangan ketrampilan kitab kuning. Selain itu, santri juga bisa mengambangkan minatnya melalui beragam kegiatan ekstrakurikuler, seperti drum, rebana, pramuka, pencak silat, dan jurnalistik. Di pesantren ini juga tersedia lembaga pendidikan formal, yaitu MTs, MA, dan SMK yang dikelola oleh pihak pesantren.

Pondok Pesantren Inayatullah

Pondok Pesantren Inayatullah merupakan pondok pesantren di Sleman, yang terletak di Jalan Monjali, Sariharjo, Ngaglik. Pesantren ini telah berdiri sejak tahun 1998 dan kini banyak mahasiswa yang mondok di pesantren ini. Kegiatan di pesantren ini difokuskan pada setelah subuh dan malam hari saja. Sehingga saat pagi hingga sore, santri bebas berkegiatan untuk sekolah maupun kuliah. Selain itu, ada juga program madrasah diniyah yang ditujukan pada masyarakat sekitar pesantren.

Pondok Pesantren Taruna Al Quran

Salah satu pondok pesantren tahfidz di Yogyakarta adalah Pondok Pesantren Taruna Al Quran. Pesantren ini terletak di Jalan Lempongsaru 4A, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Selain berfokus pada program tahfiqz Quran, pesantren ini juga mengembangkan pendidikan bagi santri menuju jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi. Tak hanya menyediakan pendidikan agama untuk santrinya, pesantren juga membuka KB/TK, SDIT, serta sekolah khusus anak autis.

Pondok Pesantren Miftahussalam

Pondok Pesantren Miftahussalam terletak di Jalan Lukito Harjo, Sendangadi, Mlati, Sleman. Pesantren ini dikhususkan bagi para mahasiswa yang ingin mendalami pendidikan agama di pesantren. Selain mengkaji beberapa kitab, pesantren ini juga membina softskill santri, mulai dari cara berorganisasi, sehingga santri siap terjun di masyarakat.

Pondok Pesantren Al Quran Sunan Pandanaran

Berdiri sejak tanggal 20 Desember 1975, Pondok Pesantren Al Quran Sunan Pandanaran terletak di Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Seiring berjalannya waktu, jumlah santri di pesantren ini mencapai 1300-an santri yang mukim. Selain fasilitas yang lengkap, terdapat pendidikan formal, mulai dari RA, MI, MTs, MA, dan STAI Sunan Pandan Aran.

Pondok Pesantren Al Mubarok

Terletak di JalanTuri Tempel, Bangunkerto, Turi, Sleman, Pondok Pesantren Al Mubarok memberikan pendidikan tarbiyah, tahassus, dan kilatan. Didirikan sejak tahun 2004, pesantren ini juga terbuka untuk masyarakat umum melalui beberapa program, seperti kajian tafsir dan muahadah manaqib.

Tak hanya diperuntukkan bagi anak usia sekolah, pesantren di Sleman juga dikhususkan bagi mahsiswa yang berkuliah di Yogyakarta.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sleman akan mempermudah Anda mencari referensi pesantren yang sesuai kebutuhan. Semoga saja ya melalui artikel ini memberikan informasi yang akurat. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "8+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Sleman yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel