Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Daftar Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan Selatan

Pondok Pesantren di Kalimantan Selatan

Wilayah yang memiliki 13 kab/kota ini memiliki tingkat pendidikan yang cukup baik diantara provinsi yang ada di pulau Kalimantan lainnya. Kali ini artikel ini akan membahasa aspek pendidikan agama Islam terkait dengan daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Selatan.

Pondok Pesantren di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan sejatinya memiliki jumlah pondok pesantren yang lumayan banyak yaitu sekitar 214 pondok pesantren yang tersebar di 13 wilayah kab/kota. Wilayah dengan pondok pesantren terbanyak terletak di kab. Banjar yaitu sekitar 33 pondok pesantren. 

Secara keseluruhan, persebaran pondok pesantren di wilayah Kalimantan Selatan sudah merata dengan jumlah persebaran mulai dari 8-33 pesantren pada tiap kab/kota. Kesadaran masyarakat dan tokoh-tokoh agama islam di wilayah ini sudah mulai terbangun sehingga banyak berdiri pondok-pondok pesantren yang bagus di wilayah ini. 

Buat kalian yang berminat ingin melanjutkan pendidikan agama islam di pondok pesantren khususnya di wilayah Kalimantan Selatan, alangkah baiknya simak artikel berikut ini hingga selesai. 

Daftar Pondok Pesantren di Kalimantan Selatan

Beberapa daftar pondok pesantrendi wilayah Kalimantan Selatan antara lain: 

1. Pondok Pesantren Al Istiqomah 

Pondok Pesantren Al Istiqomah terletak di Jl. Pekapuran Raya RT. 28, Kelurahan Pemurus Baru, Kecamatan Banjar Selatan, Kalimantan Selatan. Pondok ini berdiri pada tahun 1984 dengan tujuan mengajak masyarakat untuk mengkaji kitab kuning (salafiyah)

Saat ini pondok pesantren Al Istiqomah memiliki emp[at jenajng pendidikan formal yaitu RA, MI, MTs, dan MA serta 2 pendidikan non formal yaitu Madrasah Diniyah Awaliyah, Wustho, dan Ula, serta program Tahfidzul Quran. 

Pelatihan ketrampilan juga diajarakan di pondok pesantren ini berupa menjahit, bengkel, komputer, serta konveksi. 

2. Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Pondok pesantren Miftahul Ulum terletak di Desa Batu Mulya, Kec. Penyipatan, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pondok pesantren ini menyediakan tiga jenjang pendidikan formal mulai dari MI, MTs, hingga MA. 

Program keagamaan yang diajarkan dari jenjang MI hingga MA pun sama yaitu bimbingan baca Al Quran, bimbingan kajian kitab kuning, gerak batin atau majelis, Muhadoroh, kaligrafi, dan pelaksanaan kegiatan sunnah lainnya. 

Untuk biaya pendidikan pesantren dan sekolah berkisar anatara 3,9 juta bagi santri putra dan 4 juta bagi santri putri. Hal tersebut sesuai dnegan dengan fasilitas pemebelajaran dan fasilitas pondok yang memadai. 

3. Pondok Pesantren Nurul Hijrah

Pondok pesantren Nurul Hijrah beralamat di Jl. Gunung Kencana No. 283, Desa Alur, Kec. Jorong, Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pondok ini menyediakan program pendidian formal SMP dan MA dengan masing-masing akreditasi B dan A. 

Program keagamaan yang diajarkan berupa Al Quran, fiqih, Tauhid, Tarikh dan lain sebagainya. penggunaan kurikulum untuk pendidikan formal berupa kurikulum dari dinas pendidikan untuk jenjang SMP dan kurikulum Pondok Pesantren untuk jenjang MA. Berbagai ekstrakurikuler pun banyak disediakan di pondok pesantren ini. 

4. Pondok Pesantren Darussalam

Podok pesantren ini berlokasi di Pasayangan, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Didirikan pada tahun 1914, pondok pesantren ini menjadi pondok pesantren tertua di Kalimantan. Pesantren ini juga menjadi salah satu pesantren yang menyediakan pendidikan formal dari MI hingga perguruan tinggi. 

Terkenal sebagai pondok pesantren unggulan, pesantren ini tidak hanya menyediakan kegiatan pengembangan ilmu agama saja, berbagai ketrampilan diajarakan seperti otomoif dan las listrik/ karbit, menjahit hingga kerajinan batu aji. 

5. Pondok Pesantren Ibnul Amin

Pondok pesantren ini terletak di Desa Pamangkih, Kec. Labuan Amas Utara, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Ponpes ini didirikan pada tahun 1958. Pondok ini memiliki jumlah santri yang cukup banyak setiap tahunnya yaitu sekitar 1300 santri setiap tahun. 

Pondok pesantren yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini menyediakan pendidika formal hingga jenjang MA. Para pengajar di pondok ini kebanyakan merupakan lulusan pondok pesantren Ibnul Amin yang sudah menempuh pendidika tinggi di dalam dan luar negeri. Hal tersebut membuat para pengajar memahami betul pengajaran pendidikan yang diterapkan di pesantren ini. 

6. Pondok Pesantren Mursyidul Amin

Pondok pesantren ini terletak di Jl. Beringin Desa Makmur, Kec. Gambut, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan. Pondok ini juga terbilang cukup tua karena sudah didirikan sejak tahun 1988. 

Pondok ini meneydiakan 3 tingkatan pendidikan yaitu tingkat Tajhiziyah dengan masa belajar 2 tahun, Madrasah Tsanawiyah dengan masa belajar 3 tahun, dan tingkat Aliyah dengan tigkat belajar 3 tahun. Jumlah santri perahun terbilang cukup banyak yaitu sekitar 1400 setiap tahunnya. 

7. Pondok Pesantren Yasin 

Pondok pesantren ini terletak di Jalan Komplek Yasin, kel. Guntung Manggis, Kec. Landasan Ulin, Ka. Banjar baru, Kalimantan Selatan. Pesantren di Kota Banjar Baru ini didirikan pada tahun 2004. Jenajang pendidikan yang disediakan berupa I’dadi, Tsanawiyah, Aliyah, dan Ma’ad Ali. 

8. Pondok Pesantren Al Falah 

Pondok pesantren ini berlokasi di Landasan Ulin, Kec. Lianbbg Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pesantren ini menyediakan pendidikan formal SMP dan SMA. Untuk biaya pendidikan berkisar antara 4-5 juta. Fasilitas dan kualitas yang baik membuat pondok pesantren ini banyak dikenal masyarakat khususnya masyarakat Kalimantan. 

Bertipe salafiyah, pondok pesantren ini didirikan dengan menganut pendidikan agama NU. Hal yang menarik lainnya adalah santri putra mengneakan pakaian putih dan peci putih dalam proses pembelajaran. 

9. Pondok Pesantren Nurul Ma’ad

Pondok pesantren Nurul Ma’ad berlokasi di Landasan Ulin Utara, Kec. Liang Anggang, Banjar, Baru, Kalimantan Selatan. Program utama berupa pengkajian kitab kuning dengan penguasaan bahasa arab yang baik. pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan dari MI hingga tingkat SMA.

Pendidikan yang diajarkan cukup yaitu dengan menggunakan kurikulum dinas pendidikan untuk jenjang pendidikan formal serta pembelejaran alfiyah yang wajib dilaksanakan. Akreditasi pendidikan formal sudah terkreditasi C. 

10. Pondok Pesantren Al Fikrah Citra Madinatul Ilmi

Pondok pesantren ini terletak di Jl. Ahmda Yani, Kota Citra Graha, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Didirikan pada tahun 2009, pondok pesantren terfokus pada bidang pendidikan islam berupa pengkajian kitab kuning dan juga dakwah. 

Kitab yang digunakan dalam pembelajaran formal berupa kitab tafsir Jalalayn karya Jalal al-Din al-Shuyuthi. Kitab tersebut sudah menjadi ketentuan kurikulum yayasan Citra Babur Rahman Madinatul Ilmi. Selain itu, kitab ini juga merupakan kitab yang digunakan di pondok pesantren Darussalam yang mana pondok tersebut menjadi kiblat rujukan dari pondok pesantren ini. 

11. Pondok Pesantren Darul Ilmu

Didirikan pada tahun 1983 Pondok pesantren Darul Ilmi terletak di Jl. A. Yani, Landasan Ulin Barat, Banjarbaru, Kalimantan selatan. Kajian tafsir dalam pendidikan formal, pondok ini menggunakan dua kitab tafsir yaitu kitab tafsir Jalalayn dan kitab tafsir Marah Labid. 

Pendidikan formal yang disediakan berupa TK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Dalam sistem pendidikan dan kurikulum pondok ini mengambil referensi pada beberapa pondok lain di wilayah tersebut seperti pondok Darussalam, pondok Al Amin, dan pondok pesantren Al Falah. 

12. Pondok Pesantren Misbahul Munir

Pondok pesantren yang didirkan pada tahun 1986 ini terletak di Jl. Golf RT 10 RW 04, Landasan Ulin, Kec. Liang Anggan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sama dengan pondok pesantren Darul Ilmu, pondok pesantren ini juga menggunakan kitab Jalalayn dan kitab tafsir Marah Labid dalam kajian tafsir di pendidikan formal. 

Jenjang pendidikan formal tersedia dari PAUD hingga Perguruan tinggi UNISKA. Pendidikan nonformal berupa Ma’ad Diniyah yang terdiri dari 3 jenjang yaitu Tahjiziyah, Wustha, dan Ulya.serta pendidikan nonformal halaqah. 

13. Pondok Pesantren Warsatul Fuqaha

Pondok pesantren ini berlokasi di Kelurahan Kemuning, Kec. Banjarbaru Selatan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pondok ini menggunakan ktab tafsir Jalalayn dan kitab tafsir Ayatul Ahkam dalam pegajaran tafsir di pendidikan formal. 

Pembelajaran agama tetap mengutamakan pada kitab kuning. Penggunaan kurikulum berupa kurikulum pondok pesantren dan juga kurikulum dari kementrian agama untuk jenjang Tsanawiyah. 

14. Pondok Pesantren Miftahul Falah

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. H Mr. Cokrokusumo, sungai Besar, Kec. Banjarbaru Selatan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pengkajian tafsir menggunakan kitab Jalalayn dan kitab tafsir Marah Labid. Sistem pembelajran formal banyak mengacu pada pondok pesatren Darussalam Martapura. Pendidikan formal yang disediakan berupa madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. 

15. Pondok Pesantren Raudhatun Nasyim

Pondok pesantren yang mulai didirikan pada tahun 2011 ini berlokasi di kelurahan sungai besar, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pendidikan formal yang disediakan hanya pada tingkat ibtidaiyah dan Tsanawiyah. Tingkat Aliyah masih dalam perkembangan. 

Pengkajian tafsir menggunakan kitab tafsir Jalâlayn dan kitab tafsir Jalal al-Din al-Mahali. Di pondok pesantren ini para santri juga diajarkan untuk mempelajara bahasa Arab dalam kesehariannya.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca terkait dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga saja memberikan manfaat bagi semua kalangan.

Posting Komentar untuk "15+ Daftar Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan Selatan"