Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kota Banjar Baru Yang Bagus

 

Pesantren di Kota Banjar Baru

Kota Banjar Baru merupakan salah satu kota di Kalimantan Selatan yang disebut sebagai daerah penghasil intan. Selain itu masyarakat di kota ini juga terdiri dari beberapa macam suku, sehingga semuanya melebur menjadi satu kesatuan.

Nama-nama suku yang menempati kota Banjar Baru in antara lain seperti Suku Banjar, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Batak, Suku Bugis dan lainnya.  

Pesantren di Banjar Baru

Kota Banjar Baru juga memiliki beberapa pondok pesantren yang tersebar di beberapa kecamatan pada wilayah ini. Nama-nama kecamatannya antara lain seperti Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kecamatan Cempaka, Kecamatan Landasan Ulin dan Kecamatan Liang Anggang. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Banjar Baru

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kota Banjar Baru adalah :

1. Pondok Pesantren Wali Songo Fiddarissalam Ba 

Pondok Pesantren Wali Songo Fiddarissalam Ba beralamat di Jl. Pesantren Guntung Manggis. Jumlah santri laki-laki di pesantren ini ada 28 orang, sedangkan santriwatinya ada 21 orang. Sedangkan tokoh yang berhasil mendirikan ponpes Wali Songo Fiddarissalam Ba yaitu bernama Abdul Hamid Marzuki. 

2. Al Falah Putera

Pondok Pesantren Al Falah Putera beralamat di Jl. Ahmad Yani Km. 23. Pesantren ini diketahui telah memiliki ribuan santri yaitu mencapai 1491 orang. Sedangkan nama seseorang yang berhasil mempelopori berdirinya pesantren ini yaitu bernama KH. M. Tsani. 

3. Al Falah Puteri

Pondok Pesantren Al Falah Puteri beralamat di Jl.A.Yani Km 23.300. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini yaitu ada 1300 orang. Sedangkan nama tokoh pendirinya yaitu KH. M. Tsani. 

4. Darul Ilmi

Pondok Pesantren Darul Ilmi beralamat di Jl. A. Yani Km. 19.200 Kel. Landasan Ulin Barat. Pondok pesantren ini diketahui memiliki 482 santri laki – laki dan 36 santri perempuan. Sedangkan nama tokoh pendirinya yaitu H. Ilmi Bin Sabri. 

5. Nurul Ma`ad

Pondok Pesantren Nurul Ma`ad beralamat di Jl. Golf Rt 10 Rw 04. Seseorang yang berhasil mendirikan ponpes Nurul Ma’ad bernama Ahmad Kusasi. Sedangkan jumlah keseluruhan santrinya yaitu ada sekitar 200 orang yang terdiri dari 120 santri laki – laki dan 80 santri perempuan. 

6. Misbahul Munir

Pondok Pesantren Misbahul Munir beralamat di Jl. Golf Rt.10 Rw. 04 Kel. Landasan Ulin Utara. Ponpes ini diketahui memiliki 94 santri laki-laki dan 114 santri perempuan. Sedangkan tokoh pendirinya bernama Hasyim Ashari.

7. Yasin

Pondok Pesantren Yasin beralamat di Jl. Abu Bakar. Tokoh yang berhasil mempelopori berdirinya pondok pesantren Yasin adalah Ahmad Fahmi Zam Zam. Sedangkan jumlah santri yang belajar di ponpes ini ada sebanyak 40 orang.

8. Miftahul Falah

Pondok Pesantren Miftahul Falah beralamat di Jl. H. Mr. Cokrokusumo (Bumi Berkat I) Rt. 01 Rw. 02 Sungai Besar. Tokoh pendiri ponpes ini bernama KH. Husni Fahmi, sedangkan jumlah santrinya ada sekitar 181 santri. 

9. Warasatul Fuqaha

Pondok Pesantren Warasatul Fuqaha beralamat di Jl. Sumber Ilmu , Guntung Pinang. Santri laki-laki di pesantren ini jumlahnya ada 34 orang dan santriwatinya ada 25 orang. 

10. Sullamul Khairiyah

Pondok Pesantren Sullamul Khairiyah beralamat di Jl. H. Mistar Cokrokusumo Cempaka Hulu. Santri yang menimba ilmu di pesantren Sullamul Khairiyah berjumlah 288 orang, sedangkan tenaga pendidiknya ada sekitar 16 ustadz.

Hanya itulah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kota Banjar Baru, Provinsi KalSel (Kalimantan Selatan). Semoga berguna ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kota Banjar Baru Yang Bagus"