Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren di Hulu Sungai Tengah Yang Bagus

 

Pesantren di Hulu Sungai Tengah

Kabupaten Hulu Sungai Tengah adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang memiliki moto daerah “Murakata”. Moto tersebut merupakan Bahasa Banjar dan singkatan dari mufakat, rakat, seiya sekata. 

Daerah kabupaten Hulu Sungai Tengah ini memiliki makanan khas yang bernama apam barabai dan pakasam. Selain itu hampir sebagian besar masyarakatnya memeluk agama islam. Kabupaten ini juga memiliki berbagai fasilitas ibadah seperti masjid maupun gereja untuk orang – orang yang menganut agama selain islam.

Pesantren di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Kabupaten Hulu Sungai Tengah diketahui memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren. Ponpes di kabupaten ini umumnya tidak hanya menerapkan sistem pendidikan keagamaan saja, melainkan menggunakan kurikulum terpadu.

Tujuannya agar para santri selain memperoleh ilmu agama juga mendapatkan ilmu pengetahuan umum yang digunakan untuk menambah wawasan secara lebih luas. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kabupatn Hulu Sungai Tengah adalah;

1. Al Muhajirin

Daftar nama pondok pesantren pertama yang ada di kabupaten Hulu Sungai Tengah adalah Pondok Pesantren Al Muhajirin. Lokasi pondok pesantren ini yaitu berada di Jl Bulanang Indah.

2. Nurul Muhibbin 

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Nurul Muhibbin yang beralamat di Jl.H.Damanhuri.

3. Darul Istiqamah

Pondok Pesantren Darul Istiqamah beralamat di Jl. H. A. Syafawi. Santri laki-laki yang ada di pesantren ini jumlahnya yaitu 436 orang. Sedangkan jumlah santri perempuannya yaitu 468 orang. Pesantren Darul Istiqamah merupakan pesantren yang berhasil didirikan oleh seorang tokoh pendiri yang bernama KH Hasan Basuni. 

4. Darul Inabah

Pondok Pesantren Darul Inabah beralamat di Jl. Setia Usaha Banua Asam. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Darul Inabah jumlahnya yaitu ada sebanyak 81 orang. Hal itu terdiri dari 61 santri laki-laki dan 20 santri perempuan.

5. An Nawawiyah

Pondok Pesantren An Nawawiyah beralamat di Jl. H. Arjan Desa Pantai Batung. Kemudian untuk jumlah santrinya sendiri, pesantren An Nawawiyah memiliki sekitar 78 santri dengan tokoh pendiri pesantren yang bernama KH Muhammad Nawawi. 

6. Nurul Muhibbin

Pondok Pesantren Nurul Muhibbin beralamat di Jl. M. Ramli Kitun Kelurahan Barabai Darat. Jumlah santri laki-laki di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 627 orang, sedangkan jumlah santriwatinya adalah 249 orang. Kemudian nama tokoh pendiri pondok pesantren Nurul Muhibbin yaitu H. Ahmad Kujazi.

7. Rahmatul Ummah

Pondok Pesantren Rahmatul Ummah beralamat di Jl.Pancasila. Jumlah santri yang menimba ilmu di pesantren ini yaitu ada 30 orang. Sedangkan tokoh pendirinya bernama H. Abdul Muin.  

8. Hifdul Amin

Pondok Pesantren Hifdul Amin beralamat di Jl. Pahlawan Desa Mundar. Jumlah santri di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 65 orang. 

9. Nurul Mukarramah

Pondok Pesantren Nurul Mukarramah beralamat di Jl. Putra Harapan. Tokoh pendiri pondok pesantren Nurul Mukarramah adalah Hj Khadijah dan jumlah santrinya yaitu ada sebanyak 43 orang. 

10. Raudhatul Ulum 

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum beralamat di Jln.Brigjend H.Hasan Basri.Hantakan Rt 05 rw 03.

Demikinalah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga berguna ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Hulu Sungai Tengah Yang Bagus"