Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di DI Yogyakarta

Pondok Pesantren di Yogyakarta

Wilayah dengan julukan kota pelajar ini tentu memiliku tingkat pendidikan yang bagus, termasuk juga pendidikan Agama Islam yang disebarkan melalui pondok pesantren. Oleh karena itulah sebagai bahasan lengkapnya dalam artikel ini akan menginformasikan tentang daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pondok Pesantren di DI Yogyakarta 

Lebih dari 60 perguruan tinggi tersebar di wilayah Yogyakarta. Jumlah tersebut menunjukan perkembangan pendidikan di wilyah Yogyakarta. Tidak hanya pendidikan formal, berbagai pendidikan khusus agama juga banyak tersebar di Yogyakarta. Bahkan kota Yogyakarta merupaan cikal bakal lahirnya ormas islam “Muhamadiyah”

Untuk program pendidikan agama islam, pondok pesantren masih menjadi salah satu favorit bagi masyarakat. Lebih dari 300 pondok pesantren tesebar di seluruh kab./kota di Yogyakarta. Menurut data kemenag, wilayah sleman memiliki jumlah pondok pesantren terbanyak di wilayah Yogyagarta yaitu sekitar 103 pesantren.

Gunung kidul menjadi wilayah yang memiliki jumlah pondok pesantren paling sedikit dengan jumlah pondok pesantren sekitar 33 unit. Jumlah tersebut sebenarnya sudah termasuk banyak mengingat bahwa luas wilayah Yogyagarta yang hanya 32,5 km.

Daftar Pondok Pesantren di DIY Yogyakarta

Beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah DIY Yogyakarta antara lain:

1. Pondok Pesantren Wahid Hasyim 

Pesantren pertama dari Yogyakarta yang akan kita bahas adalah pesantren Wahid Hasyim yang berlokasi di Jl. Wahid Hasyim, Gaten condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Pendidikan islam berbasis modern masih menjadi sistem pendidikan yang dianut di pesantren ini. 

Pengajaran yang diajarkan berupa penanaman akhlakul karimah, Program Tahfidz Al Quran, Pengembangaan bahasa asing (Inggris dan Arab), serta pengembangan penguasaan kitab At-Turats. Beberapa program pendidikan formal pendidikan yang tersedia berupa MI, MTs, MA, SMA Sains Al Quran, Madrasah Diniyah, serta Mahad Aly Wahid Hasyim. 

2. Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak

Pondok pesantren NU yang juga mengedepankan program pendidikan tahfidz Al Quran adalah pondok pesanten Al Munawir atau biasa disebut pondok pesantren Krapyak yang berlokasi di Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Program utama berupa program Tahfidz Al Quran, Program pendidikan kitab kuning yang dikhususkan bagi usia mahasiswa. 

Terdapat pula pondok Tahfidz untuk anak-anak setingkat MI. Untuk setingkat SMA, pesantren ini menyediakan program Madrasah Diniyah. Tedapat pula pendidikan formal berupa SMK Al Munawir. 

3. Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz

Pesnatren ini berlokasi di Jl. Wonosari, Karanggayam, Situmulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Untuk jenjang pendidikan, pesantren ini membuka jenjang pendidikan dari SD hingga Pergurusn tinggi. Bahkan yayasna pondok pesantren ini membuka dua perguruan tinggi yaitu STIT Madani I’dad Duat wa A’immah dan stikes madani. 

Semua santri dituntut untuk dapat menghafal Al Quran dengan terget 15 juz untuk santri setingkat SMP. Untuk program pendidikan setingkat SMA, pesantren ini membuka 2 jurusan yaitu keagamaan yang menitikberatkan pada pembelajaran diniyah serta ilmu Quran dan tafsir serta jusan MIPA dengan fokus pada pembelajaran eksak.

Sedangkan salafiyah Ulya ICBB membuka dua jurusan yaitu Tahfidzul Quran yang menekankan pada hafalan Al Quran 30 Juz dan jurusan Mulazamah dengan fokus mempelajari kitab-kitab ilmiyah para ulama salaf. 

4. Pondok Pesantren Harun Ary Syafi’i 

Pesanten ini didirikan sejak tahun 2009 di Jl. Karangkajen Jl. Randubelang, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menciptakan lulusan yang dapat menjadi Hafidz/hagidzah menjadi salah stau tujuan pesantren ini. 

Jenjang pendidikan yang tersedia berupa SMP yang sudah terakreditasi A dan Salafiyah Ulya atau setingkat SMA. Dengan visi mewujudkan calon-calon ulama yang hafal Al Quran, pesantren ini membina para santri untuk hafal Al Quran 30 juz dan membeklai pengetahuan keislamana sesuai dengan pemahaman Rasulullah dan para sahabat. 

5. Pondok Pesantren Baitussalam 

Pesantren dengan tipe pengajaran modern ini berlokasi di Pulir Rejo, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Pesantre ini memiliki 7 cabang pendidikan dari 3 jenjang pendidikan yang lokasinya berbeda-beda. 

Beberapa jenjang pendidikan diantaranya TKIT Baitussalam Prambanan, TKIT Baitussalam 2 cangkringan, SDIT Baitussalam 1 Prambanan, SDIT 2 Cangkringan, SMPIT Baitussalam 1 Prambanan, SMPIT Baitussalam 2 Cangkringan, dan SMAIT Baitussalam. Untuk biaya pendidikan setelah dinyatan diterima berkisar anatara 15 sampai dengan 16 juta untuk jenjang maupun SMA.

6. Pondok Pesantren Ali Maksum

Pesantren yang satu ini berlokasi di Jl. KH Ali Maksum Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Pesantren ini menyelenggarana tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang dijalankan melalui kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. 

Khusus bagi santri program Tahfidzul Quran, pihak pesantren memberikan asrama terpisah dari santri lain. Untuk pendidikan formal, jurusan yang tersedia di MA Ali Maksum berupa peminatan kegamaan, Matematika dan Ilmu pengetahuan alam, ilmu sosia, serta peminatan budaya, bahasa, dan kelas persiapan (i’dad). 

Lebih dari 20 program pengembangan berupa ekstrakurikuler disediakan di pesantren ini. Untuk prestasi parasantri juga sudah sangat banyak, salah satunya adalah juara 2 MTQ dalam FCQ nasional 2021. 

7. Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah

Pesantren satu ini berlokasi di Jl. Piyungan-prambanan, Marangan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Pondok pesantren dengan warna gedung dominan biru ini menyelenggrakan jenjang pendidikan tingkat SMP dan SMA, serta program khusus yaitu program Takhasus. 

Sistem pendafataran di pesantren di Sleman ini dilakukan melalui tes terlebih dahulu untuk bisa menuntut ilmu di pesantren ini. Untuk materi yang diteskan diantaranya Bahasa Arab, bahasa inggris, matematika dasar pengetahuan agama, Al Quran, dan wawancara. 

Untuk jalur masuknya pun beragam. Pesantren ini menyediakan jalur akademik yang mendapatkan peringkat di sekolah, jalur nonakademik yaitu bagi anak yang mendapatkan penghargaan/juara lomba di tingkat min. Kab, dan jalur tahfidz. 

8. Pondok Pesantren Taruna Al Quran

Masih dari wilayah Sleman, pesantren berikutnya ialah Taruna Al Quran yang berlokasi di Jl. Lempongsari, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Didirikan sejak tahun 2008, pesantren ini memiliki visi untuk menyediakan pusat pendidikan yang islami yang berlandaskan Al Quran dan Sunnah.

Selain menyediakan sekolah formal berlandaskan islami bagi anak-anak biasa, pesantren ini juga meneydiakan pendidikan islami khusus bagi anak authis. Hal tersebut disambut baik oleh masyarakat sekitar. Sehingga semua anak-anak tanpa terkecuali, tetap bisa memperdalam ilmu agama di pondok pesantren. 

9. Pondok Pesantren Al Mumtaz

Pesantren ini berlokasi di Jl Woosari, Dusun Kerjan, Desa Beji, Kec. Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Pesantren yang didirikan sejak tahun 2008 ini memiliki beberap rpgram unggulan, diantaranya: enterpreneur, Tahfidz Al Quran, Bilingual skill, serta Public Speaking. 

Berbeda dari pondok pesantren lainnya yang mengejarkan bahasa Arab dan ingris dalam kehidupan sehari-harinya, pesantren di Gunungkidul ini menerapkan pembiasaan menggunakan bahasa Jawa kromo sesuatu dengan norma dan kesopanan di Jawa. Namun bahasa Inggris dan Arab tetap dipelajari. 

10. Pondok Pesantren Khodijah

Pesantren ini berlokasi di daerah Sleman, Sleman, Yogyakarta. Selain sebagai pondok pesantren, yayasan pendidikan agama ini juga menyediakan panti asuhan yang dididik sesuai dengan sistem pondok pesantren. Hal tersebut tentu sangat mebantu bagi anak-anak yatim piatu yang kurang beruntung, untuk dapat menimba ilmu umum maupun ilmu agama. 

Jenjang pendidikan yang diselenggarakan berupa jenjang SMP dan jenjang SMA dnegan kuota terbatas. Rincian biaya untuk tahun pembelajaran 2021/2022 antara lain:  250 ribu untuk biaay pendaftaran, uang pengembangan sebanyak 5 juta, serta SPP bulanan sebesar 300 ribu. Bagi anak yatim piatu semua biaya tersebut digratiskan. 

11. Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al Ikhsan 

Pesantren yang sau ini belokasi di Jl. Agrowisata Murangan, Sleman, Yogyakarta. Pesantren ini membuka beasiswa full khusus bagi 20 santri terbaik yang diujikan melalui tes masuk dengan beberapa tahapan. 

Program ini akan dibebaskan dari biaya pendaftaran hingga biaya asrama, dan sarpras. Selain program tersebut tersedia program reguler. Untuk kurikulum yang digunakan, pesantren ini menerepakan kurikulum Lughoh arabiyah yang berbasis Al Quran. 

12. Al Islam Boarding School Yogyakarta

Sistem pondok pesantren atau asrama diterapkan di yayasan yang Al Islam yang berlokasi di Jl. Bantul, Condronegaran, Gedongkiwo, Mantrijeron Yogyakarta. Program asrama ini mulai diterapkan sejak tahun 2007. 

Para santri yang bermukin berasal dari SMP Islam Yogyakarta dan SMA Sultan Agung Yogyakarta. Bidang pebelejaran di pesantren ini tentu mengacu pada pendidikan agama islam yang dikomninasikan pula degan program pendidikan dan pengembangan umum speperti bidang olahraga, seni, komputer dan teknologi informasi, bahasa, serta bidang jurnalistik. 

13. Pondok Pesantren Bina Umat

Pesantren ini berlokadi di Dusun Setran, Sumberarum, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Yayasan ini menyelenggakan pendidikan formal SMP IT dan SMA IT Bina Umat yang mana dalam proses pengajarannya terfokus pada ilmu agama yang dibaregi dengan pembelajaran IPTEK. 

Uang masuk untuk jenjang SMP dan SMA tahun pembelajaran 2021/2022 sebesar 15-16 juta dan biaya SPP perbulan sebesar 900 ribu. Pesantren ini memberlakukan seleksi masuk menggunakan tes seperti tes engetahuan agama, tes pengetahuan umum, dan juga tes wawancara. 

14. Pondok Pesantren As Salafiyah Malngi

Pesantren ini berlokasi di Jl. Kyai Masduqi Malngi, Nogoirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Jenjang pendidikan yang diselenggaakan di pesantren ini yaitu PAUD, MTs, MA, SMK, Mahad Aly, dan Takhasus. 

Untuk kurikulum pembelajaran, pesantren ini menerapkan kurikuum nasional berupa kurikulum K13 dna kurikulum pondok pesantren. Dengan visi untuk menciptakan santri unggul dalam kompetensi akademik dan seni berdasarkan iman dan takwa, pesantren menyelenggarakan proses pendidikan dengan memadukan karakteristik peserta didik, keunggulan lokal, dan potensi daerah. Sehingga diperoleh kesinambungan anatara ilmu agama, ilmu umum, dan nilai-nilai lokal daerah tersebut. 

15. Pondok Pesantren Miftahunnajah

Pesantren terakhir yang dibahas adalah pesantren miftahunnajah yang berlokasi di Trihanggo, Kec. Gamping, Kab. Sleman, Yogyakarta. Sebagai salah satu pondok pesantren terbaik di Yogyakarta, pesantren ini memiliki banyak sekali prestasi santrinya, salah staunya yaitu juara 1 KSM IPA Kabuaten Sleman. 

Kurikulum yang digunakan berupa kurikulum pesantren, kurikulum kementrian agama, dan kurikukulum kementrian pendidikan. Sedagkan program unggulan berupa program tahfidz Quran 5 sampai dengan 15 juz dan 120 hadist. 

Untuk biaya pendidikan tingkat SMP dan SMA sebesar 9 juta untuk biaya masuk, 1 juta untuk biaya seragam, 1,5 jut auntuk biaya kegiatan/pertahun, dan 750 ribu untuk biaya syahriayah.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang berada di wilayah Yogyakarta. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di DI Yogyakarta"