7+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Gunungkidul yang Bagus


Salah satu kabupaten di Provinsi DI Yogyakarta adalah Gunungkidul. Meskipun sebagian daerahnya berupa pegunungan kapur yang tandus, ternyata di Kabupaten Gunungkidul banyak terdapat pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayahnya.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari pesantren di Yogjakarya, khususnya daerah Gunungkidul, berikut daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Gunungkidul.

Pesantren di Gunungkidul


Gunungkidul merupakan wilayah di Yogyakarta dengan karakteristik sosial budaya masyarakat yang masih berpegang teguh pada ajaran orang terdahulu. Meski begitu, pengajaran pendidikan agama di Gunungkidul cukup berkembang pesat dengan adanya pondok pesantren yang sudah berdiri di wilayah ini.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Gunungkidul


Banyaknya pondok pesantren yang tersebar di Kabupaten Gunungkidul bisa menjadi referensi Anda untuk memilih pondok pesantren di Yogyakarta. Dengan melihat daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Gunungkidul bisa memberikan gambaran referensi kualitas dan biaya pondok.

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Irsyad

Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Irsyad berlokasi di Kepek, Wonosari, Bantul dan telah berdiri sejak tanggal 27 Agustus 1999. Pesantren ini tak hanya fokus pada pendidikan agama saja, ada pula pendidikan formal yang bisa diikuti oleh para santri.

Selain itu, pesantren ini juga menyediakan pendidikan non formal yang juga disediakan untuk masyarakat sekitar.

Selain fasilitas yang disediakan pesantren cukup lengkap, santri juga diasah bakat dan minatnya melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti bimbingan tahfidz Quran, kajian kitab kuning, hingga berbagai kegiatan olahraga.

Pondok Pesantren Al Hikmah

Terletak di Sumberrejo, Karangmojo, Gunungkidul, Pesantren Al Hikmah kini dihuni oleh 600 santri dari berbagai daerah. Pengajar pesantren juga dipilih yang berkualitas. Tak jarang, pengelola pesantren juga mengambil pengajar dari lulusan Universitas Al Azhar.

Yang menjadi salah satu keunggulan dari pesantren ini adalah seluruh santri tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Untuk dana operasional pesantren sendiri, pengelola pesantren mengambil dari hasil infak peduli pendidikan.

Pondok Pesantren Al I’tisham

Pondok Pesantren Al I’tisham merupakan salah satu pondok pesantren di Gunungkidul, tepatnya di Gang Wijayakusuma 140, Kepek, Wonosari.

Untuk pendaftaran santri sendiri dimulai setelah kelulusan SD. Tak hanya untuk memperdalam ilmu agama islam saja, pesantren ini uga menyediakan pendidikan formal, seperti MTs, MA, dan SMK yang telah terakreditsi dan berijazah negara.

Pondok Pesantren Al Hadid

Terletak di Karangmojo, Gunungkidul, Pondok Pesantren Al Hadid telah berdiri sejak tanggal 1 Juli 2007. Kini pesantren ini dihuni oleh 150 santri yang terdiri dari santri usia sekolah hingga perguruan tinggi.

Pesantren ini juga tidak memungut biaya dari santrinya dan untuk memenuhi kebutuhan santri diambil dana dari keluarga pendiri, dermawan, dan usaha yang dikelola santri. Dengan adanya pesantren ini diharapkan pesantren mampu memberikan pendidikan yang layak untuk anak yatim piatu.

Pondok Pesantren Al Kholifah

Pondok Pesantren Al Kholifah terletak di Mulusan, Paliyan, Gunungkidul. Pesantren ini berfokus pada program tahfidz Qur’an dan pembelajaran tilawatil Quran. Selain itu, ada juga kajian kitab kuning untuk memperluas wawasan santri.

Bagi santri yang ingin melanjutkan sekolah formal, bisa bersekolah MTs YAPPI Mulusan yang letaknya tidak jauh dari lokasi pondok pesantren.

Pondok Pesantren Mardhotullah Al Islamy

Pondok Pesantren Mardhotullah Al Islamy merupakan pondok pesantren yang terletak di Gunungkidul, tepatnya di Jalan Kyai Legi, Kepek, Wonosari.

Pesantren ini tidak hanya fokus pada pemberian pendidikan agama islam saja kepada santrinya, tetapi ada juga pendidikan formal yang terletak di wilayah pesantren, yaitu Madrasah Aliyah dan SMK.

Selain untuk mengembangkan ilmu, tujuan dari pesantren ini adalah mengembangkan karakter santri. Selain itu, diharapkan santri mampu melanjutkan studike berbagai perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Al Jauhar

Terletak di Semin, Gunungkidul, Pondok Pesantren Al Jauhar dimulai dari kegiatan pengajian yang ditujukan pada masyarakat sekitar. Semakin banyak santri yang datang ke pesantren ini, pesantren ini tidak hanya fokus pada pendidikan agama islam saja, hingga kini sudah ada pendidikan formal yang juga bisa diakses oleh masyarakat sekitar, seperti RA, MTS, dan MA.

Selain program pendidikan agama yang difokuskan, beberapa pesantren juga menyediakan pendidikan formal untuk santrinya.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Gunungkidul dapat menjadi referensi Anda untuk memilih pesantren yang tepat dan berkualitas. Semoga saja info dari kami ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "7+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Gunungkidul yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel