Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Profil TPQ/TPA yang Baik dan Benar

Profil TPQ/TPA yang Baik dan Benar

Pembuatan profil TPQ/TPA bagi sebagian masyarakat khususnya yang beragama Islam sangatlah dibutuhkan. Pasalnya banyak sekali Masjid ataupun Pondok Pesantren yang memiliki TPQ ataupun TPA dalam sistem pemeblajarannya.

Meskipun demikian, tak jarang diantara kita yang ingin mendirikan ataupun membuat TPQ (Taman Pendidikan Qur'an) ataupun TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an) merasa kebingungan terkait dengan bagimana cara penulisan ataupun perkenalan bagian profil bagi TPA/TPQ yang akan dibuat.

Profil TPQ/TPA

Mengulas tentang contoh kepenulisan dan pembuatan Profil TPQ/TPA maka dibutuhkan setidaknya daftar tentang alamat, kajian yang dibutuhkan, visi dan misi, serta hal lainnya yang dianggap penting. Berikut ini contohnya.

Contoh Profil TPQ/TPA

Yakni;

SEJARAH BERDIRINYA TPA NURUL HUDA

TPA Nurul Huda berdiri atas dasar keperihatinan dari masyarakat yang masih mau memikirkan Aqidah islam kemasa depan. Dengan keperihatinan yang terjadi pada masyarakat/RT.. Kelurahan Gedong Meneng Raja basa, terutama keperihatinan orang tua terhadap kurangnya pengetahuan agama dan memotifasi anak akan pentingnya penanaman nilai-nilai agama terlebih anak-anak usia dini yang semestinya mereka sudah bisa menulis dan membaca al qur’an, tata cara praktik ibadah, mengerti tentang ilmu agama serta hukum-hukumnya, ternyata sebagian mereka belum memahami bahkan sama sekali mereka tidak mengerti.

Hal itulah yang mendasari kami para pengurus masjid antara segenap tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat kami sekitar lingkungan guna membicarakan masalah tersebut diatas dan bagaimana mencari jalan solusinya akan penyediaan saran belajar yang layak buat belajar untuk anak-anak kami terutama generasi muda muslim untuk menghadapi masa yang akan datang.

Bertolak dari itulah, maka kami segenap masyarakat muslim bertekad dengan sepenuh hati dan kesungguhan serta mengharap ridho illahi untuk mendirikan sarana belajar dan akhirnya berdirilah TPA Nurul Huda.

Tepatnya pada tanggal 18 April 2023 M / Ramadhan 1444 H. berdirilah TPA Nurul Huda yang saat itu disepakati Bersama para pengurus masjid bertempat di Masjid Nurul Huda LK …/RT … Kelurahan Gedong meneng dengan kesepakatan Bersama oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat serta Para asatidz.

VISI MISI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN (TPA)

VISI

Menjadikan Anak soleh dan solehah yang cerdas, trampil dan bertaqwa

MISI

  • Menjadikan generasi yang cinta agama dan ilmu
  • Menjadikan generasi yang soleh dan solehah
  • Turut serta mencerdaskan anak bangsa
  • Mewujudkan generasi yang islami, cerdas dan bertaqwa.

MAKSUD, TUJUAN DAN SASARAN

Maksud

Menghantarkan anak didik mampu membaca al qur’an, menulis, menghantamkan al qur’an, serta mengamalkan al qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dan Target

TPA bertujuan memantapkan apa yang telah dicapai oleh TPA dalam menyiapkan anak didik menjadi generasi Qur’ani yaitu generasi yang mencintai Al Qur’an, berpegang teguh pada Al Qur’an dan menjadikan Al Qur’an sebagai bacaan dan pegangan hidup sehari-hari.

Kalau target pokok TPA baru menghantarkan anak bisa membaca al qur’an maka sebagai program lanjutan, mempunyai target pokok menghantarkan anak mampu:

  1. Khatam membaca Al Qur’an dengan benar sesuai dengan tajwidnya
  2. Menguasai Dasar-dasar Ilmu Qur’an
  3. Baca/Tulis al qur’an dengan baik dan benar
  4. Menguasai tata cara wudhu dan sholat fardhu Ain, Fardhu Khifayah dan Sholat sunnah.
  5. Hafal dengan fasih:

a. Bacaan sholat fardu

b. Surat-surat pendek (minimal surat-surat pendek)

c. Do’a sehari-hari yang terkenal

d. Ayat-ayat pilihan (minimal 2 kelompok ayat pillihan)

Materi pelajaran

Sesuai dengan targetnya, maka materi pelajarannya dibedakan menjadi dua macam. Yaitu materi pokok dan materi penunjang. Yang dimaksud materi pokok adalah materi yang harus dikuasai benar oleh setiap santri dan dijadikan sebagai alat ukur untuk menentukan lulus tidaknya seorang santri TPA ini.

Sedang yang dimaksud materi penunjang/tambahan adalah materi yang penting pula namun belum dijadikan sebagaia alat ukur untuk menentukan lulus tidaknya santri dari TPA.

Materi pokok dan penunjang

  1. Baca tulis Al Qur’an
  2. Ilmu fiqih dasar dengan sistem sorogan, mampu membaca kitab matan mabadi fiqhiyah juz 1-4 dengan arti dan maknanya
  3. Ilmu dasar Bahasa arab, santri di harapkan mampu menguasai Bahasa arab dasar dengan menggunakan metode kitab madarijud durusil arobiah juz 1-4

Jadwal pelajaran santri

Senin dan Selasa

  • Materi: Baca Qur’an beserta ilmu tajwidnya.
  • Pengajar: (……)

Rabu

  • Materi: Bahasa arab dasar (Kitab madarijud durusil arobiah)
  • Pengajar: Ust. Ahmad Benny Gunawan (UBE)

Kamis

  • Materi: Fiqih dasar (Kitab mabadi fiqih)
  • Pengajar: Ust. Ahmad Benny Gunawan (UBE)

Jum’at

  • Kitab Khulasoh nurul yaqin
  • Belajar membaca maulid & seni hadroh
  • Pengajar: Ust. Ahmad Benny Gunawan (UBE)
  • Pengajar: M. Farid Alfitri

Sabtu

  • Pelajaran tambahan: Latihan Khitobah, DLL.

Waktu belajar

  1. Ba’da Ashar (Santri diharapkan datang sebelum waktu ashar/Sholat ashar berjamaah) S/d Masuk waktu maghrib
  2. Ba’da Maghrib (Santri diharapkan datang sebelum waktu maghrib/Sholat maghrib berjamaah)
Nah, demikinalah serangkaian materi dan pembahasan yang bisa untuk dibagikan kepada khlayak umum tentang adanya contoh kepenulisan Profil TPQ/TPA yang Baik dan Benar. Semoga saja bisa berguna ya bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "Contoh Profil TPQ/TPA yang Baik dan Benar "