Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan Barat yang Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren di Kalimantan Barat

Wilayah yang merupakan Provinsi Kalimantan Barat yang menjadi terluas keempat di Indonesia ini ternyata memiliki banyak pondok pesantren dari berbagai jenjang pendidikan dengan kualitas yang terbaik. Mulai dari pesantren tingkatan SD, Pesantren tingkatan SMP, sampai dengan pesantren tingkatan SMA.

Oleh karena itulah berikut ini akan dibahas terkait daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kalimantan Barat dikenal dengan sumbutan Kalbar.

Pesantren di Kalimantan Barat

Penyebaran agama islam di wilayah ini cukup berkembang pesat. Dimana 60 persen warganya beragama Islam. Hal tersebut juga dipengaruhi peran berbagai pihak dalam upaya menyebarkan agama islam. Salah satunya dengan didirikannya pondok-pondok pesantren. 

Sebagai tempat untuk menimba ilmu agama islam, pondok pesantren didirikan dengan berbagai fasilitas pendukung pembelajaran agama islam. Berbagai pondok pesantren dari berabagai aliran tersebar di seluruh wilayah ini. Berbagai jenjang pendidikan formal dnegan sistem pembelajaran islam juga tersebar hingga ke pelosok wilayah.

Daftar Pondok Pesantren di Provinsi Kalimantan Barat

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Barat antara lain: 

1. Pondok Pesantren Raudhatul Ulum

Pondok pesantren ini teretak di Jl. Muhajirin No. 6 RT 01 RW 01, Dusun Meranti, Desa Puguk, Kec. Sungai Ambawang, Kab Kubu Raya, Kalimantan Barat. pondok pesantren ini cukup terkenal di wilayah Kalbar. Pondok pesantren ini menjadi salah satu penyedia universitas Nahdlatul Ulama di Kalbar.

Selain kegiatan keagamaanm, pondok pesantren di Kubu Raya ini memiliki agenda rutin berupa Khutbatul Arsy dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan para santri dalam menghadapi era 4.0

2. Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar

Pondok pesantren ini beralamat di Jl. Prof. M. Yamin SH, No. 22 Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Berdiri sejak tahun 1996, pondok pesantren ini bertujuan untuk menciptakan dai’i-da’I yang berakhlakul karimah dan berdedikasi tinggi kepada agama. Lebih dari 20 tahun pondok pesantren ini berdiri kokoh dengan melahirkan lulusan yang berkualitas. 

Lembaga pendidikan formal yang tersedia berupa Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Kurikulum pendidikan yang digunakan berupa kurikulum dari kementrian agama serta kurikulum pondok pesantren modern dan salafiyah. Calon santri yang ingin belajar di pondok pesantren ini harus mengikuti tes seleksi masuk terlebih dahulu. 

3. Pondok Pesantren Labbaik

Pondok ini beralamat di Jl. Ampera Kota Baru, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pondok pesantren di Kota Pontianak ini juga dikenal dengan sebutan pondok pesantren Labbaik Litahfizhil Quran. 

Pendidikan dan Pengajaran Quran berhasil meluluskan para santri hingga menjadi Hafizh Quran. Perkembangan prestasi ikut disumbangkan dari bidang seni berupa akapela. Akapela dari ponpes ini pernah mejadi juara 2 akapela di pontianak. Bahkan banyak santri lulusan pondok pesantren Labbaik yang sudah menjadi hafidz Quran. 

4. Pondok Pesantren Darunna’im 

Masih dari wilayah Pontianak, pondok pesantren Darunna’im terletak di Jl. Ampera, Pontianak, Kalimantan Barat. Lokasi yang dekat dengan wilayah pegunungan, membuat lokasi ini sejuk sehingga nyaman untuk belajar mengajar. 

Para santri diajarkan menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran. Calon santri yang ingin belajar di sini harus mengikuti seleksi masuk untuk bisa belajar di pondok pesantren ini. saat belajar mengajar, para santri putra mengenakan seragam gamis berwarna putih dan peci putih. 

5. Pondok Pesantren Al Jihad Naga Tepuai

Pondok pesantren ini terletak di Desa Nanga Tepuai, Kec. Hulu Gurung, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Didirikan pada tahun 1991, pondok pesantren ini memiliki visi untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas menuju masyarakat madani dalam bingkai NKRI. 

Pondok pesantren ini memiliki tiga pendidikan formal berupa Madrasah Ibtidaiyah yang berada di luar komplek pondok, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah aliyah yang keduanya berlokasi di dalam lingkungan pondok pesantren. Beberapa prestasi ditorehkan mulai dari bidang agama hingga bidang umum seperti juara juara 3 lomba sekolah sehat tingkat provinsi pada tahun 2008. 

6. Pondok Pesantren Al Habib Soleh

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Trans Kalimantan, Sul Ambawang Kuala, Kec. Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1994 ini memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu sarana yang terbaru adalah tempat penampungan air hujan (ABSAH). Hal tersebut tentunya akan memudahkan para santri untuk mendapatkan air bersih. 

Tidak hanya dari wilayah pontianak, para santri banyak yang berasal adri luar wilayah pontianak. Hal tersebut karena pondok pesantren ini terkenal memiliki kualitas yang baik sehingga banyak diminati masyarakat. 

7. Pondok Pesantren Al Mansyur 

Pondok pesantren ini berlokasi di Desa Kuala Dua, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat. Beridiri pada tahun 2019, pesantren Al Mansyur menjadi pondok pesantren pertama yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab dan Bahasa Inggris di wilayah ini. 

Lokasi yang strategis menjadi salah satu minat tersendiri bagi para calon orang tua santri untuk menyekolahkan anaknya di pondok ini. Pesantren ini hanya menyediakan sekolah formal jenajng SMP dan SMA dengan jumlah santri saat ini sekitar 120 santri. Kajian kitab kuning tetap menjadi fokus pembelajaran yang utama selain ilmu pengetahuan umum. 

8. Pondok Pesantren Darussalam Sengkubang

Didirikan pada tahun 1992, pondok pesantren Darusasalam didirikan di Jalan raya Sengkubang, Kec. Mempawah Hilir, Kab. Pontianak, Kalimantan Barat. Dalan proses pembelajaran, pondok ini mengkombinasikan metode pesantren klasik dengan pengajaran berbasis kurikulum sekolah pada umumnya. Sistem pembelajaran mengadaptasi dari silabus dan kitab-kitab di pondok modern Darussalam Gontor. 

Berbagai fasilitas pondok pesantren seperti Asrama, ruang praktikum, laboratorium bahasa, hingga lapanagn olahraga tersedia di pesantren ini. Berbagai prestasi juga berhasil diraih oleh para santri di pondok pesantren ini mulai dari Fahmil Quran, Lomba kadarkum, olimpiade biologi, pidati bahasa inggris, serta kaligrafi. 

9. Pondok Pesantren Al Mukhlisin

Pondok Pesantren ini berlokasi di Desa Antibar, Kec. Mempawah Timur, Kab. Pontianak, Kalimantan Barat. Pendidikan formal yang tersedia berupa MI, MTs, dan MA dengan sistem pembelajaran sesuai dengan kurikulum dari pemerintah. 

Para santri akan diajarkan pengkajian kitab kuning, pembinaan bacaan shalawat, pelatihan seni nasyid, pelatihan seni kaligrafi, agro industri, olahraga, bahasa Arab, bahasa Inggris, hingga khursus komputer. Para santri dididik oleh tenaga pengajar yang kompeten lulusan berbagai podok pesantren dan universitas ternama. 

10. Pondok Pesantren Nurul Amin

Pondok pesantren yang berlokasi di Dusun Sadong, Kubu Raya, Kalimantan Barat ini memiliki lokasi yang sedikit lebih sulit untuk dijangkau. Akses jalan yang dilalui melalui jalan kayu dan jalan sawit tanah kuning. Meskipun demikian pesantren ini memiliki keunggulan, salah satunya adalah penggunaan bahasa Arab dan bahasa Inggris yang digunakan dalam pembelajaran sehari-hari. 

Jumlah santri disini memang tidak terlalu banyak, hanya sekitar 20 santri. Dengan fasilitas yang memadai pesantren ini tidak memungut biaya bagi para santri yang ingin menimba ilmu disini. Dalam ilmu agama, para santri fokus pada pengajaran kitab kuning dan tahfidzul Quran. Selain ilu agama dan pengetahuan umum, para santri diajarkan untuk hidup mandiri dengan bercocok tanam di sekitar wilayah pondok.

11. Pondok Pesantren Al Muhajirin

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Natuna, No. 08, Desa Sempurna, Kec. Subah, Kab. Sambas, Kalimantan Barat. Prioritas pengajaran yang dilakukan berupa metode cepat membaca kitab Al Quran Bin-Nadzor & Bil-hifdzi. Pengajian pesantren di Sambas ini rutin dilakukan dengan mengacu pada literatur kitab kuning. 

Berbagai beasiswa disediakan mulai dari beasiswa bagi santri berpretasi hingga beasiswa bagi santri yang kurang mampu. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan santri, pondok pesantren ini banyak melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga, bahkan dengan lembaga-lembaga di luar kalimantan, salah satunya adalah menjalin kerjasama dengan pesantren rakyat di Malang. 

12. Pondok Pesantren Ash-Sholihiyyah

Pondok pesantren ini berlokasi di Kec. Anjongan, Kab. Mempawah Kalimantan Barat. Pondok pesantren di Mempawah ini termasuk salah stau pondok pesantren yang menyediakan program pendidikan 12 tahun mulai dari PAUD, SD, MTs, hingga MA, dan Madrasah Diniyah. 

Ponpes ini memiliki 4 program unggulan, diantaranya: Tahfidzul Quran, Muhadharah, Qiraatul Qutub, serta hadroh. Tidak ada tes seleksi masuk bagi para calon santri yang ingin menimba ilmu di pondok pesantren ini. 

13. Pondok Pesantren Al Qomar 

Pondok pesantren Al Qomar berlokasi di JL. Daeng Menambon, Rt.02 / Rw.01, Mempawah Hilir, Mempawah, Kuala Secapah, Pontianak, Kalimantan Barat. Pondok pesanttren ini menyelenggaran pendidikan fdormal berupa Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan madrasah Aliyah. 

Hampir sama dengan pondok pesantren pada umumnya, pondok pesantren ini menyediakan ekstrakurikuler menjahit, bahasa asing, komputer, hingga pencak silat. 

14. Pondok Pesantren Hidayatul Muhajirin

Pondok pesantren ini  berada di Jl. Tanjung Pura Sei Melayu Baru, Kec. Tumbang, Kalimantan Barat. pendidikan fromal yang disediakan berupa TK, MI, MTs, dan MA. Pendidikan nonformal berupa Madrasah Diniyah, Takhfidzul Quran, dan Pengkajian kitab kuning. Program unggulan dalam segi pengembangan diri atau ekstrakurikuler adalah program muhadharoh ato pidato bahasa arab. 

15. Pondok Pesantren Al Baitul Atiiq

Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1987 di desa padang, Kec. Matan Hilir Selatan, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat. Setiap tahun, lebih dfari 200 santri bermukim di pondok pesantren ini. 

Pendidikan formal yang diselenggarakan berupa MTs, dan SMA Al Baitul Atiiq. Meskipun pengajaran yang diberlakukan masih bersifat tradisional, para santri tetap yang tinggal di pesantren Ketapang ini mendapatkan pembelajaran agama maupun pembelajaran umum yang mumpuni oleh para pengajar. 

Nah, itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Semoga saja melalui rangkaian informasi ini bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan Barat yang Menjadi Pilihan"