Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Pesantren Terbaik Tingkatan SD (Sekolah Dasar) di Indonesia

Daftar Nama Pondok Pesantren SD/MI/Sederajat

Pondok pesantren bisa dikatakan sebagai tempat belajar ilmu agama islam yang mana para santrinya bertempat tinggal di sekolah tersebut dengan tujuan agar lebih maksimal dalam memperoleh pendidikan dan menjadi pribadi yang memperoleh bekal berbagai ilmu pengetahuan, khususnya pendidikan agama Islam.

Pondok pesantren sendiri terdiri dari berbagai jenjang, salah satunya yaitu ponpes dengan jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan yag setara.

Pesantren Anak SD (Sekolah Dasar)

Pondok pesantren SD umumnya menampung para santri yang usianya antara 7 hingga 12 tahun. Di Indonesia terdapat beberapa pondok pesantren jenjang anak-anak SD terbaik dan tersebar di beberapa wilayah mulai dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, bahkan di wilayah Sumatra. Khususnya Lampung. 

Daftar Pondok Pesantren SD/MI/Sederajat

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren anak-anak tingkatan SD yang bisa menjadi pilihan bagi orang tua. Yaitu; 

1. Pondok Pesantren Ta’mirul Islam

Pondok pesantren Ta’mirul Islam merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di wilayah Solo. Pesantren yang satu ini didirikan sejak tahun 1928. Sedangkan alamat lengkapnya yaitu berada di Jl. KH. Samanhudi No. 03 Tegalsari Surakarta.

Selain memiliki jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), ternyata ponpes ini juga menyediakan jenjang SMP. Perlu diketahui pula bahwa pondok pesantren ini juga memiliki program ngaji masyarakat diantaranya seperti pengajian syawalan dan pesantren kilat.  

2. Pondok Pesantren Muayyad Solo

Pondok pesantren Muayyad Solo berdiri pada tahun 1930 dan beralamat di Jl. K.H Samanhudi No.64, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. Pesantren ini menyediakan sistem pendidikan salaf dan tahfidz quran.

Pesantren Muayyad Solo juga termasuk ponpes terbaik di Jawa Tengah, lantaran termasuk pondok quran tertua yang ada di Kota Surakarta.

3. Pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal

Daftar ponpes SD terbaik yang berikutnya yaitu pondok pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal yang lokasinya berada di Krajan Satu, RT 04 RW 08, Karawang. Perlu diketahui bahwa pondok pesantren di Karawang ini termasuk pesantren tahfidz dengan jenjang SD.

Akan tetapi anak-anak yang usianya 5 sampai dengan 6 tahun sudah mulai bisa belajar di pesantren ini agar memiliki bekal pendidikan agama secara lebih dini.  

4. Pondok Pesantren Darul Quran Sighor Putri 

Pondok pesantren Darul Quran Sighor Putri adalah pondok pesantren tahfidz quran yang terkenal dengan kelengkapan fasilitasnya untuk memberikan kenyamanan belajar bagi para santri.

Selain itu pondok pesantren di wilayah Kota Depok ini hanya dikhususnya untuk santri putri yang berada di jenjang sekolah dasar (SD). Alamat lengkap ponpes ini berada di Jl. Duta Raya Blok D2 No. 6 Cimanggis Depok.  

5. Pondok Pesantren Nurul Amal

Pondok pesantren Nurul Amal merupakan salah satu ponpes SD terbaik yang ada di provinsi Jawa Barat. Alamat lengkap pondok pesantren ini berada di Jl. Bojongmengger, Cimaragas RT 04 RW 17, Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Selain itu pesantren di Ciamis, yaitu Nurul Amal juga termasuk ponpes yang usianya cukup tua, karena telah didirikan sejak tahun  1997. Jenjang pendidikan pada pondok pesantren Nurul Amal adalah sekolah dasar (SD) yaitu dimulai dari usia 6,5 tahun.  

6. Pondok Pesantren Yanbu’ul Quran

Pondok pesantren Yabu’ul Quran atau sering pula disebut dengan nama pondok pesantren Yanbu’a ini alamatnya berada di Jl. KH Muhammad Arwani  Kota Kudus. Pondok pesantren di Kudus ini juga terkenal sebagai pesantren SD terbaik, karena dalam waktu kurang lebih dua tahun para santri sudah bisa menghafal quran.

7. Pondok Pesantren De Muttaqin Yogyakarta

Pondok pesantren De Muttaqin beralamat di Jl. Beringin Raya No. 88, Kabupaten Sleman. Pondok pesantren ini termasuk salah satu pesantren SD terbaik yang ada di Yogyakarta. Selain itu fokus pesantren hanya pada anak-anak yatim saja. Bangunan pesantren cukup luas dan pada umumnya dapat menampung 300 santri. 

8. Pondok Pesantren Raudlatul Falah Pati

Pondok pesantren SD terbaik yang berikutnya yaitu pondok pesantren Raudlatul Falah Pati yang berada di daerah Pati, Jawa Tengah. Sistem pendidikan yang digunakan pada pesantren wilayah Pati ini yaitu sistem klasik, guru membaca dan murid menirukan. 

9. Pondok Pesantren Darul Musthafa 

Pondok pesantren Darul Musthafa merupakan ponpes SD terbaik yang ada berada di daerah Demak, Jawa Tengah. Pesantren ini umumnya menargetkan agar para santrinya dapat menghafal quran 30 jusz, selama belajar di pondok.  

10. Pondok Pesantren Darussalam

Pondok pesantren Darussalam beralamat di Caruban, Kabupaten Kendal. Pesantren di Kendal ini pada dasarnya memang berbasis tahfidz quran. Akan tetapi terdapat banyak kegiatan yang tidak hanya mengajarkan pendidikan agama, namun juga bisa mengasah skill para santri.

11. Pondok Pesantren Roudlatul Qur'an Metro

Daftar nama pondok pesantren untuk anak-anak selanjutnya ialah Roudlatul Qur'an. Dimana untuk letaknya sendiri berada di wilayah Lampung. Oleh karena itulah untuk semua kalangan masyarakat yang tinggal di Sumatra bisa menitipkan anaknya di pesantren wilayah Metro, Lampung ini.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren tingkatan pendidikan SD/MI/Sederajat yang ada di Indonesia. Semoga saja mamberikan wawasan ya.

Posting Komentar untuk "11+ Pesantren Terbaik Tingkatan SD (Sekolah Dasar) di Indonesia"