Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sumatera Selatan yang Terkenal

Daftar Pondok Pesantren di Sumatera Selatan

Dengan jumlah penduduk lebih dari 8 juta jiwa, wilayah Sumatera Selatan yang ada di Pulau Sumatera ini memiliki potensi yang bagus sebagai tempat penyebaran agama islam. Alasannya karena di wilayah ini terdapat beberapa daftar pondok pesantren.

Pondok pesantren yang ada di Provinsi SumSel (Sumatera Selatan) ini setidaknya lebih dari 100 pondok pesantren tersebar di seluruh wilayah Sumatera Selatan. Jumlah ini terbilang cukup banyak dibandingkan dengan jumlah pondok pesantren yang ada di wilayah Sumatera lainnya. 

Pondok Pesantren di Sumatera Selatan

Semakin banyak pondok pesantren akan semakin maju perkembangan islam di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. dengan jumlah pondok pesantren yang cukup banyak dan kualitas yang bagus, para calon santri dan orang tua tentunya akan lebih bingung dan selektif. 

Buat kalian yang ingin tahu seputar pondok pesantren di wilayah Sumatera Selatan alangkah baiknya simak artikel berikut ini hingga selesai. Dengan begitu, anda memiliki gambaran terkait pondok pesantren mana yang akan cocok bagi kalian sebagai tempat untuk menimba ilmu. 

Daftar Pondok Pesantren di Wilayah Sumatera Selatan

Beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah Sumatera Selatan antara lain: 

1. Pondok Pesantren Miftahul Jannah

Pondok pesantren pertama yang akan dibahas adalah pondok pesantren Miftahul Jannah yang teletak di Jl. Putri Candi, Dusun VII, Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Ponpes ini memiiki program utama berupa Tahfidz Quran, Kitab kuning, dan Tahsinul Quran. 

Sistem pembelajaran di pondok pesantren Kabupaten Ogan Komering Ulu ini menggunakan sistem pembelajaran kasilak, bandungan, sorongan, dan setoran (muraja’ah). Untuk biaya pendidikan, ponpes ini menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi da santri tidak mampu. 

2. Pondok Pesantren Al Falah Putak

Pondok pesantren selanjutnya ialah pondok pesantren Al Falah yang terletak di Dusun II Desa Karangrejo, Desa Putak, Gelumbang, Muara Enim, Sumatera Selatan. Ponpes yang berdiri pada tahun 2006 ini saat ini sudah mendirikan berbagai jenjang pendidikan, diantaranya Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). 

Dengan memadukan dua kurikulum pendidikan yaitu kurikulum pendidikan formal dan kurikulum pendidikan klasik (salafiyah), pondok pesantren di Muara Enim ini ingin mewujudkan para santri yang unggul dlam bidang agama dan ilmu pengetahuan umum. 

3. Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Huda

Pondok pesantren Nurul Huda terletak di Jl. Kota Baru, Sukaraja, Buay Madang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Dengan jumlah penerimaan santri yang terbatas, calon santri harus mengikuti ujian seleksi. 

Pondok pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini menyediakan dua program pendidikan formal, yaitu SMP dan SMA terpadu yang sudah terakreditasi B. kurikulum yang digunakan berupa kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Ponpes ini menyediakan beasiswa untuk santri yang berprestas dan bagi santri yatim & piatu serta duafa. 

4. Pondok Pesanten Al Islah 

Ponpes selanjutnya ialah pondok pesantren Al Islah yang beralamat di  Jl. Talang Jering, Talang Buluh, Kec. Talang Klp., Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan. Ponpes ini membuak tiga program pendidikan yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. 

Berbeda dengan ponpes Nurul Huda, pondok pesantren di Kabupaten Banyuasin tidak memberlakukan tes masuk untuk calon santri. Penerimaan santri ditentukan oleh nilai ijazah. Kegiatan ekstrakurikulerpun sangat beragam mulai dari pramuka, drumb band, olahraga, serta ekstrakurikuler keagaman lainnya. 

5. Pondok Pesantren Al Haromain

Pondok pesantren kelima yang akan dibahas adalah pondok pesantren Al haromain yang beralamat di Desa V Pl. Panggung, Semendo Darat Laut, Babatan, Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. 

Ponpes ini memiliki orientasi pendidikan berupa kajian islam, bahasa arab, dakwah, karakter building, serta pengembangan kewirasahaan. Untuk mendukung kegiatan belajar para santri, ponpes ini menyediakan berbagai fasilitas untuk unit pendukung teknis dan unit pendukung sistem.

Unit pendukung teknis berupa asrama, masjid, perpustakaan, laboratorium, lapangan, dan lain sebagainya. unit pendukung sistem berupa pusat pembelajaran bahasa asing, pusat kajian sosial dan islam, pusat bimbingan dan konsultasi, pusat layanan kesehatan, dan lain sebagainya. 

6. Pondok Pesanten Tahfidz Nurul Quran 

Selanjutnya, ada pondok pesantren Tahfidz Nurul Quran yang beralamat di RT. 12 RW. 05, Jl. Sriwijaya Raya, Karya Jaya, Kec. Kertapati, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Ponpes ini menerapkan program pendidikan Tahfidzul Quran yang terdiri dari program takhfidz mandiri dan takhfidz takhasus, Madrasah Diniyah, PKPPS (program pendidikan kesetaraan pondok pesantren salafiyah) dan Ekstakurikuler. 

Selain program pendidikan formal, pondok pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ilir ini terdapat program keagaam lainnya juga ikut dijalankan seperti donasi, infaq, wakaf, zakat, dan Qurban. 

7. Pondok Pesantren Qodratullah 

Pesantren selanjutnya ialah pondok pesantren yang beralamat di Jl. Palembang-Jambi KM. 35, Langkan, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, yaitu Pondok Pesantren Qodratullah. 

Ponpes ini menyediakan program pendidikan Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Sistem pendidikan menggunakan sistem pendidikan terbarukan dari pendidikan agama dan pendidikan umum santri. Pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren terbaik di wilayah Sumatera Selatan. 

8. Pondok Pesantren Al Khoiriyah 

Pondok pesantren Al Khoiriyah beralamat di Jl. A. Zaini No. 15 Desa, Timbul Jaya, Muara Sugihan, Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan. Pondok ini merupakan salah satu pondok pesantren yang menyediakan jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga Universitas Terbuka. 

Calon santri harus mengikuti tes masuk terlebih dahulu untuk mengikuti seleksi masuk. Selain melaksanakan pendidikan formal, ponpes ini juga menyediakan pendidikan pesantren dengan berbagai kegiatan seperti pengajian kitab kuning, penyelenggaraan tradisi dan budaya pesantren, penyelenggaraan kesenian islami, serta kegiatan islami bersama wali murid dan masyarakat.

9. Pondok pesantren Bahrul Ulum 

Ponpes selanjutnya ialah pondok pesantren Bahrul Ulum yang berlokasi di Desa Mulya Sari, Kec. Tanjung Lago, Muara Sugih, Tj. Lago, Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan. Pesantren ini membuka dua jenjang sekolah yaitu MTs Bahrul Ulum dan MA Bahrul Ulum. 

Program unggulan berupa Tahfidz Quran. Sistem pendidikan yang diterapkan berupa kitab kuning karangan ulama salafus sholih, pendidikan akhlak, serta pendidikan Al Quran. Selain itu, beberapa kitab juga diajarkan di pesantren ini seperti kitab atjurumiyah & tasrif, mabadiul fiqh, kitabus sa’adah & aqidatul awwam, Akhlak lil banin & akhlak lil banat, serta Hidayatus sibyan. 

10. Pondok Pesantren Ittifaqiah

Pondok pesantren berikutnya ialah pondok pesantren ittifaqiah. Sama seperti pondok pesantren Al Khoiriyah, podok pesantren ini juga memiliki jenjang pendidikan  yang lengkap mulai dari TK hingga pergutuan tinggi. Semua jenjang pendidikan sudah terakreditasi  A dan B sehingga menjadi salah satu pondok pesantren terbaik di provinsi Sumatera Selatan. 

Berbagai beasiswa tersedia, diantaranya: santri dengan hafalan quran 10 jus bebas spp 40%, hafal 20 juz bebas spp 70%, hafal 30 juz bebas spp bulanan bahkan mendapatkan uang saku. Alumni berprestasi berpeluang mendapat beasiswa di perguruan tinggi. Menarik kan?

11. Pondok Pesantren Al Furqon 

Pondok pesantren Al Furqon beralamat di Jl. Pesantren Modern Al-Furqon, Jungai, Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Dengan jumlah santri lebih dari 500, pesantren ini menyediakan 5 jenjang pendidikan diantaranya RA, MI, MTs, MA, STEI Al-Furqon. 

Pondok pesantren di Kota Prabumulih menjadi salah satu pondok pesantren yang menggabungkan berbagai sistem kurikulum yaitu kurikulum pesantren dengan metode klasik, kemenag, dan juga kemendikdasmen. 

12. Pondok Pesantren Al Azhar 

Pondok pesantren ini terletak di kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Pondok ini menyediakan jenjang pendidikan MTs, MA, dan SMK. Hampir sama seperti pondok pesantren lainnya, ponpes ini memiliki program unggulan berupa tahfidz al quran. 

Program pengembangan santri dilakukan oleh pondok pesantren di kota Pagar Alam ini melalui ekstrakurikuler mulai dari pencak silat, pramuka, tari, rebana. Berbagai fasilitas juga disediakan untuk menunjang pendidikan seperti masjid, lab komputer, serta ruang kelas yang nyaman. 

13. Pondok Pesantren Modern Ar Risalah 

Pondok pesantren ini terletak di Air Kuti, Lubuk Linggau Tim. I, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Jenjang pendidikan yang tersedia berupa PAUD, SDIQ, SMP dan SMA. Berbagai prestasi diraih para santri yang ada pesantren di Kota Lubuklinggau ini seperti kejuaraan pidato, teater, olahraga, dan lainnya di tingkat kabupaten/kota. Untuk jenjang SMA, saat ini sudah terakreditasi A. 

14. Pondok Pesantren Darussyafaat

Pondok pesantren selanjutnya ialah pondok pesantren Darussyafaat yang berlokasi di Tugu Jaya, Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Ponpes ini termasuk pondok pesantren yang sudah cukup lama berdiri yaitu sejak 1993. Ponpes ini memiliki dua jenjang pendidikan yaitu MTs dan Madrasah Aliyah. 

15. Pondok Pesantren Assalam Al Islam 

Pondok terakhir yang akan kita bahas adalah pondok pesantren Assalam Al Islam yang terletak di Jl. Palembang-Jambi km 121, Sri Gunung, Sungai Lilin, Muba, Sumatera Selatan. Pondok pesantren ini menerapkan pendidikan modern meskipun termasuk pondok pesantren tua yang berdiri pada tahun 1987.

Ponpes ini menyediakan berbagai jenjang pendidikan mulai dari RA hingga MA. Melalui pengajaran yang terpadu, ponpes ini bertujuan untuk membentuk sistem kehiduoan islami yang berorientasi pada Mardhotillah. 

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan bagi kalian semuanya khususnya yang sedang menjadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan (SumSel). Semoga saja bisa berguna ya.

1 komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sumatera Selatan yang Terkenal"

Unknown 5 Februari 2022 pukul 10.03 Hapus Komentar
Pondok psantren Raudatul Ulum Saka Tiga ogan Ilir ????
Gak masuk ya min