10+ Pondok Pesantren di Kabupaten Muara Enim yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Muara Enim

Orangtua selalu menginginkan pendidikan yang terbaik bagi putra putrinya. Bukan hanya pendidikan yang bisa memberikan pengetahuan umum, akan tetapi juga pendidikan agama yang dapat digunakan sebagai bekal hidup didunia maupun akhirat. 

Oleh sebab itu, zaman sekarang banyak orangtua yang lebih antusias untuk menyekolahkan anak – anaknya ke pondok pesantren. Tujuannya agar memiliki ilmu agama yang lebih baik lagi. Salah satu kabupaten yang memiliki pondok pesantren dengan kualitas baik ialah ponpes di kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. 

Pesantren di Kabupaten Muara Enim

Kabupaten Muara Enim memiliki pondok pesantren yang jumlahnya ada 18 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya yaitu mencapai 4.549 santri dengan 2.678 santri berasal dari dalam daerah dan 1.871 santri dari luar daerah.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Muara Enim

Berikut dibawah ini daftar pondok pesantren di kabupaten Muara Enim adalah :

1. Darul Ulum Segamit

Pondok Pesantren Darul Ulum Segamit beralamat di Danau Ringkih Desa Segamit. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 297 santri dengan 12 ustadz yang membimbing. 

2. Darul Ulum Desa Datar Lebar

Pondok Pesantren Darul Ulum Desa Datar Lebar beralamat di Jl. Kabuan Jaya Desa Datar Lebar. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya yaitu 349 santri dengan 19 orang guru yang mengajar. 

3. Darussa`adah

Pondok Pesantren Darussa`adah berdiri pada tahun 1975. Pondok Pesantren Darussa`adah beralamat di Jl.Proklamasi No 187. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 218 santri dan 17 ustadz yang membimbing.

Jenis pendidikan di pesantren ini yaitu ada dua macam yaitu pendidikan formal yang meliputi Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah ‘Aliyah (MA), dan pendidikan non formal meliputi Hafalan Kitab Nahwu Shorof, Pengajian Sorogan, Bandungan, Madrasah Diniyah (MADIN).

Sedangkan kegiatan ekstrakurikulernya antara lain ialah kajian kitab kuning, olahraga, pencak silat, barjanzi, marhaban, nasyid sima'an al-qur'an bil ghoib/khotmil qur'an, yasianan dan tahlil. Selain itu pesantren ini juga sudah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap contohnya seperti masjid, perkantoran, perpustakaan, labotarium computer, lab bahasa, ruang multimedia, koperasi, dan UKS. 

4. Al-Haromain

Pondok Pesantren Al-Haromain beralamat di Desa Pulau Panggung Kecamatan SDL Jalan lintas kabupaten muara enim. Santri di ponpes Al-Haromain jumlahnya yaitu ada 83 santri dengan 6 guru yang mengajar.

Fasilitas di pesantren ini antara lain yaitu masjid, mushala, pemondokan santri putri dan putra, asrama santri putra dan putri, perpustakaan, laboratorium, madrasah, dan kantor.  

5. Rawdhotut Taufiq

Pondok Pesantren Rawdhotut Taufiq berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Rawdhotut Taufiq beralamat di Jl. Raya Palembang Km.3,5 No. 108 Ujung Tanjung Desa Kepur Muara Enim. Pesantren ini juga sudah memiliki santri yang jumlahnya mencapai 271 santri dengan 11 ustadz yang membimbing. 

6. Al Masyhur

Pondok Pesantren Al Masyhur berdiri pada tahun 2003. Pondok Pesantren Al Masyhur beralamat di Manunggal Jaya. Santri di pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya yaitu ada 217 orang dan 8 guru yang mengajar. 

7. Sabilul Huda

Pondok Pesantren Sabilul Huda berdiri pada tahun 1986. Pondok Pesantren Sabilul Huda beralamat di Desa Kencana Mulia dan memiliki jumlah santri sebanyak 363 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar yaitu ada 16 orang. 

8. Pondok Pesantren Salafiyah dan Tahfiidzulqur'

Pondok Pesantren Salafiyah dan Tahfiidzulqur' didirikan pada tanggal 05 Maret 2005 dan beralamat di Desa Putak. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya yaitu ada 477 santri dengan 25 guru yang mengajar.

Visi pesantren yaitu membentuk manusia yang bertaqwa dan beriman secara lahir maupun batinnya, kuat beribadah, giat beramal, cerdas dalam berfikir, mandiri dan kreatif.

Sedangkan kegiatan ekstrakurikulernya antara lain yaitu seni sholawat marawis, seni sholawat hadroh, tilawatil qur’an, praktek pertukangan dan perkebunan, khitobah (belajar pidato), kursus risalatul mahidh, tazhijul mayit, dan kursus jahit. 

9. Salafiyah Assyari`Ah

Pondok Pesantren Salafiyah Assyari`Ah beralamat di Jl. Semut No. 980 Komplek Prumka Pasar Tanjung Enim. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu berjumlah 118 orang dengan 9 ustadz yang membimbing. 

10. Darussalamatul Hasanah 

Pondok Pesantren Darussalamatul Hasanah beralamat di Jl. Prabumulih- Baturaja Dusun Iv Desa Pagar Dewa. Jumlah santri di pesantren Darussalamatul Hasanah yaitu berjumlah 104 santri dengan 8 guru yang mengajar.

Itulah tadi rangkaian informasi yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Muara Enim. Semoga bermafaat.

Belum ada Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Kabupaten Muara Enim yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel