Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Ogan Komering Ulu Timur

Pondok pesantren di zaman sekarang ini sudah mengalami perkembangan yang lebih maju. Perkembangan tersebut meliputi pembaharuan dalam hal kurikulum dan metode pembelajaran. 

Salah satu ponpes yang selalu menawarkan program-program unggulan ialah pesantren yang ada di kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur). Kabupaten ini selain dikenal memiliki banyak pesantren yang berkualitas ternyata juga dikenal sebagai wilayah yang maju dan terdepan di Provinsi Sumatera Selatan. Bahkan juga memiliki objek pariwisata yang cukup lengkap, mulai dari danau, bendungan, hingga objek wisata ziarah. 

Pesantren di Ogan Komering Ulu Timur

Pondok Pesantren di kabupaten Ogan Komering Ulu Timur merupakan pondok pesantren yang dikenal sebagai wahana belajar bagi para santri.

Selain itu ponpes yang ada di kabupaten ini juga dikenal mempunyai tenaga pendidik yang berkualitas dan berkompeten dalam bidangnya karena memiliki tekad untuk untuk mencetak kader ulama yang berkualitas.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Daftar pondok pesantren yang ada di kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ialah sebagai berikut : 

1. Darusa'adah

Pondok Pesantren Darusa'adah berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Darusa'adah beralamat di Karya Maju.

Selain itu ponpes Darussa'adah ini merupakan lembaga pendidikan agama islam yang terdiri dari pendidikan formal, nonformal dan sosial keagamaan yang berorientasi pada akhhlakul karimah dan kecerdasan kehidupan umat.

2. Darul Muttaqin

Pondok Pesantren Darul Muttaqin berdiri pada tahun 1993. Pondok Pesantren Darul Muttaqin beralamat di Karang Melati.

3. Al-Furqon

Pondok Pesantren Al - Furqon berdiri pada tahun 2003. Pondok Pesantren Al - Furqon beralamat di Tambak Boyo.

4. Nurul Huda 

Pondok Pesantren Nurul Huda berdiri pada tahun 1980. Pondok Pesantren Nurul Huda beralamat di Sukaraja. Pesantren ini merupakan salah satu contoh pesantren yang menerapkan model pendidikan salafiyah plus dan diprakarasai oleh alm. K.H Sholeh Hasan dan K.H. Affandi.

Model salafiyah plus ini ternyata diwujudkan pula dalam bentuk jenjang pendidikan mulai dari RA, MI, MTs, SMP T, MA, SMA T, SMK, hingga Perguruan Tinggi dan Ma’had ‘Aly.

Karena model salafiyah plusnya, maka Pondok Pesantren Nurul Huda juga telah berhasil melahirkan para alumni yang bisa masuk ke berbagai perguruan tinggi dan dapat diterima di kalangan masyarakat secara luas.

Selain itu pesantren ini juga memiliki beberapa bentuk kegiatan ektrakurikuler diantaranya ialah kitab kuning, seni hadroh, seni kaligrafi, pramuka, sepak bola, pidato, khitobiyah dan lain-lain. Para santri yang belajar di ponpes Nurul Huda juga bisa merasakan kenyaman dengan baik, karena lengkapnya berbagai fasilitas disana seperti asrama, masjid, kantin, dapur, lapangan, perpustakaan dan sebagainya. 

5. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam berdiri pada tahun 1989. Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Sumedangsari. Pesantren ini terdiri dari pendidikan formal yang meliputi RA, MTs, dan Ma serta pendidikan non formal meliputi Tahfidzul Quran, Madin, Sorogan Kitab, dan Latihan Lajnah Batshu Masa'il (LLBM).

Santri di ponpes Darussalam juga dapat mengembangkan skill lainnya melalui kegiatan ekstrakurikuler yang ada di pesantren. Beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler tersebut ialah kitab kuning, pembacaan maulid, badminton, senin hadroh, seni kaligrafi, seni tilawah, pidato dan lain sebagainya.

Selain itu pesantren Darussalam juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar dan mengajar di pondok. Fasilitas tersebut antara lain ialah laboratorium bahasa, laboratorium komputer, asrama, gedung sekolah, masjid, perpustakaan, lapangan, aula, kantor, kantin dan sebagainya. 

6. Roudlotut Thullab

Pondok Pesantren Roudlotut Thullab berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Roudlotut Thullab beralamat di Pujorahayu.

7. Padepokan Sembilan

Pondok Pesantren Padepokan Sembilan, NSPP 510016080094 berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Padepokan Sembilan beralamat di Bangsa Negara.

8. Al Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berdiri pada tahun 1993. Pondok Pesantren Al Hikmah 2 beralamat di Purwodadi.

9. Junjungan Sayyid Hamim

Pondok Pesantren Junjungan Sayyid Hamim  berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Junjungan Sayyid Hamim beralamat di Tanjung Kukuh.

10. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Darul Ulum beralamat di Dusun Sidodadi Condong.

Itulah tadi informasi terkait dengan artikel yang memberikan penjelasan tentang daftar nama-nama pondok pesantren di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Semoga memberikan kebermanfaatan.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang Bagus"