Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Pondok Pesantren Terbaik di Kota Pagar Alam

 

Pondok Pesantren di Kota Pagar Alam

Kota Pagar Alam merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Kota ini dikenal sangat kaya akan potensi wisatanya. Beberapa nama wisata di kota Pagar Ala mini antara lain seperti perkebunan teh lereng dempo, air terjun, danau, arca museum purba dan lain – lain. 

Selain itu, penduduk di kota Pagar Alam juga terdiri dari berbagai suku bangsa mulai dari suku Minang, suku Jawa, suku Batak, Arab-Indonesia, dan lain-lain. Kota Pagar Alam juga memiliki pondok pesantren yang digunakan untuk mendidik para generasi muda agar menjadi manusia yang berkualitas dengan kekuatan iman dan taqwa. 

Pesantren di Kota Pagar Alam

Pondok pesantren di Kota Pagar Alam secara keseluruhan yaitu ada 7 pesantren. Berdasarkan jumlah pesantren tersebut, maka diketahui bahwa jumlah santrinya mencapai 630 santri berasal dari daerah asal dan sebanyak 485 berasal dari luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kota Pagar Alam

Berikut dibawah ini beberapa daftar pondok pesantren di kota Pagar Alam ialah :

1. Darul Kutub El-Gontori

Pondok Pesantren Darul Kutub El-Gontori berdiri pada tahun 2018. Pondok Pesantren Darul Kutub El-Gontori beralamat di Jl.Sidik Adim Airlaga kec.Pagaralam Utara. Santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya sudah mencapai lebih dari 1000 santri.

Perlu anda ketahui juga bahwa ponpes ini merupakan pesantren yang menjadi contoh atau mempelopori bentuk kegiatan program satu desa satu rumah tahfidz. 

2. Dempo Darul Muttaqien

Pondok Pesantren Dempo Darul Muttaqien berdiri pada tahun 1991. Pondok Pesantren Dempo Darul Muttaqien beralamat di Jl. Tuan Depati Ds. Tanjung Menang. Selain itu, jumlah santri yang belajar di ponpes Dempo Darul Muttaqien yaitu ada 180 santri dan 6 ustadz yang mengajar.

Pesantren ini juga memiliki beberapa jenis kegiatan ekstrakurikuler antara lain seperti hadrah, drumb band, tapak suci, pertanian, jurnalistik madding, halaqoh tarbiyah, dan lain-lain. Sedangkan fasilitas sarana dan prasarananya yaitu meliputi masjid, asrama putra dan putri, ruang belajar, laboratorium, ruang ketrampilan, lapangan olahraga dan sebagainya. 

3. Salafiyah Darul Hikam

Pondok Pesantren Salafiyah Darul Hikam berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Salafiyah Darul Hikam beralamat di Jl. Depati Renasin Ds. Bangunrejo. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sekitar 84 santri dan 7 guru yang mengajar. 

4. Pondok Pesantren Al-Azhar

Pondok Pesantren Al-Azhar berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Azhar beralamat di Jl Lesung Batu Jambat Balo Kel Ulu Rura Kec Pagar Alam Selatan. Kemudian untuk santrinya sendiri yaitu berjumlah 146 santri dan 10 ustadz pengajar. 

5. Darul Ikhlas

Pondok Pesantren Darul Ikhlas berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Darul Ikhlas beralamat di Jl Serma Somad Simpang Padang Karet. Selain itu, pesantren ini diketahui juga sudah memiliki santri yang jumlahnya ada102 santri dan 5 ustadz pembimbing. 

6. Pondok Pesantren Al-Quds 

Pondok Pesantren Al-Quds berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Quds beralamat di Jl.H.M.Yuni Desa Pagar Gading. Santri di ponpes ini jumlahnya yaitu ada 85 santri dan 6 pengajar. 

7. Pondok Pesantren Rahman Renatin

Pondok Pesantren Rahman Renatin berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Rahman Renatin beralamat di Jl.Lintas Pagaralam Lahat No.073 Desa Bandar. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada 116 orang dengan 11 ustadz yang membimbing.

Itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Pagar Alam.

Posting Komentar untuk "7+ Pondok Pesantren Terbaik di Kota Pagar Alam"