15+ Pondok Pesantren di Sumatra Terbaik dan Terlengkap

Dengan berkembangnya zaman yang ada saat ini pesantren bukan hanya digunakan untuk memperdalam ilmu tentang agama islam saja namun juga untuk pendidikan formal. Jadi di dalam pondok pesantren juga menyediakan beberapa fasilitas bukan hanya untuk keagamaan saja namun juga untuk pendidikan formal. Maka dari itu banyak sekali terdapat pesantren-pesantren terbaik yang ada saat ini, apalagi untuk di pulau Sumatera itu sendiri.

Pondok Pesantren di Sumatra


Adapun pdaftar nama-nama pondok pesantren yang terbaik yang ada di Pulau Sumatra adalah sebagai berikut:

Pesantren Roudhotul Ulum

Pondok Pesantren Roudhotul Ulum adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan oleh Yayasan perguruan islam Raudhatul Ulum Sakatiga. Pondok Pesantren Roudhotul Ulum ini berada di desa Sakatiga, Kecamatan Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan, Pada tanggal 1 Agustus 1950.

Dan kemudian barulah terbentuknya sekolah jenjang SMP, SMA, TK dan MI. Visi dan Misi yang dimiliki oleh pondok Pondok Pesantren Roudhotul Ulum ini lah yang membuat pondok tersebut semakin berkembang dan juga semakin terkenal di Sumatra. Bahkan banyak juga yang dari luar sumatra datang untuk menambah ilmu keagamaannya di pondok Pondok Pesantren Roudhotul Ulum ini.
 
Pesantren  Al-Ittifaqiyah

Sebelum terbentuknya pondok pesantren dahulu adalah menjadi sekolah ibtidaiyah atau MI. Seiring berjalannya waktu maka berubahlah menjadi Pondok pesantren yang dipimpin oleh Drs. KH. Mudrik Qori MA.

Pondok pesantren ini terus berkembang sampai terdapat sekitar 177 pengurus pondok dan 1700 santri yang menetap di pondok pesantren tersebut. Santri – santri yang ada di Pondok Pesantren  Al-Ittifaqiyah ini berasal dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia bukan hanya dari Pulau Sumatera saja.

Di dalam pondok Pesantren  Al – Ittifaqiyah ini terdapat sekolah dari jenjang TK sampai jenjang perguruan tinggi. Jadi selain akan memperoleh ilmu akhirat juga akan mendapatkan ilmu dunia.

Pesantren Sabilul Hasanah

Pondok Pesantren Sabilul Hasanah ini terletak di Jl. Raya Palembang, Jambi km 25, Desa Perwosari, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.  Pondok Pesantren Sabilul Hasanah ini mulai dibangun pada tanggal 17 April 1994, sampai saat ini bangunan tersebut terus berkembang sampai 5,5 hektar.

Pondok pesantren Pesantren Sabilul Hasanah ini terus berkembang karena visi misi yang dimiliki oleh pondok pesantren tersebut sesuai dengan keadaan lingkungan sekitarnya sehingga masyarakat sangat mendukung terbentuknya pondok Pesantren Sabilul Hasanah ini.

Pesantren Qudrotullah

Pondok pesantren Qudrotullah adalah pondok pesantren yang semakin berkembang dari tahun ketahun. Santri yang tinggal di pondok pesantren Qudrotullah bukan hanya berasal dari Pulau Sumatera saja namun juga dari luar pulau.

Pondok pesantren ini terletak di jalan Palembang-Jambi km 3,5 Kecamatan, Banyuasin Lii, Banyuasin. Pemimpin atau pengurus dari pondok pesantren Qudrotullah ini adalah Qodratullah Buya HM Husni Thamrin Madani.

Pesantren Darul Muttaqien OKI

Pondok Pesantren Darul Muttaqien OKI didikan oleh KH, M. Daud Denin, BA, pada tanggal 17 Juli 1994. Karena bakat yang dimiliki oleh beberapa santri tersebut membuat banyak sekali perlombaan yang dapat dimenangkan oleh pondok Pesantren Darul Muttaqien OKI ini.

Hal ini lah yang membuat pondok pesantren ini menjadi lebih terkenal dari yang lain. Dan dari tahun ke tahun pondok Pesantren Darul Muttaqien OKI ini selalu memiliki kemajuan yang sangat pesat.

Pesantren Musthafawiyah

Pondok pesantren Musthafawiyah berdiri sekitar tahun 1912, yang terletak di Desa Tanobato, Kabupaten Madailing Natal, Sumatera Utara dan didirikan oleh Syeikh Musthafa Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily.

Nama lain dari pondok pesantren Musthafawiyah adalah Purba Baru. Di dalam pondok pesantren ini terdapat sekolah dari jenjang Tk sampai juga Perguruan tinggi ada di pondok ini. Maka dari itu bukan hanya ilmu tentang akhirat saja yang akan di peroleh namun juga tentang ilmu akhirat.

Pesantren  Al Haromain

Pondok Pesantren  Al Haromain ini terletak di kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. Di pondok Pesantren  Al Haromain ini sudah terdapat sekitar 50 orang pengurus yang telah profesional sehingga dapat menyampikan ilmu dengan baik. Karena bantuan yang telah diberikan oleh pemerintahan pondok Pesantren  Al Haromain ini semakin berkembang dan kerusakan bangunan yang diakibatkan oleh berbagai hal dapat di perbaiki. Maka dari pondok Pesantren  Al Haromain semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Pesantren Pembangunan Pulau Punjung

Pesantren Pembangunan Pulau Punjung ini dipimpin oleh Satya Muspida Wita S.Pd. Pondok Pesantren Pembangunan Pulau Punjung ini berdiri sejak tahun 1952, dengan tujuan untuk membentuk sebuah generasi islam yang memiliki akhlak yang baik.

Di Dalam pondok pesantren ini terdapat beberapa jenjang sekolah mulai dari TK sampai SMA ada di dalam pondok ini. Karena fasilitas yang diberikan cukup baik maka banyak sekali orang yang memilih untuk menambah ilmunya di pondok Pesantren Pembangunan Pulau Punjung ini.

Pesantren Darul Falah Aek Songsongan

Pondok Pesantren Darul Falah Aek Songsongan ini terletak di jalan Teratai No. 12 Dusun 1 Aek  Songsongan Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Pondok Pesantren Darul Falah Aek Songsongan ini telah dibentuk dalam pendidikan kegaman dan juga tentang sosial.

Jadi di dalam pondok ini tidak hanya belajar tentang ilmu akhirat namun juga ilmu dunia. Didalam pondok Pesantren Darul Falah Aek Songsongan ini tendapat jenjang sekolah mulai dari MI sampai dengan SMA. Pesantren Darul Falah Aek Songsongan ini telah berdiri pada tanggal 15 Juli 2011, yang telah didirikan oleh puta dari Aek Songsongan.

Pesantren  Assalam Sungai Lilin

Pada tahun 1990 Pondok pesantren ini mulai berkembang, hal ini karena bantuan dari pemerintah yang mulai datang. Sehingga pada saat itu juga mulai lah santri mau untuk menetap tinggal di Pondok pesantren Asalam ini.

Di pondok ini juga mulai terdapat sekolah dari jenjang SMP sampai dengan SMA. Ilmu pengetahuan semakin berkembang dari tahun ketahun.

Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah

Pondok Pesantren Ar – Raudhatul Hasanah terletak di Setiabudi No 62 B, Medan Tuntungan, Kota Medan. Fasilitas yang di berikan untuk santri sangat lengkap, sehingga membuat santri betah untuk tinggal di pesantren tersebut. Pondok Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah ini berdiri pada tanggal 18 Oktober 1982.

Pesantren Al Kautsar Al Akbar

Pondok Pesantren Al Kautsar Al Akbar adalah salah satu pondok pesantren modern yang ada di Sumatera. Pondok pesantren ini terletak di Jl. Pelangi Timur No. 26 M Indonesia dan didirikan oleh Syech Ali Akbar Marbun Pada tahun 1978. Di dalam pondok ini terdapat sekolah dari jenjan SMP dan juga SMA.

Pesantren  Darularafah

Pondok Pesantren  Darularafah ini memiliki kurang lebih sekitar 3000 santri yang berasal dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Pondok Pesantren  Darularafah ini terletak di desa KutalimbarU, yang berdiri pada tanggal 17 Agustus 1985.

Pesantren Darul Hikamah

Pondok Pesantren Darul Hikamah ini didirikan pada tanggal 1 mei 1950 oleh KH. Rifai Abdul Manaf Nst. Didalam pondok pesantren  terdapat beberapa jenjang sekolah mulai dari MTS dan juga SMA.

Pesantren Darul Arafah Raya

Pondok Pesantren Darul Arafah Raya terletak di Jl. Berdikari Desa Lau Bakeri Kecamatan Kutalimbaru, kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Didalam pondok pesantren ini tedapat sekolah mulai dari jenjang SMP sampai SMA.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai daftar nama-nama Pondok Pesantren di Sumatra baik yang modern ataupun salafiyah. Semoga informasi ini memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15+ Pondok Pesantren di Sumatra Terbaik dan Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel