Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sumatera Utara

Pondok Pesantren Terbaik di Sumatera Utara

Pulau Sumatera menjadi salah satu pusat penyebaran agama islam di Indonesia. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Aceh yang memiliki julukan serambi mekah ini juga memiliki banyak sekali pondok pesantren yang masih aktif dan terkelola dengan baik.

Oleh karena itulah tidak bakalan bingung bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya pondok pesantren yang tersebar di wilayah Sumatera Utara. 

Pondok Pesantren di Sumatera Utara

Berbagai pondok pesantren dari berbagai jenjang pendidikan dapat ditemukan di wilayah Sumatera Utara.

Pondok Pesantren di Sumatra, khususnya Provinsi Sumatera Utara ini banyak tersebar di wilayah-wilayah yang menjadi pusat kota bahkan hingga wilayah-wilayah pedesaan yang sedikit terpencil. Semua pondok pesantren sebenarnya bagus, hanya saja untuk harga memang berbeda-beda mulai dari yang gratis hingga berbayar. Hal tersebut mungkin saja karena perbedaan fasilitas dan kegiatan belajar mengajar yang ada. 

Daftar Pondok Pesantren di Sumatera Utara

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di Sumatera Utara antara lain: 

1. Umi Kalsum

Ponpes ini JL Malahayati, No. 04, Ps. Gn. Sitoli, Gn. Sitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Wilayah tersebut terkenal dengan mayoritas masyarakat yang beragama islam. Meskippun begitu, perkembangan agama islam pun masih berjalan. Salah satunya dengan adanya ponpes ini. 

Pondok ini annya diperuntukan untuk kaum putri saja. Ponpes ini masih terbilang baru, berdiri pada tahun 2019. Dari segi tenaga pendidik, ponpes ini memiliki tenaga pendidik yang didatangkan dari berbagai lulusan ponpes terbaik di Indonesia. Salah satunya dari pondok Gontor.

Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan santri-santri yang cerdas dalam bidang agama khususnya, dan ilmu pengetahuan umum pada umumnya. 

2. Babul Khasanah 

Ponpes ini beralamat di Desa Manggis Km.14 Jalan Pinarik Papaso, Kode, Tamiang, Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Pondok pesantren terbaik di Padang Lawas ini juga memiliki visi teladan dalam iman dan takwa, unggul dalam prestasi, terdepan dalam penguasaan kitab kuning (Hukum-hukum agama) ini memiliki tujuan untuk membekali warga dengan berbagai kemampuan, pengetahuan, dan ketrampilan dan berguna bagi ilmu agama,nusa dan bangsa. Ponpes ini juga memiliki fasilitas yang memadai seperti ruang kelas, perpustakaan, masjid, dan lain sebagainya. 

3. Darul ulum 

Ponpes yang terkenal denan ponpes modern ini beralamat di desa Muara Mais Jambur, Tambangan, Mandaling Natal, Sumatera Utara. Saat ini, ponpes ini dipimpin oleh KH. Mawardi Lubis. 

Selain mendalami ilmu agama, pondok pesantren terbaik di Mandaling Natal ini juga mempelajrai berbagai ilmu umum lainnya termasuk seni dan kebudayaa. Salah satunya adalah penggunaan media youtube untuk menyalurkan dan memperkenalkan potensi para santri seperti pembuatan film edukasi islam, mengkover lagu-lagu bertajuk reliji, dan lain sebagainya. 

4. Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre

Ponpes ini beralaat di l. Selamat Ketaren, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Ponpes ini terdiri dari tiga jenis pendidikan yaitu Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Thfizhil Quran (program takhosus).

Selain fasilitas umum yang memadai, pondok pesantren terbaik di Deli Serdang ini memiliki program mini bank (tabungan santri) untuk melatih para santri yang juga menggunkan kurikulum wajib Tahfizh Al Quran 30 Juz dan kurikulum Nasional (SKB 3 Menteri).

5. Sultan Haji Baharudin

Ponpes ini terletak di kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Sekatan porivnsi Sumatera Utara. Ponpes yang berdiri sejak tahun 2002 ini oleh masyarakat disebut juga dengan ponpes modern. 

Santri di pondok pesantren terbaik di Tapanuli Selatan ini juga terbilang cukup banyak. Lebih dari 600 santri menimba ilmu setiap tahunnya. Dengan fasilitas pondok yang memadai, ponpes ini cocok buat anak-anak yang ingin belajar agama dengan suasana yang nyaman. 

6. Syeh Muhammad Baqi Babuss

Ponpes yang beralamat di JL. Mandailing Km. 11, 6, Batang Angkola, Tapanuli Selatan, Purbasinombatua, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini sudah berdiri sejak tahun 1937.

Ponpes ini memiliki visi menjadi lembaga pendidikan islam untuk mencetak generasi yang paham keislaman sesuai Al Quran dan Hadis Para santri diajarkan membaca dan menghafal al quran melalui berbagai media, seperti media auditif dan media audiovisual. Metode yang digunakan pun beragam seperti tartil, tilawah, dan yanbu’a. 

7. Al Mukhlisin 

Ponpes ini beralamat di Jl. Bhakti No. 78 B Lingkungan II Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Ponpes ini terdiri dari 6 jenjang pendidikan, yaitu PAUD, TPQ, Kelompok Belajara paket B, MTs, kelompo belajar paket C, dan juga MA. 

Dengan akredtasi C hingga A, ponpes ini memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan islam yang berkualitas sebagai kontributor terdepan dalam mencetak sumber daya manusia ber IMTAQ dan ber IPTEK.

8. Nahdatul Ulama Al Qomariyah

Ponpes ini terletak di Desa Kotangan, Kecamatan Galang, Deliserdang Sumatera Utara. Ponpes yang dipimpin oleh Mu’alim Ichsanul Arifin Lubis ini terdiri dari 3 pendidikan formal dan empat pendidikan nonformal. 

Pendidikan formal terdir dari MI, MTs, dan MA. Sedangkan untuk pendidikan nonformal, ponpes ini menyediakn Taman Pendidikan Quran (TPQ), Madrasah Diniyah, Majelis Taklim, san juga RA. Selain kegiatan agama, ponpes ini menyelenggarakan berbagai macam ekstraurikuler dari berbagai bidang. 

9. Ma’had Al Manar

Ponpes ini terletak Jl Karya Bakti No. 34, Medan Johor, Medan, Sumatera Utara. Ponpes yang dipimpin oleh Lutfi Basit S.Sos ini memiliki tujuan untuk membentuk manusia beriman, berilmu, dan bertakwa kepada Allah SWT sesuai ajaram Al Quran dan Al- Sunnah.

Bertajuk ponpes modern, Pondok pesantren terbaik di Medan ini memiliki program unggulan diantaranya tahsin dan tahfidz Al Quran, pelatihan organisasi dan leadership pramuka, memanah, ekskul seni budaya, pidato tiga bahasa, silat, marching band, dan juga eksul olahraga.

10. Al Muktariyah 

Ponpes ini terletak di Jl. Lintas Gunung Tua Km 1,5  Barumun, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Ponpes ini menganut sistem pendidikan Islam NU. Pesantren ini memiliki lebih dari 300 santri, baik santri laki-laki maupun perempuan setiap tahunnya. 

Pesantren ini bisa dibilang sudah cukup tua karean didirikan pada tahun 1935 dengan nama sekolah arab pondok sungai dua. Bidang studi yang diajarkan pun bermacam-macam seperti tafsir, hadis, tauhid, fiqih, akhlak/tasawuf, serta bahasa arab. 

11. Al Yusufiah

Ponpes ini terletak di Jalan Mandailing Km 12,, Huta Holbung, Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Ponpes yang dipimpin oleh Hj. Mhd Yusup Harahap ini memiliki sekitar 100 santri pada tiap tahunnya. Ponpes ini menganut sistem pendidikan islam salafiyah. 

12. Darul Huffadh

Ponpes ini terletak di Jl. KH Dewantara No. 205 Lk.VI, kec. Padang solok, tapauli selatan, sumatera utara. Ponpes ini mengedankan visi mewujudkan pesantren unggul dengan melahirkan santri hafal Al Quran serta tunduk dan patuh sebagai seorang hamba yang meneladani Sunnah Rasulullah dengan mengikuti jejak salaus-Shalih.

Ponpes ini meneydiakan empat unit pendidikan yaitu Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Ibtidaiyah, serta Program Tahfidz. Adanya keempat unit ini diharapkan dapat membantu anak-anak dan remaja yang ingin mendalami ilmu agama di pesantren. 

13. Darul Talibiin 

Pondok ini beralamat di Jl. Waringin No.34B Kota Datar , kec. Hamparan Perak, deli Serdang, Sumatera Utara. Ponpes ini memiliki lebih dari 300 santri setiap tahunnya. Ponpes ini tidak kalah bagus dengan ponpes lain yang ada di wilayah deli serdang maupun wilayah Sumatera Utara. 

14. Darul Istiqomah

Ponpes ini beralamat di Jl. Pulo Bauk Km 10 kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten asahan, Sumatera Utara.

Pondok pesantren terbaik di Kabupaten asahan ini dipimpin Zainuddin Arifin Nasution, M.Pd ini menganut sistem pendidikan islam Ashriyah. Ponpes ini bertujuan untuk mewujudka generasi muda yang selalu menjaga ukhuwah islamiyah serta menanamkan jiwa islami. 

15. Ad Nadwah Islamic Centre

Ponpes ini terletak di Jl. Teuku Umar No.89 kecamatan Binjai Utara, Kota Binjau, Sumatera Utara. Ponpes ini menganut sistem pendidikan islam Ashriyah. Ponpes ini memiliki empat jenjang pendidikan yaitu SDIT, MTs, MA, dan MTsQ. 

Kurikulum wajib yang diajarkan berupa Tahfidz Al Quran 30 jus, kurikulum nasional, serta kitab kuning. Dengan sarana dan prasarana yang memadai, ponpes ini menyediakan berbagai ekstrakurikuler islmic dan pengetahuan umum untuk mengnasah bakat dan kemampuan serta minat santri.

Nah, demikianlah informasi yang bisa disajikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara, baik modern maupun salafiyah. Semoga saja memberikan wawasan ya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sumatera Utara"